7 Cara Mudah Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System

Salah satu masalah yang banyak terjadi pada para pengguna smartphone, yaitu bootloop. Bootloop merupakan kondisi dimana smartphone bertahan di logo vendor dan tidak dapat masuk ke dalam sistem. Terkadang smartphone bahkan mati total dan tidak bisa dihidupkan. Berikut cara mudah memperbaiki Android yang bootloop karena kerusakan file system.

Table of Contents

Mengatasi Permasalahan Android yang Mengalami Bootloop

  1. Android Light Bootloop

Android light bootloop merupakan kondisi bootloop pada kategori ringan. Ciri ciri dari bootloop yang tergolong ringan ini adalah terjadinya proses booting secara mendadak, yang berdampak timbulnya black screen selama beberapa saat. Bahkan terkadang hanya menampilkan logo dari vendor smartphone saja dalam waktu yang cukup lama.

Masalah bootloop yang ringan tersebut biasanya terjadi karena bermain game yang terlalu berat, kesalahan pemasangan aplikasi, atau ketika anda sedang mengutak atik bagian sistem utama. Untuk mengatasinya, anda bisa mengeluarkan baterai ponsel pintar tersebut dan memasangnya kembali kemudian restart smartphone agar dapat melakukan booting normal.

  1. Android Medium Bootloop

Apabila sistem recovery yang digunakan untuk rooting di smartphone, mengalami masalah dalam menjalankannya. Maka hal tersebut bisa menyebabkan bootloop, ini sering terjadi ketika pengguna bermain main dengan fitur Android dan masuk dalam sistem recovery. Masalah ini dikategorikan sebagai medium bootloop, atau bootloop tipe menengah.

Dalam mengatasi medium bootloop, anda membutuhkan perangkat lain seperti PC atau komputer. Nantinya PC atau komputer tersebut akan digunakan sebagai media backup data recovery, baik itu recovery file CWM atau original dan recovery gambar. Dan cara ini bisa berhasil apabila anda sudah pernah melakukan backup data ROM di smartphone.

Namun jika anda belum pernah melakukan backup data ROM di smartphone Android yang anda miliki, maka anda dapat mencari data recovery khusus untuk tipe ponsel pintar tertentu di Google. Pasalnya jika data tidak sama, maka data tersebut tidak akan direstore seperti sebelumnya. Oleh sebab itu dalam melakukan rooting dan lainnya, harus dilakukan dengan hati hati.

  1. Android Hard Bootloop

Memperbaiki android yang bootloop karena kerusakan file system pada kategori hard, mungkin tidak semudah mengatasinya pada tipe medium dan ringan. Android hard bootloop sendiri biasanya terjadinya akibat dari aktivitas upgrade sistem operasi yang salah, atau karena penggantian stock ROM yang menyebabkan proses booting tidak normal di perangkat.

Untuk mengatasi masalah hard bootloop, anda membutuhkan perangkat PC atau komputer. Dan para perangkat PC tersebut, harus dipasang aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk melakukan pemasangan ulang OS Android dan melakukan flashing ROM atau firmware. Untuk flashing sendiri, caranya berbeda beda tergantung pada merk serta tipe dari smartphone tersebut.

  1. Hapus Cache Sistem

Selain beberapa cara untuk mengatasi bootloop dari kategori ringan hingga berat seperti sebelumnya, terdapat cara umum yang bisa anda lakukan. Salah satunya yaitu dengan melakukan hapus cache sistem, sebagai cara mengatasi bootloop pada perangkat Android anda. Namun bagaimana cara menghapus cache bila anda tidak bisa masuk ke menu Android ?

Caranya sebenarnya cukup sederhana, yaitu anda perlu masuk ke dalam menu recovery mode. Menu recovery mode sendiri berbeda beda pada setiap smartphone, dan cara masuk ke dalam menu tersebut juga berbeda tergantung merek dan tipe dari perangkat smartphone yang ada miliki. Intinya untuk menghapus cache ketika bootloop, anda harus ke menu recovery mode.

Salah satu contoh masuk ke dalam menu recovery mode, yaitu tekan tombol power dan volume down secara bersamaan selama beberapa saat. Tunggu hingga muncul tampilan logo pada layar, kemudian lepas kedua tombol yang ditekan. Selanjutnya akan muncul menu recovery mode, pilih advanced lalu wipe dalvik cache. Kemudian pilih mounts & storage, lalu klik opsi wipe atau cache.

  1. Wipe Cache Partition

Cara memperbaiki Android yang bootloop karena kerusakan file system selanjutnya, yaitu anda bisa mencoba metode wipe cache partition. Cara ini sebenarnya sedikit mirip dengan cara sebelumnya, dimana anda perlu masuk ke dalam menu recovery mode terlebih dahulu. Biasanya metode wipe cache partition dilakukan untuk mengatasi masalah bootloop sedang atau medium.

Seperti sebelumnya, anda harus masuk ke dalam menu recovery mode. Salah satunya dengan cara tekan tombol power serta volume down secara bersamaan hingga muncul logo, dan lepas tombol. Setelah masuk ke menu recovery mode, pilih wipe cache partition. Kemudian konfirmasi pilihan dengan menekan tombol yes maka file cache pada partisi memori akan dibersihkan.

  1. Wiper Data atau Factory Reset

Jika wipe cache partition biasanya digunakan untuk mengatasi masalah bootloop medium, maka wipe data atau factory reset banyak digunakan untuk mengatasi masalah hard bootloop atau bootloop berat. Karena factory reset bisa sekaligus menghapus virus berbahaya, yang menyerang perangkat smartphone Android anda.

Apabila anda memutuskan untuk menggunakan factory reset, sebagai langkah memperbaiki Android yang bootloop karena kerusakan file system. Maka pastikan anda telah melakukan backup data pada semua file yang tersimpan di memori. Simpan data pada perangkat terpisah (flashdisk atau harddisk), untuk mencegah risiko hilangnya file file penting.

Cara factory reset ini juga dilakukan melalui menu recovery mode, apabila terjadi bootloop. Tekan tombol power serta volume down bersamaan selama beberapa saat dan lepaskan ketika logo muncul. Setelah masuk pada menu recovery mode, pilih backup & restore lalu klik backup. Kemudian pilih wipe data/factory reset, dan pilih yes untuk konfirmasi.

  1. Flashing atau Pasang Firmware

Melakukan flashing atau install ROM bisa menjadi cara terakhir yang anda pilih untuk mengatasi Android bootloop. Sebelum melakukan langkah satu ini, pastikan anda telah mempunyai stock ROM atau firmware yang sesuai dengan tipe perangkat Android yang digunakan. Anda bisa mencari melalui Google, untuk mendapatkan firmware yang sesuai dengan tipe Android.

Untuk teknik flashingnya sendiri bisa amat beragam, bisa menggunakan software Odin, flashing langsung melalui SD Card, software Flashing Tool, komputer, atau teknik lainnya. Cara memperbaiki Android yang bootloop karena kerusakan file system satu ini memang lebih rumit dari cara lainnya, namun hasilnya akan berdampak sangat baik pada perangkat smartphone anda.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah Android yang bootloop, baik itu bootloop ringan, bootloop medium, maupun bootloop berat. Secanggih apapun smartphone, risiko masalah bootloop dan lainnya bisa saja terjadi. Berbagai informasi mengenai masalah pada smartphone Android dan cara mengatasinya, bisa anda temukan dengan mengunjungi website aptoide.co.id.

Scroll to top