Budidaya Pepaya, Jarak Tanam Pepaya California yang Tepat

Dalam budidaya pepaya California ada beberapa faktor yang penting, salah satunya adalah jarak tanam pepaya California. Pepaya California adalah buah yang sehat dan disukai banyak orang. Buah ini kini menjadi alternatif usaha dengan keuntungan yang besar. Karena itulah banyak petani yang mulai menanam dan membudidayakan buah ini.

Jarak Tanam Pepaya California yang Ideal

Syarat Tumbuh

Tanaman pepaya California dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang subur, gembur, dan berada pada ketinggian 700 – 1000 mdpl dengan curah hujan 1000 – 2000 mm / tahun. Tanaman ini juga akan tumbuh bila berada pada suhu lingkungan berkisar antara 22 – 26 derajat celcius. Selain itu kelembaban udara tempat tanaman ini dibudidayakan harus berada di sekitar 40%.

Penanaman Pepaya California

Dalam penanaman buah pepaya California ada dua cara yaitu menggunakan benih yang langsung ditanam dan juga dengan menggunakan bibit. 15 hari sebelum memulai menanam bibit, sebaiknya membuat bedengan atau galangan terlebih dahulu. Membuat bedengan harus menyesuaikan dengan kondisi lahan dan arahnya disesuaikan dengan arah aliran air.

Selanjutnya diantara bedengan buat lubang dengan jarak 2,5 x 2,5 m untuk menanam bibit pepaya California. Lubang tanam ini harus sudah diberi pupuk kandang atau kompos terlebih dahulu sebelum ditanami bibit. Yang perlu diperhatikan adalah satu lubang hanya boleh diisi dengan satu buah bibit. selain itu proses penanamannya sendiri dilakukan ketika sore hari.

Ini merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Bila Anda tertarik untuk membudidayakan buah ini, maka harus berhati – hati dalam proses pemilihan lahan juga jarak tanam nya.

Scroll to top