Sejarah Internet Facebook Gratis

Sejarah Internet Facebook Gratis

Apakah kamu tahu bahwa kita bisa akses Internet Facebook Gratis? Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan tentang Internet Facebook Gratis di bawah ini.

Sejarah Internet Facebook Gratis

Di Indonesia layanan internet facebook gratis diluncurkan sejak pertengahan april 2015. Pada saat itu facebook menggandeng provider internet indosat untuk memberikan layanan facebook gratis.

Tetapi sebenarnya layanan yang diberikan oleh facebook ini tidak sepenuhnya gratis. Karena facebook mengeluarkan aturan yang terdapat pada term of service internet.org. Disana tertulis bahwa saat pengguna memasang, menjalankan ataupun menggunakan layanan mereka termasuk didalamnya layanan website gratis, maka facebook akan mengumpulkan data data tersebut.Selain hal yang disebutkan tadi, facebook juga bisa membagi informasi data yang diperolehnya kepada provider yang bekerja sama dengannya.

Target Internet Facebook Gratis

Dalam hal ini facebook mencoba untuk memberikan layanan gratis akses internet kepada pengguna.  Facebook yang saat ini sebagai raksasa jejaring sosial dan memiliki lebih dari satu milyar pengguna ini, facebook masih ingin mempunyai ambisi untuk lebih meningkatkan target pengguna di tahun 2030. Tidak tanggung-tanggung lagi targetnya adalah menjadi 5 milyar pengguna.

Untuk meluluskan rencananya tersebut, facebook tidak bekerja sendirian. Akan tetapi facebook bekerjasama dengan berbagai operator,khususnya menggandeng operator telepon lokal.

Banyak berita yang kurang mengenakkan terkait dengan layanan internet gratis ala facebook. Salah satunya berasal dari pemerintah India. India dikabarkan melakukan pemblokiran layanan internet gratis ini. Hal ini dikemukakan oleh pemangku telekomunikasi India yang menyatakan bahwa operator penyedia internet tidak boleh secara sengaja mengatur akses internet meskipun ditawarkan gratis.

Nyatanya free basic yang dikembangkan oleh facebook ini ternyata hanya membolehkan seratus situs saja yang dapat diakses. Termasuk satu diantara situs yang dapat diakses tersebut adalah facebook.

Internet Facebook Gratis Diblokir

Hal inilah yang menjadi alasan pemerintah India memblokir internet gratis facebook,  menurutnya akses internet yang dapat dinikmati masyarakat tidak hanya sebatas ratusan website saja. Selain itu hal  Ini juga bertentangan dengan prinsip net neutrality. Dimana Net neutrality ini yang berarti akses internet hanya bersifat netral. Pendiri facebook, Mark Zuckerberg pun berkilah ,Menurutnya dalam jangka panjang program ini bagus untuk facebook. Ia juga menambahkan bahwa dalam waktu 10-30 tahun banyak negara menggunakan program Free Basics ini terutama negara yang berkembang. Dengan kata GRATIS, facebook berharap negara berkembang akan melirik layanan ini.

Selain India, pemerintah Mesir juga melarang penggunaan internet gratis di negaranya. Larangan free basics bukan dikarenakan net neutrality atau internet netral. The verge yang mengutip Reuters menyebutkan bahwa jejaring sosial facebook menolak memberikan izin kepada pemerintah Mesir untuk memata matai pengguna free basics. Untuk itulah free basics dilarang penggunaanya disana.

Ketika layanan ini ditutup di Mesir,  pemerintah Mesir menyebut bahwa izin untuk menyediakan layanan internet gratis hanya diberikan kepada operator telepon Etisalat Egypt.

Facebook mengklaim bahwa dari tiga juta orang yang mendaftarkan diri mendapatkan layanan Free basics di Mesir, satu juta orang diantaranya menggunakan internet untuk pertama kalinya.

