Rukun Iman sebagai Pedoman Hidup

Jika Anda merupakan seorang umat Islam, maka sudah tidak asing lagi dengan Rukun Iman. Segala sesuatu di dunia ini akan dapat berjalan lancar apabila kita percaya. Menjadi seorang Muslim berarti mempercayai beberapa hal-hal yang menjadi pedoman dalam agamanya. Dengan kepercayaan tersebutlah Anda dapat disebut dengan seorang umat. Di dalam islam, hal-hal yang harus dipercayai dan diaplikasikan di dalam tindakan disebut dengan Rukun Iman.

Iman secara bahasa berarti membenarkan. Sedangkan iman menurut istilah Islam berarti mengakui dengan lisan, membenarkan dalam hati dan mengamalkannya melalui perbuatan. Itu berarti, Rukun Iman memiliki arti sebuah keyakinan seseorang yang diamantapkan di dalam hati dan diaplikasikan dalam kegiatan.  Rukun Iman terdiri dari 6 poin.

Penjelasan Keenam Rukun Iman

Adapaun di bawah ini adalah penjelasan mengenai rukun-rukun iman yang harus Anda ketahui :

  1. Iman Kepada Allah

Iman atau kepercayaan pertama yang harus diyakini oleh seseorang adalah akan adanya keberadaan Allah SWT. Itulah mengapa iman kepada Allah dijadikan rukun pertama dalam daftar rukun iman. Seluruh makhluk di dunia ini haruslah senantiasa percaya dan menyembah Allah SWT. Mengimani Allah berarti harus dibuktikan melalui kata-kata dan perbuatan, yakni menjauhi larangan Allah dan menaati perintahNya.

  1. Iman Kepada Malaikat

Malaika adalah makhluk Allah dimana Allah mempercayakakn seluruh tugas yang ada di seluruh alam. Beriman kepada malaikat memiliki arti bahwasanya kita harus percaya jika malaikat memang benar-benar utusan Allah.

  1. Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

Allah memiliki 4 kitab yang masing-masing diberikan kepada Rasul-rasulnya sebagai mukjizat untuk diajarkan dan dijadikan pedoman bagi umat amnusia sampai hari kiamat. Beriman kepada kitab-kitab Allah berarti selain mempercayai keberadaan kitab-kitab Allah, kita juga wajib mempelajari dan mengamalkannya. Terutama Alquran, dimana Alquran adalah kitab suci agama Islam.

  1. Iman Kepada Nabi dan Rasul

Adapaun 25 nabi dan rasul yang wajib kita ketahui. Diantara 25 nabi tersebut, terdapat 5 rasul yang dipercaya Allah sebagai penerima wahyu lewat perantara malaikat Jibril, berupa mukjizat dan kitab suci. Keempat kitab suci diantaranya Kitab Zabur untuk nabi Daud, Taurat kepada Nabi Musa, Injil kepada Nabi Isa, Alquran kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan nabi terakhir sekaligus Rasul terakhir sebagai penyelamat seluruh umat Islam di akhirat, yakni Muhammad SAW.

  1. Iman Kepada Hari Akhir

Iman kepada hari akhir berarti mempercayai akan datangnya hari kiamat suatu hari nanti dan meyakini bahwasanya satu-satunya zat yang mengetahui kapan tibanya hari akhir hanya Allah SWT.

  1. Iman Kepada Qadha dan Qadar

Berarti mempercayai akan segala kehendak dan keputusan Allah SWT. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha semampu kita dan menyerahkan semuanya kepada Allah SWT.

 

Rukun Iman sebagai Pedoman Hidup
Scroll to top