Begini Cara Setting PPSSPP Gold agar Lebih Lancar

Begini Cara Setting PPSSPP Gold agar Lebih Lancar

Bisa memainkan game berkualitas konsol opuler dari HP memang menjadi suatu kepuasan tersendiri. Selain halnya berbeda dari para gamers pada umumnya, memainkan game dengan emulator ini bahkan juga terasa membanggakan karena bisa menikmati game berkualitas konsol tanpa membeli perangkatnya. Sayangnya, rasa puas dan bangga itu terkadang dinodai oleh pengalaman bermain yang tidak mulus. Nah, kali ini ada cara setting PSSPP Gold yang perlu Kamu terapkan agar lebih lancar di smartphone.

Penyebab Emulasi PPSSPP Menjadi Tidak Optimal

Pixabay.com

Aplikasi emulator PPSSPP Gold memang menawarkan sensasi bermain game yang berbeda dari game standar. Tak hanya dari kontrol yang dibuat mirip dengan stik dan joystik konsol, Kamu juga bisa menikmati berbagai kualitas tinggi sebuah game konsol tanpa kompromi. Namun yang juga perlu kamu ketahui bahwa sang developer sendiri sudah menentukan batasan minimum atau rekomendasi agar bisa menggunakan aplikasi buatannya dengan pengalaman terbaik.

Untuk mengetahui kebutuhan minimum atau yang direkomendasikan, Kamu bisa melihatnya di tempat download apk, Playstore atau AppStore sesuai dengan aplikasi emulator yang diinginkan. Untuk PPSSPP Gold misalnya, memerlukan android dengan minimal versi Jelly Bean dengan RAM minimal 2 GB. Jika Kamu menggunakan perangkat dengan spesifikasi di bawahnya, tentunya dah bisa menebak apa yang mungkin terjadi.

Beberapa macam keluhan para pengguna aplikasi emulator PPSSPP ini antara lain gambar yang kabur atau pecah-pecah, gerakan dalam game juga ada yang terputus-putus atau paah-patah dan ada ula yang mengeluhkan suara yang terdengar tidak sesuai. Mungkin masih banyak lagi keluhan yang dialami pengguna, tapi tentu saja Kamu perlu melihat spesifikasi perangkat dan game yang dimainkan.

Untuk memastikan emulasi berjalan dengan baik, Kamu harus menggunakan aplkasi emulator versi terbaru dengan perangkat yang juga sesuai dengan rekomendasi. Selain itu, tak ada slahnya pula Kamu memilih aplikasi emulator premium dengan fitur yang lebih lengkap dan tak menutup kemungkinan mendukung penyesuaian yang lebih baik untuk perangkat yang digunakan.

Settingan PPSSPP Gold untuk Emulasi yang Lebih Smooth

Pixabay.com

Mengapa menggunakan PPSSPP Gold? Tentu saja sesuaidengan penjelasan di atas agar Kamu bisa menikmati dukungan yang lebih baik. Meskipun versi ini termasuk sebagai aplikasi premium yang bisa Kamu beli dengan harga sekitar Rp 19 ribu, untuk keperluan preview saja Kamu bisa mencoba versi gratisnya terlebih dahulu. Atau Kamu juga bisa mencari PPSSPP Gold gratisan yang disediakan oleh penyedia aplikasi pihak ketiga lainnya.

Nah, cara setting PPSSPP Gold yang bisa Kamu coba untuk mengatasi permainan yang kurang lancar diantaranya:

Setting Grafik

Berbagai masalah yang berhubungan dengan grafis, biasanya disebabkan oleh kemampuan GPU yang kurang optimal dalam menangani emulasi. Pengaturan grafik ini juga bisa dibilang sebagai setting yang paling penting yang akan mempengaruhi pengalaman bermain game secara keseluruhan. Untuk perangkat dengan spesifikasi menengah sampai rendah, Kamu bisa menerapkan pengaturan sebagai berikut:

  • Rendering Mode: atur Mode ke Skip buffer effects (tampilan yang tanpa buffer artinya menjadi lebih ringan dan lebih cepat)
  • Performance: berikan centang pada bagian Lazy texture caching (speedup) dan Disable slower effects (speedup)
  • Selanjutnya di bagian Hack settings (may cause glitches), atur Lower resolution for effects (reduces artifacts) menjadi Aggresive

Setting Audio

Jika Kamu mengalami masalah di bagian suara seperti audio yang terdengar tersendat atau bahkan tidak mau keluar maka Kamu bisa mencoba beberapa opsi. Perlu Kamu ketahui bahwa masalah pada audio ini pada dasarnya bukan berarti ada pengaturan audio yang salah, tetapi pada fungsi grafik yang kurang optimal. Untuk itu, Kamu bisa mencoba menerapkan pengaturan Audio latency ke Medium.

Setting Tools

Pengaturan lain yang mungkin juga perlu untuk Kamu sesuaikan yaitu bagian Tools dimana untuk bagian ini, Kamu tak banyak melakukan perubahan. Cukup pastikan bahwa bagian CPU core sudah berada pada pilihan mode Dynarec (JIT) ataukah belum. Caranya pilih Developer tools yng ada di menu Tools lalu perhatikan bagian CPU core sudah berada di Dynarec (JIT) .

Setting System

Pada bagian bagian setting syste, Kamu juga tidak banyak mlakukan peruahan nilai. Pastikan saja bagian Fast memory dan I/O on thread sudah tercentang, Screen rotation pada landscape auto. Kamu juga bisa mencoba menghilangkan centang pada bagian Enable cheats. Untuk pilihan PSP model, Kamu bisa pilih PSP – 1000 agar lbih ramah dengan perangkat yang sedang Kamu gunakan.

Pada dasarnya, jika Kamu memiliki perangkat yang sesuai dengan rekomendasi dari developer, maka PPSSPP Gold merupakan aplikasi emulator yang sudah lebih dioptimalkan. Pengalaman penggunaan tentunya juga lebih baik jika dibanding versi PPSSPP biasa atau versi gratis. Tanpa banyak melakukan penyesuaian setting-pun, aplikasi ini seharusnya bisa berjalan dengan mulus.

Hanya saja, tidak semua pengguna mungkin menggunakan perangkat dengan spesifikasi tinggi atau ponsel terbaru untuk kebutuhan gaming mereka. Tak jarang pengguna memakai HP keluaran lama dengan spesifikasi yang teringgal. Untuk tetap mengakomodir pengguna seperti ini, aada beberapa settingan agar game tetap bisa dimainkan dengan lebih baik.

Apabila bebagai penyesuaian setting di atas sudah Kamu terapkan namun gameplay tetap tidak mulus, maka ada beberapa hal yang mungkin juga perlu Kamu sadari. Misalnya game yang terlalu berat ataupun kondisi smartphone yang memang sudah tidak layak seperti baterai yang mulai lemah atau CPU yang terlalu cepat throttling dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

Hilda

Related Posts

8 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

8 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Informasi Lengkap Tentang Kolam Renang UNY 

Informasi Lengkap Tentang Kolam Renang UNY 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Rumah yang Benar?

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Rumah yang Benar?

Jenis Baju Adat Nias dan Filosofinya

Jenis Baju Adat Nias dan Filosofinya