Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Rumah yang Benar?

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Rumah yang Benar?

Pindah rumah merupakan sebuah kegiatan yang lumrah dilakukan. Bagi orang yang sering pindah rumah, kegiatan ini tidak akan terlalu menguras tenaga ataupun emosi. Mereka akan melakukannya dengan nyaman dan mempersiapkannya dengan baik.

Akan tetapi, bagaimana dengan hewan peliharaan? Biasanya, hewan peliharaan seperti kucing akan mengalami stress dan kelelahan yang berlebih saat pindah rumah. Adanya aktivitas yang tiba – tiba dilakukan oleh tuan rumah tentu akan membuat kucing menjadi bingung.

Selain itu, kucing yang ikut pindah rumah akan merasa asing dengan lingkungan sekitar. Hal ini juga akan membuat kucing menjadi lebih rentan untuk terkena stress. Sehingga, hal tersebut akan mempengaruhi aktivitas dan perilaku kucing.

Kucing yang datang di lingkungan baru juga akan kesulitas untuk berinteraksi dengan kucing yang ada di sekitarnya. Beberapa kucing mengalami pertengkaran dengan kucing lama yang ada di sekitarnya. Apabila hal ini dibiarkan tentu akan sangat berbahaya bagi kucing peliharaan.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya pemilik kucing harus mempersiapkan proses pindah rumah yang nyaman bagi kucing. Selain itu, kucing juga harus diberikan beberapa perlakuan khusus saat pindah rumah. Sehingga, kucing tersebut tidak akan merasa stress karena pindah rumah dan tinggal di lingkungan yang baru.

Tips Pindah Rumah dengan Kucing Agar Kucing Tidak Stress

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kucing merasa nyaman saat pindah rumah dan tidak merasa stress saat tinggal di lingkungan baru. Hal pertama yang dilakukan adalah memberikan kesempatan bagi kucing untuk mengenal lingkungan baru di sekitarnya.

Sehingga, akan lebih baik jika kucing tidak dikurung di dalam kandang saat pindah ke rumah baru. Kucing dapat dibiarkan bebas di dalam lingkungan rumah agar ia mengenal lingkungan barunya seperti wilayah dan bau sekitar. Apabila kucing dikurung di dalam kandang saat pindah rumah, maka kucing tersebut akan mudah ketakutan dan akhirnya akan mengalami stress.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah menemani kucing saat pindah ke rumah baru. Umumnya, kucing akan merasa kesepian saat sendirian di lingkungan yang baru. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa menemani kucing tersebut terutama saat keluar rumah. Sehingga, ketika di lingkungan yang baru dan berbapasan dengan orang yang baru dikenal, kucing tidak akan merasa ketakutan dan stres.

Agar kucing tidak merasa stres dengan lingkungan baru, akan lebih baik jika kamu menggunakan perlengkapan kcucing yang lama atau mirip dengan rumah lama. Perlengkapan seperti tempat tidur, mainan, tempat makan dan minum, dll bisa disesuaikan dengan suasana ruumah lama. Hal ini akan membantu kucing untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Sehingga, kucing tidak akan merasa stres saat pindah rumah.

Kamu juga bisa mengajak kucing untuk mengenali rumahnya yang baru. Kucing bisa diajak berjalan mengelilingi rumah baru seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang keluarga, halaman rumah, dll. Kamu juga bisa mengajarkan kepada kucing dimana tempat ia tidur, makan, dan buang kotoran, dll. Hal ini akan membantu kucing untuk beradaptasi dengan rumah barunya.

Setelah kucing bisa mengenali lingkungan dalam rumahnya yang baru, kamu bisa mengajaknya untuk berjalan – jalan di sekitar rumah. Kamu bisa mengenalkan beberapa tempat penting yang ada di sekitar rumah. Sehingga, ketika kucing berjalan sendiri, ia tidak akan merasa asing dan kebingungan. Kucing juga akan mampu untuk pulang kembali ke rumah dengan mudah dan tidak tersesat di lingkungan baru.

Akan tetapi, selama masa adaptasi, kamu tidak boleh membiarkan kucing di luar rumah sendirian. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kucing cenderung akan ketakutan ketika berada di lingkungan yang asing dan sendirian. Oleh karena itu, agar kucing tidak stres, kamu bisa menemaninya saat ia berada di luar rumah.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kucing tidak stres adalah dengan memberikan kenyamanan di rumah baru. Umumnya, kucing yang baru saja pindah rumah akan merasa capek dan takut. Sehingga, ketika ia tidak mendapatkan kenyamanan, kucing akan menjadi stres. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa memberikan tempat ternyaman untuk tidur, bermain, makan, dll. Sehingga, kucing akan bebas melakukan apapun dan tidak merasa stress.

Selain itu, untuk sementara akan lebih baik untuk menjauhkan kucing peliharaan dengan kucing liar yang ada di sekitar rumah. Jika dibiarkan bertemu, beberapa kucing tersebut akan berkelahi. Sehingga, kucing peliharaan yang baru saja pindah akan merasa sangat stres karena tidak diterima di lingkungan baru.

Kucing peliharaan juga hendaknya dijaga kebersihannya dan terhindar dari suara bising. Kebersihan kucing akan mencegah kucing dan penyakit. Sedangkan, menjauhkan diri dari suara bising akan membuat kucing jadi lebih tenang dan tidak stres.

Jasa Pengiriman Barang

Jika kamu ingin memindahkan barang saat pindah rumah dengan praktis dan tidak membuat kucing dengan stres, kamu bisa menyewa jasa pengiriman barang dari trucking dispatch companies. Ada banyak penyedia jasa tersebut yang memberikan pelayanan dan harga terbaik. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan.

Hilda

Related Posts

Inilah Jenis Jenis Usaha Rumahan yang Cocok untuk Sambilan

Inilah Jenis Jenis Usaha Rumahan yang Cocok untuk Sambilan

Plugin SEO WordPress Terbaik Pilihan Banyak Pengguna

Plugin SEO WordPress Terbaik Pilihan Banyak Pengguna

8 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

8 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Informasi Lengkap Tentang Kolam Renang UNY 

Informasi Lengkap Tentang Kolam Renang UNY