7 Cara Mengolah Buah Coklat yang Bisa Dilakukan saat di Rumah Aja

7 Cara Mengolah Buah Coklat yang Bisa Dilakukan saat di Rumah Aja

Mengolah buah coklat menjadi bubuk coklat dan lain sebagainya bukanlah sebuah perkara yang mudah. Dibutuhkan proses yang sangat panjang sekaligus menyita kesabaran untuk bisa mengolahnya agar bisa dikonsumsi. Lalu bagaimana caranya mengolahnya agar bisa dikonsumsi? Simak ulasan ini sampai akhir.

  • Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengolah buah coklat adalah mendapatkan bijinya lebih dulu. Anda bisa membelinya di toko online atau mumgkin meminta langsung ke tetangga atau kerabat dekat yang merupakan petani coklat.
  • Setelah mendapatkan biji coklat, Anda kemudian harus melakukan proses fermentasi lebih dulu agar biji coklat tersebut siap untuk digunakan.
  • Lalu proses selanjutnya yaitu menyangrai atau roasting. Biasanya perusahaan coklat akan melakukan proses roasting menggunakan mesin canggih yang harganya mahal. Tetapi jika Anda melakukannya di rumah bisa menggunakan oven roti atau dengan wajan sangria kopi yang dibuat dari tanah liat. Apabila menggunakan oven, Anda bisa panaskan sampai 30 menit. Sementara jika menggunakan wajan sangrai dibutuhkan waktu sekitar 15-30 menit untuk memasak biji coklat sampai matang.
  • Hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu memisahkan kulit luar. Untuk menyingkirkan kulit bagian luar, Anda bisa menumbuk secara perlahan sampai kulit terkelupas. Tetapi, biar lebih mudah, Anda bisa menggunakan kipas angin agar kulit luarnya terhempat. Proses ini dinamakan desheller di pabrik yang membuat coklat.
  • Proses selanjutnya adalah penggilingan dan pencampuran. Proses ini memakan waktu yang lama sekitar 12 jam. Setelah biji coklat sudah meleleh seperti past, selanjutnya Anda bisa beranjak ke proses pencampuran. Dalam proses tersebut, Anda bisa mencampurkan bahan lainnya seperti susu atau gula atau bahan yang lain untuk membuat rasa menjadi lebih sedap.
  • Lalu berlanjut ke proses pemansan adonan. Anda bisa menggunakan microwave atau oven yang diatur dalam waktu sekitar 12 menit pada suhu 33-48 derajat untuk meluruhkan Kristal lemak pada coklat.
  • Kemudian yang terakhir adalah proses pencetakan. Anda bisa tuang coklat ke dalam adonan yang diinginkan, lalu masukkan ke kulkas dengan suhu 16-20 derajat yang akan memakan waktu sekitar 30 menit.

 

Hilda

Related Posts

10 Ways to Counterfeit Even More Room Around your house

10 Ways to Counterfeit Even More Room Around your house

Bagaimanakah Anatomi Burung Bangau

Bagaimanakah Anatomi Burung Bangau

Cara Merawat Tali Pusar Bayi yang Baru Lepas agar Tak Infeksi

Cara Merawat Tali Pusar Bayi yang Baru Lepas agar Tak Infeksi

Tersesat di hutan liar

Tersesat di hutan liar