Cara Membuat Kolam Renang Air Hangat Sederhana

Cara Membuat Kolam Renang Air Hangat Sederhana

Cara membuat kolam renang air hangat tidaklah begitu rumit. Anda hanya perlu memutuskan desain, serta melengkapinya dengan peralatan penunjang. Dengan begitu, Anda sudah bisa menikmati kegiatan berenang di kolam hangat.

Kolam seperti ini menjadi terobosan baru di dunia modern. Anda tidak perlu lagi datang ke pegunungan untuk merasakan sensasi di pemandian air panas. Cukup menciptakan kolam hangat sendiri.

Untuk desain kolamnya bisa dibuat minimalis. Mengenai konsepnya, Anda bisa mencari inspirasinya di desain kolam renang kecil. Itu sudah cukup untuk membukakan ide tentang bagaimana menciptakan kolam renang yang nyaman untuk digunakan di rumah.

Manfaat Kolam Renang Air Hangat

Sebagai terobosan terbaru, bukan berarti bahwa kolam renang ini hanya sekedar untuk gaya-gayaan. Faktanya, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh pemiliknya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. 1. Terapi Menenangkan

Aktifitas harian yang begitu berat membuat seseorang lebih mudah mengalami depresi. Fikiran menjadi kacau. Tidak jarang jika seseorang akan stress berkepanjangan.

Tekanan demi tekanan akan membuat kualitas hidup semakin menurun. Anda tidak bisa menjaga kesehatan, serta tidak produktif. Akibatnya, permasalahan akan muncul secara bertubi-tubi.

Tidak mau mengalami kekacauan, Anda butuh terapi. Terapi ini bisa apa saja. Contohnya adalah berlibur ke tempat yang menyenangkan sampai yoga.

Tapi bila Anda tidak memiliki waktu banyak, Anda sebenarnya bisa berendam di kolam hangat. Berendam di kolam ini sangat bagus. Memberikan efek relaksasi yang sangat sempurna. Otot yang kaku akan lemas, dan fikiran tegang akan semakin rilek.

  1. 2. Menyembuhkan Penyakit

Sebagian orang datang ke pemandian air panas dengan alasan untuk mengatasi sejumlah penyakit. Air hangat bisa menjadi sarana untuk memperbaiki sirkulasi darah. Tak ayal jika nantinya sejumlah penyakit bisa disembuhkan.

Salah satu contohnya ialah untuk terapi penyembuhan penyakit darah tinggi. Semakin sering orang berendam di air hangat, sirkulasi darah akan semakin lancar. Tekanan darah tinggi juga akan cepat distabilkan.

  1. 3. Meningkatkan Stamina

Manfaat yang selanjutnya ialah mengembalikan stamina seseorang. Tubuh akan kembali kuat, semakin bersemangat dan terbebas dari masalah keletihan.

Cara Membuat Kolam Renang Air Panas

Menyadari akan manfaat yang didapatkan dari berendam di air panas, banyak orang yang mulai tertarik untuk menyediakan fasilitas ini secara mandiri. Beruntungnya, Anda bisa merealisasikannya. Yakni dengan menerapkan cara membuat kolam renang air hangat di rumah.

Mengenai caranya, Anda hanya memerlukan peralatan tambahan. Peralatan yang dimaksud ialah water heater. Ini merupakan peralatan yang nantinya bisa disetting sesuai keinginan.

Misalnya bila situasi lingkungan sedang dingin, Anda bisa menyetting water heater cukup tinggi. Dengan settingan ini, air menjadi lebih hangat. Anda bisa berendam tanpa khawatir akan kedinginan.

Mengenai desainnya sendiri, Anda bisa memilih sesuai keinginan. Anda bisa memutuskan untuk mengaplikasikan desain kolam renang minimalis, desain alami, ataupun desain modern.

Ukurannya juga bisa disesuaikan. Jika Anda memiliki area terbatas, ukurannya bisa dibuat minimalis. Yang paling penting, Anda bisa memanfaatkannya sebagai terapi ataupun semacamnya.

Jenis Dari Pemanas Kolam Renang

Kunci untuk membuat kolam renang hangat terletak pada peletakan water heaternya. Bagi Anda yang sedang mencarinya, kami akan menunjukkan beberapa jenis pemanas yang bsia Anda aplikasikan di sekitar kolam renang.

  1. 1. Electric Heater

Pemanas air ini memanfaatkan aliran listrik untuk memanaskan airnya. Peralatan ini tersedia dalam dua varian. Anda bisa memilih salah satu yang dianggap sesuai.

Peralatan pertama ialah instan electric heater. Alat ini bekerja dengan memanaskan air melalui alat tersebut. Lantas airnya dialirkan langsung ke dalam kolam.

Peralatan kedua dilengkapi dengan penampungan. Dikarenakan adanya penampungan, alur perjalanan air akan lebih lama. Air nantinya dipanaskan melalui alat, kemudian disimpan terlebih dahulu di penampungan.

Ketika ingin digunakan, air ini bisa diisikan ke dalam kolam renang. Peralatan kedua ini nampaknya cukup menarik lantaran bisa disetting sesuai keinginan. Namun peralatan ini cukup mahal.

  1. 2. Air Conditioning Water Heater

Alat kedua ini memanfaatkan Freon yang terbuang dari AC. Air ini dialirkan ke heart exchanger sehingga mampu memanaskan air. Tepatnya air yang berada di tangki penampungan.

Dari penampungan ini, air bisa dikeluarkan ke dalam kolam dalam keadaan hangat. Tak pelak jika kondisi air kolam akan hangat dan siap digunakan untuk terapi yang menyehatkan.

Kesimpulannya, pembuatan kolam hangat ini memanfaatkan sebuah alat khusus. Pembuatannya memang memakan biaya cukup besar. Tapi ini bisa diakali dengan penerapan desain yang simple. Dengan begitu, cara membuat kolam renang air hangat yang Anda terapkan bisa lebih hemat.

Hilda

Related Posts

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Rekomendasi Model Gazebo Tertutup Untuk Menghiasi Halaman

Rekomendasi Model Gazebo Tertutup Untuk Menghiasi Halaman

Jenis Kerusakan Pada Jam Digital Dan Cara Mengatasinya

Jenis Kerusakan Pada Jam Digital Dan Cara Mengatasinya

6 Parfum KENZO Paling Enak

6 Parfum KENZO Paling Enak