Perlu Dicoba, Berikut Makanan Perangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

Perlu Dicoba, Berikut Makanan Perangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

Pertumbuhan gigi biasanya menjadi hal yang sangat dinantikan oleh para orang tua. Secara umum, gigi bayi akan muncul pada saat si kecil berusia 4 hingga 8 bulan. Namun, terkadang pertumbuhan gigi tiap bayi berbeda, ada yang mulai muncul pada usia tersebut, tetapi ada pula yang baru keluar di usia 17 bulan. Berikut makanan perangsang pertumbuhan gigi bayi yang bisa anda coba.

 

Daftar Makanan Untuk Merangsang Pertumbuhan Gigi

  1. Ubi Merah

Bahan satu ini dikatakan sebagai makanan pendamping ASI yang baik dan bergizi tinggi. Pada ubi merah memiliki kandungan vitamin A yang bersifat antioksidan, dimana zat tersebut berfungsi dalam menjaga kesehatan gusi, dari bakteri yang dapat menyebabkan peradangan. Selain itu, kandungan vitamin A juga berperan dalam merangsang pertumbuhan gigi si kecil. Anda bisa menyajikannya dalam bentuk puree yang halus untuk gusi.

  1. Keju

Produk turunan dari susu ini dibilang baik untuk gigi karena sarat akan kandungan kalsium. Selain itu, di dalam keju juga terkandung mineral fosfor yang berjasa dalam merangsang pertumbuhan serta memperkuat gigi. Anda dapat menjadikan bahan satu ini sebagai penambah cita rasa pada makanan lain, misalnya saja pada puree kentang. Selain itu, anda juga dapat menyajikan keju potong sebagai camilan si kecil.

  1. Brokoli

Makanan perangsang pertumbuhan gigi bayi selanjutnya adalah brokoli. Sayuran satu ini mengandung tinggi kalsium, asam folat dan beragam mineral. Semua zat tersebut berperan dalam merangsang tumbuhnya gigi serta mendukung pembentukan enamel gigi. Dimana, ketika enamel gigi kuat, maka kesehatan gigi anak akan terjaga secara maksimal. Anda bisa mengolah brokoli menjadi sup atau merebusnya biasa sebagai camilan si kecil.

  1. Ikan laut

Makanan satu ini sarat akan kandungan vitamin D, dimana vitamin ini yang berperan dalam membantu penyerapan kalsium pada tubuh. Selain itu, ikan laut juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral lain yang akan menjaga kesehatan gigi serta merangsang pertumbuhan gigi si kecil. Ikan yang memiliki kandungan omega 3 seperti salmon, tuna, makarel, dan ikan kembung bisa membantu menjaga kesehatan gusi bayi dari peradangan.

  1. Wortel

Selain bertugas dalam menjaga kesehatan mata, ternyata wortel juga dapat dijadikan makanan perangsang pertumbuhan gigi bayi. Sama seperti ubi merah, wortel juga kaya akan kandungan vitamin A. Selain itu, sayuran satu ini juga mengandung keratin yang dapat mencegah gigi dari kerusakan, sehingga gigi susu si kecil akan tumbuh dengan sehat. Anda dapat menjadikannya sebagai puree atau memberikannya dalam bentuk potongan.

 

 

Pertumbuhan gigi pada setiap anak memang berbeda-beda. Hal tersebut dapat disebabkan karena berbagai faktor, diantaranya adalah karena faktor genetik dan kurangnya rangsangan yang diterima. Biasanya, makanan yang bertekstur kasar dan keras dapat memicu gigi untuk segera muncul. Berbagai macam makanan tersebut dipercaya mampu merangsang tumbuhnya gigi pada si kecil.

Hilda

Related Posts

Bahaya Teh bagi Ibu Hamil dan Tips Aman Mengonsumsinya

Bahaya Teh bagi Ibu Hamil dan Tips Aman Mengonsumsinya

Kenali Gejalanya, Berikut Tanda- Tanda Bayi Kurang Sehat Dalam Kandungan

Kenali Gejalanya, Berikut Tanda- Tanda Bayi Kurang Sehat Dalam Kandungan

Pola Makan Bayi 6 Bulan Sudah Mulai Dikenalkan MPASI

Pola Makan Bayi 6 Bulan Sudah Mulai Dikenalkan MPASI

Penyebab mata merah dan berair pada bayi

Penyebab mata merah dan berair pada bayi