Bingung Habiskan Waktu Libur? Yuk Eksplor Wisata di Pulau Sambu

Bingung Habiskan Waktu Libur? Yuk Eksplor Wisata di Pulau Sambu

Untuk menuju ke lokasi anda bisa berangkat dari Pelabuhan Sekupang, dengan tiket seharga 10 ribu per orang. Dari pelabuhan menaiki pompong sejenis perahu mesin, dan menempuh perjalanan 20 menit. Ketika tiba di pelabuhan Pulau Sambu anda harus menaiki tangga kayu, setinggi 2 meter untuk mencapai daratan. Pulau ini tidak menawarkan destinasi wisata menarik seperti pulau lain, ada sesuatu istimewa yang dihadirkan. Penasaran? Simak disini.

Pulau Bekas Kilangan Minyak yang Mempesona

Lokasi pulau masih satu gugusan dengan Kepulauan Riau, dan menawarkan daya tarik berbeda. Pulau berdekatan dengan daratan Singapura yang merupakan pemasok minyak bumi terbesar, di Kepulauan Singapura. Pertama kali pulau dibangun oleh Pertamina pada tahun 1897. Menginjak tahun 1970 daerah ini begitu berjaya dan ramai dihuni penduduk, terutama dari pegawai kilangan minyak. Selang beberapa tahun kemudian operasi kilangan berhenti, dan penduduk mulai meninggalkan pulau.

Namun bukan berarti kondisi Pulau Sambu tidak berpenghuni, mungkin hanya sekitar 200 penduduk yang tersisa. Begitu tiba di area pulau mungkin anda akan berdecak kagum, karena destinasi wisatanya sungguh unik. Bukan lagi wisata alam dengan sejuta pesona, melainkan deretan gedung kosong dengan arsitek Melayu. Bangunan tersebut tidak terawat dan beberapa lapisan dinding terlihat usang.

Sekilas saat berkunjung mungkin anda merasa ngeri, karena pulau memang terkesan angker. Pulau memiliki bangunan seperti bioskop, perkantoran, wisma hingga bekas kilang minyak yang ditinggalkan. Meskipun begitu bagi penikmat wisata sepi dan tenang, pemandangan tersebut justru menarik. Tidak ada lagi kesan menakutkan bagi mereka, malah menghadirkan wisata unik yang jarang ditemui.

Bahkan beberapa fotografer menjadikan Pulau Sambu sebagai objek bidikan mereka. Kesan sunyi dan menyeramkan bagi mereka adalah sebuah karya seni. Tidak perlu menambahkan efek hitam putih untuk menambah kesan eksotis. Karena pada dasarnya lokasi wisata sudah sangat menarik di dalam frame kamera. Beberapa calon pengantin justru menjadi lokasi sebagai tempat foto pre-wedding. Alasannya karena foto nampak lebih unik, dan menarik perhatian.

Pulau ini tidak sepenuhnya sunyi anda masih bisa menikmati beragam fasilitas yang tersedia di pulau. Seperti tempat makan atau penginapan yang disediakan oleh penduduk setempat, masjid pun juga masih ada yang berfungsi dengan baik. Darisini anda bisa melihat kapal-kapal yang hilir mudik dari Singapura, karena jarak antar pulau memang begitu dekat. Disarankan berhati-hati saat mengunjungi pualau, sangat dianjurkan menggunakan pakaian yang sopan dan santun.

Berkunjung ke Pulau Riau tidak afdol jika belum mengunjungi pesona wisatanya. Ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa anda datangi. Salah satunya pulau bekas kilangan minyak, yang sudah jarang penduduknya. Nampak dari luar pulau terlihat sunyi dan menyeramkan, namun setelah memasuki lokasi akan terpana dengan pesonanya. Disuguhi oleh deretan bangunan khas Melayu, sangat estetik untuk background foto.

 

Hilda

Related Posts

Cara Melatih Bayi Cepat Bicara – Tips Bagi Orang Tua

Cara Melatih Bayi Cepat Bicara – Tips Bagi Orang Tua

Bahaya Telur Puyuh Untuk Bayi

Bahaya Telur Puyuh Untuk Bayi

fallback-image

Timothy Castagne yakin Leicester menemukan titik lemah West Brom di babak kedua

Faktor-Faktor Mengapa Bayi Terlambat Tumbuh Gigi

Faktor-Faktor Mengapa Bayi Terlambat Tumbuh Gigi