Kenali Gejalanya, Berikut Tanda- Tanda Bayi Kurang Sehat Dalam Kandungan

Kondisi kesehatan bayi tidak selamanya akan dalam keadaan baik, bahkan saat baru lahir saja bisa mengalami penurunan, apalagi yang masih berada dalam kandungan. Sebenarnya, kesehatan bayi ketika dalam kandungan bisa dirasakan oleh seorang ibu secara langsung. Jika dalam kondisi kurang sehat, maka janin akan langsung mengirimkan sinyal otomatis. Berikut tanda- tanda bayi kurang sehat dalam kandungan yang wajib bunda tahu.

Tanda Si Kecil Kurang Sehat Saat Dalam Kandungan

  1. Lemah Detak Jantung

Sekitar minggu kelima kehamilan, biasanya jantung bayi sudah mulai berdetak. Namun, detakan tersebut akan mudah dirasakan oleh ibu ketika usia kehamilannya telah memasuki akhir trimester pertama. Biasanya, untuk mengetahui laju denyut jantung janin perlu dilakukan tes Doppler. Meskipun begitu, tidak selamanya mendeteksi detak jantung bisa dilakukan dengan mudah.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan detak jantung janin tidak mudah dideteksi, seperti kondisi janin yang tertutup plasenta atau posisi bayi yang tidak sesuai, sehingga bisa membuat denyut jantung terdeteksi lemah. Kendati demikian, jangan anggap remeh masalah tersebut, karena bisa jadi lemahnya detak jantung bayi menjadi pertanda bahwa si kecil dalam kondisi yang kurang sehat, maka dari itu lakukan penanganan secepat mungkin.

  1. Rendahnya Tingkat HCG

Hormon Chorionic Gonadotropin adalah salah satu hormone tubuh yang berperan penting dalam melindungi serta memelihara sel telur setelah terjadi pembuahan. Hormon ini biasanya ada pada ibu yang mengandung, dimana kadar HCG tersebut akan berada di puncaknya pada saat usia kehamilan memasuki minggu kedelapan hingga ke sebelas.

Untuk mengukur kadar HCG tersebut, anda bisa lakukan dengan tes darah. Jika berada dalam jumlah normal, mungkin si kecil dalam kandungan dalam keadaan baik. Akan tetapi, jika kadar HCG rendah, dapat menyebabkan beberapa masalah pada kandungan, apalagi jika kondisi tersebut terjadi di awal kehamilan. Apabila dalam pemeriksaan menunjukkan kadar HCG di bawah 5 mIU/ml, maka ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

  1. Sering Merasa Kram

Tanda- tanda bayi kurang sehat dalam kandungan juga bisa dirasakan oleh seorang ibu, yang ditandai dengan sering muncul kram. Kondisi ini umumnya terjadi akibat dari aliran darah ke Rahim, dimana kram yang dirasakan hampir sama seperti saat menstruasi. Kram ketika mengandung umumnya sering dirasakan sejak awal pertama kehamilan, bahkan kondisi tersebut bisa terjadi di setiap trimester kehamilan.

Akan tetapi, bila kram tersebut berlangsung untuk dalam kurun waktu yang lama dan hanya terasa pada satu sisi saja, anda wajib mewaspadainya. Apalagi jika kondisi tersebut diperparah dengan hadirnya pendarahan. Apabila hal tersebut terjadi, maka ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan, karena bisa jadi merupakan pertanda janin tidak dalam kondisi sehat.

Mungkin tak banyak pula ibu yang peka dengan sinyal yang diberikan janin, saat kondisinya kurang sehat. Dengan mengenali beberapa tanda tersebut, bisa membantu anda untuk mendeteksi dini kondisi kesehatan si kecil. Apabila anda telah mengalami gejalanya, ada baiknya untuk segera memeriksakannya pada dokter kandungan, sehingga bisa segera dilakukan penanganan yang lebih baik.

Kenali Gejalanya, Berikut Tanda- Tanda Bayi Kurang Sehat Dalam Kandungan
Scroll to top