Cara Pintar Memilih Kamera HP untuk Fotografi

Cara Pintar Memilih Kamera HP untuk Fotografi

Sebuah jepretan menggunakan hp untuk fotografi mampu memberikan hasil terbaik yang tidak dapat dipercayai bahwa itu berasal dari smartphone. Kamu mendapatkan kemudahan penggunaan dan desain yang praktis dan dapat dikantongi.

Apa Itu Fotografi Seluler

Fotografi seluler, sesuai namanya kegiatan pengambilan foto dengan telepon seluler. Teknologi yang dibangun di dalam kamera smartphone yang cukup mampu memberikan kemewahan kepada pengguna untuk mengambil foto berkualitas.

Tetap saja, kamera DSLR khusus fotografi selengkapnya di ceklistid masih menghasilkan hasil gambar yang cukup berbeda degan output kamera smartphone. Tetapi karena harganya lebih mahal, kebanyakan orang akan menggunakan smartphone kamera yang terjangkau untuk mengasah kemampuan fotografi mereka.

Perusahaan smartphone sangat memperhatikan fitur kamera  dari produknya agar selalu sesuai dengan kebutuhan da keinginan konsumen. Smarthphone tidak hanya bersaing dengan performa tetapi juga dalam efisiensi kameranya.

Kamera HP untuk Fotografi Terbaik 2020

Setiap orang memiliki selera berbeda tentang handphone yang memiliki kamera terbaik untuk fotografi. Namun, di bawah ini sudah terangkum kamera hp untuk fotografi paling populer di dunia saat ini.

  1. Huawei P40 memiliki kamera yang luar biasa, tetapi bukan smartphone terbaik.
  2. Iphone 11 Pro, Apple mempekenalkan mode malam bahkan untuk fotografi dengan cahaya yang sangat minim.
  3. Google Pixel 4, mempunyai mode Astrofotografi yang dapat mennagkap langit malam, bintang, bahkan galaksi pada malam yang cerah.
  4. Samsung Galaxy S20 Ultra, kecanggihan Zoom Ultra dan vide Live Focus yang dapat mempertajam hasil gambar.
  5. OnePlus 8 Pro, didukung sensor IMX689 12-bit baru dari Sony yang mampu menangkap bokeh dengan jernih bahkan dalam kondisi cahaya sedang.
  6. Huawei P30 Pro, smartphone dengan SuperZoom terbaik dari lensa telefoto periskop.
  7. Xiaomi Mi Note 10, sensor 108 MP yang dibuat oleh Samsung pertama di dunia menghasilkan pixel lebih banyak daripada hampir semua kamera DSLR atau mirrorles apalagi smartphone apa pun.

3 Tips Memiliih Kamera HP untuk Forografi

  1. Kenali Perangkatnya
  2. Prosesor

Prosesor adalah jantung dari sebuah smartphone. Seberapa kuat prosesor smartphone Anda? Seberapa efisien ia dapat memproses gambar? Tidak peduli sehebat apapun fitur kameranya, tetap percuma jika prosesor berkinerja buruk.

Berikut ini adalah prosesor paling terkenal yang digunakan untuk smartphone paling populer yang tersedia.

  • Qualcomm Snapdragon 835
  • Qualcomm Snapdragon 821
  • Samsung Exynos 8895
  • Prosesor Apple A10 dan A11 Bionic
  1. Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan juga penting. Jumlah aplikasi, audio, gambar, video dan file lain tergantung pada kapasitas penyimpanan kamera smartphone Anda.

Periksa kapasitas ROM dan RAM. ROM mengacu pada kapasitas penyimpanan internal RAM adalah tempat disimpan saat Anda menjalankan aplikasi. Cari GB (Gigabytes), bukan MB (Megabytes). Jangan pilih yang di bawah 150MB atau ponsel Anda tidak akan berfungsi dengan baik.

  1. Kamera

Karena difungsikan untuk fotografi seluler, penting untuk memeriksa fitur kameranya juga. Banyak merek ponsel menampilkan jumlah megapiksel yang lebih tinggi dan berkualitas tinggi, tetapi kenyataannya, bahkan tidak cukup baik.

  • Sensor – Jika prosesor adalah jantung dari smartphone, sensor adalah jantung dari kamera.
  • Jika sensor menangkap lebih banyak cahaya, maka itu menghasilkan gambar yang lebih baik.
  • Kamera 13MP dengan sensor yang lebih kecil masih bisa dikalahkan oleh 8MP dengan sensor yang lebih besar. Megapiksel (MP) mengacu pada jumlah piksel. Semakin banyak piksel yang dimiliki kamera Anda, semakin detail gambarnya, dan semakin besar resolusinya.
  • Lensa – sebagian besar membawa fitur aperture dan zoom. Setiap model kamera smartphone akan berbeda pada lensa dan teknologi tambahan lainnya.
  • Aperture (f) – mengacu pada bukaan pada lensa kamera yang mengontrol jumlah cahaya yang masuk. Angka tersebut menunjukkan ukuran stop apertur.
  • Semakin kecil angka f, semakin lebar aperture yang menghasilkan kedalaman bidang yang dangkal. Misalnya, f / 8 lebih kecil dari f / 1.4.
  • Zoom – Ada dua jenis zoom dalam kamera smartphone: digital dan optik. Optical zoom merupakan hardware dari sebuah smartphone, sementara digital zoom adalah software. Optical zoom menghasilkan gambar zoom yang lebih baik karena lensa memiliki jarak yang lebih jauh dengan sensor gambar.
  1. Memanfaatkan Review Produk

Terkadang, spesifikasi yang didasarkan oleh produsen pada produk mereka sulit diterapkan oleh pengguna umum. Istilah-istilah tersebut belum dikenal kecuali Anda ahli dalam gadget dan fotografi.

Pabrikan juga tidak memasukkan semua detail kamera tetapi hanya menampilkan yang menarik bagi pembeli. Dengan melihat atau membaca review produk, Anda akan mendapatkan gambaran produk dari ahli fotografi/smartphone.

  1. Rencanakan Anggaran Anda

Ingat, gadget paling mahal saat ini mungkin lebih murah bulan depan atau tahun depan. Jadi, rencanakan anggaran Anda. Pertimbangkan fitur yang diberikan dengan harga yang ditawarkan. Tidak jarang smartphone dengan fitur keren didapat dengan harga yang lebih murah.

Tidak ada salahnya belajar fotografi menggunakan smartphone. Selain lebih hemat, fitur yang diberikan tidak kalah dengan kamera mirrorles terbaik selengkapnya di ceklistid.

Hilda

Related Posts

Aplikasi Untuk Memotong Lagu Paling Epik

Aplikasi Untuk Memotong Lagu Paling Epik

Pastikan Tak Salah Pilih, Yuk Simak Macam Macam Mutu Beton Adhimix

Pastikan Tak Salah Pilih, Yuk Simak Macam Macam Mutu Beton Adhimix

Yuk Simak 3 Cara Menghilangkan Notifikasi Di Laptop Yang Mengganggu

Yuk Simak 3 Cara Menghilangkan Notifikasi Di Laptop Yang Mengganggu

Cara Memindahkan Power Point Ke Microsoft Word 2013

Cara Memindahkan Power Point Ke Microsoft Word 2013