Deskripsi

Olahraga yang dimainkan masyarakat, saat ini beragam jenisnya. Namun sudahkan anda memahami pengertian senam lantai? Ayo kenalan dengan olahraga indah ini.

Artikel

Di Indonesia olahraga permainan menjadi olahraga andalan di masyarakat. Sehingga senam lantai tidak memiliki banyak peminat. Anda tertarik dengan senam lantai? Penting mengetahui pengertian senam lantai sebelum mencobanya. Lantas, apa saja jenis senam lantai yang banyak dimainkan?

Pengertian Senam Lantai

Senam lantai adalah kegiatan olahraga yang latihan dan gerakannya dilakukan di lantai. Kegiatan ini memanfaatkan matras sebagai alas dalam melakukan gerakan. Selain sebagai alas, matras bermanfaat untuk mengurangi resiko cedera saat gerakan dilakukan.

Apa Saja Jenis Senam Lantai?

Melalui pengertian senam lantai dipahami bahwa kegiatan hanya dapat dilakukan tanpa alat. Namun sebenarnya ada dua jenis senam lantai seperti dibawah ini,

  1. Dengan Alat

Senam lantai dapat dilakukan dengan menggabungkan unsur gerak sehingga menjadi rangkaian gerak yang tidak putus. Alat digunakan agar memberikan efek artistik pada gerakan yang dibuat. Misalnya menggunakan pita agar gerakan lebih indah.

  1. Tanpa Alat

Anda juga dapat melakukan senam lantai tanpa menggunakan alat. Senam lantai dapat dibuat dengan gerakan-gerakan tertentu, sehingga banyak dikatakan sebagai gerakan bebas. Walaupun bebas, senam lantai perlu dilakukan dengan matras untuk mengurangi cidera.

Banyak gerakan senam lantai yang dapat dilakukan bila anda masih seorang pemula. Namun hal yang terpenting adalah memahami pengertian senam lantai dan menggunakan matras selama kegiatan. Sehingga terhindar dari cidera dan memaksimalkan gerakan yang dilakukan.

Ayo Pahami Pengertian Senam Lantai dan Beragam Jenisnya!
Scroll to top