Internet Facebook Gratis di Indonesia

Di Indonesia sendiri kampanye internet.org yang mengklim ingin menghubungkan miliaran orang dengan internet kurang disambut baik. Alexander Rusli ,sebagai ketua asosiasi telekomunikasi seluruh Indonesia ini menyatakan bahwa salah satu isu sensitif kehadiran internet.org adalah masalah netralitas. Masalah yang sama yang menjadi alasan penolakan disetiap negara.

Internet Facebook Gratis Dari Indosat

Namun kemudian ATSI melihat bahwa hak dan kewajiban diatur oleh operator itu sendiri. Sejauh ini hanya Indosat yang melakukan kerjasama pelayanan internet gratis facebook ini.

Pengguna internet facebook gratis ini di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Menurut perwakilan dari Indosat Fasilitas internet gratis ini adalah bagi pengguna fitur phone di jaringan 2G yang belum memanfaatkan koneksi internet,itulah yang akan menjadi target marketnya.

Sekarang ini masih ada lebih dari 70% pelanggan indosat masih mengandalkan jaringan 2G untuk dapat terkoneksi ke internet. Pelanggan ini umumnya ada di kota kecil yang jauh dari kota besar sehingga kecepatan akses internet yang cepat di kota ini masih belum terjangkau.

Jika operator memperoleh banyak pelanggan baru dari kehadiran internet.org ini, maka facebook pun ikut kebanjiran rejeki. Karena facebook memiliki data pengguna yang bisa digunakan untuk targeting iklan.

Ada 15 situs yang bisa diakses secara gratis,termasuk dua situs e commerce, situs berita dan situs facebook sendiri. Dari semua situs tersebut halaman web dibuat menggunakan laman web mobile yang berbeda yang support dengan bandwidth 2G. Program pemberian akses gratis inilah yang menimbulkan kontroversi, termasuk dari ICT sendiri.

Program yang menurut facebook memperluas akses internet dinegara dunia ketiga yang mengancam privasi,kebebasan berekspresi dan netralitas dalam berinternet.

Selain karena ditolak tidak memiliki netralitas dalam berinternet, aspek lain yang menyebabkan internet.org ditolak adalah zero rating. Zero rating sendiri adalah praktik oleh penyedia layanan telekomunikasi atau internet yang menawarkan pelanggan mereka sebuah paket khusus layanan atau aplikasi yang bebas biaya karena tidak menggunakan perhitungan data plan yang berlaku. Praktek seperti ini telah dilarang atau dibatasi penggunaannya oleh sejumlah negara di dunia.

Zero rating menjadi model dasar dari penggunaan internet gratis ini. Facebook bekerja sama dengan operator telepon seluler untuk menawarkan akses ke aplikasi atau situs tertentu secara gratis. Hal ini dapat mengganggu masyarakat yang berhak mendapatkan akses informasi.

Untuk itu facebook harus menegaskan dukungannya atas definisi netralitas internet dimana semua aplikasi dan layanan diperlakukan sama tanpa diskriminasi khususnya di negara berkembang dengan 3 miliar pengguna internet.

Walaupun pengguna internet facebook gratis di Indonesia semakin meningkat, akankan kita hanya mengakses situs tertentu saja yang disediakan?  Dalam hal ini internet dikuasai oleh korporasi raksasa. Seperti halnya katak dalam tempurung. Pilihan ada ditangan kita sendiri.

Tapi sekarang sudah banyak trik internet facebook gratis bahkan untuk akses semua konten di internet dengan bantuan aplikasi, untuk yang ingin mengetahui triknya bisa kunjungi situs bernama technicaltalk.

Hilda

Related Posts

6 Tips Menjadi Foto Model

6 Tips Menjadi Foto Model

Cara Menghilangkan Notifikasi di Laptop dengan Aman Dan Mudah

Cara Menghilangkan Notifikasi di Laptop dengan Aman Dan Mudah

Sudah Tahu Cara Setting Kamera DSLR ? Yuk Intip Ulasannya Disini

Sudah Tahu Cara Setting Kamera DSLR ? Yuk Intip Ulasannya Disini

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Rusak Sebagian

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Rusak Sebagian