Susu Sapi dapat Memicu Alergi pada Bayi, Kenali Gejalanya!

Intolerasi Laktosa dengan alergi susu sapi merupakan dua hal yang berbeda pada bayi. Kebanyakan orang menyebutkan kedua hal tersebut sama, namun pada kenyataanya berbeda. Dimana Intolerasi Laktosa merupakan gejala dimana bayi kesulitan untuk mencerna gula alami pada ASI atau laktosa alami.

Sedangkan alergi susu formula atau susu sapi terjadi dimana sistem kekebalan tubuh bayi mengalami reaksi berlebihan terhadap protein yang ada pada susu sapi. Baik susu sapi yang dikonsumsi oleh si bayi ataupun ibunya. Pada saat mengalami alergi, biasanya akan ditandai dengan berbagai gejala.

Ciri-ciri bayi alergi susu sapi yang harus segera ibu ketahui, diantanya seperti gatal ataupun muncul ruam memerah, flu seperti batuk dan pilek. Kemudian ditandai juga dengan mata yang berair, rewel atau pun menangis setelah meminum susu sapi. Tidak lupa ditandai juga dengan gangguan pencernaan seperti perut kembung, nyeri, muntah bahkan diare.

Setiap bayi biasanya mengalami gejala berbeda, namun gejala-gejala yang telah disebutkan di atas biasanya umum terjadi. Jika terjadi maka harus sesegera mungkin untuk diobati dan berhenti untuk memberikan susu formula. Agar terhindar dari alergi susu sapi tersebut, akan lebih baik jika bayi diberikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama.

Selain bayi, ibu juga seharusnya tidak mengonsumsi makanan berbahan dasar susu sapi seperti yoghurt ataupun keju. Selama menyusui juga sebaiknya jangan mengonsumsi susu sapi yang dapat mempengaruhi ASI. Jangan sampai si Kecil mengalami alergi yang berat.

Susu sapi ini juga sering kali membuat si Kecil kesulitan untuk menambah berat badan bahkan jika alergi sudah terlalu parah, bisa muncul anafilaksis. Jika sudah demikian, maka sesegera mungkin untuk si Kecil mendapatkan penanganan khusus oleh dokter ahli.

Tidak jarang, alergi memang sesuatu yang bisa jadi karena keturunan, namun tetep harus diperhatikan riwayat alergi si Kecil. Dengan demikian akan mengurangi resiko terjadinya alergi secara berulang. Itulah sebabnya peran serta perhatian, kasih sayang sangatlah penting.

 

Scroll to top