Salah satu cara untuk mengatur waktu kehamilan adalah KB.  Namun masih terdengar mitos bahwa menggunakan KB memiliki efek samping menambah berat badan.

Bagi para orang tua mengatur jarak kehamilan memang sangat penting dilakukan. Dengan itu orangtua bisa merawat dan mempersiapkan masa depan anak pertamanya sebelum anak kedua lahir. Saat ini sudah ada jenis alat kb yang digunakan untuk mengatur kehamilan ibu. salah satunya adalah KB IUD yang banyak disukai dan digunakan. namun apakah KB IUD bisa bikin gemuk?

Banyak yang berfikir apabila menggunakan KB IUD dapat menimbulkan kegemukan. Pemahaman itu muncul karena ada yang berat badan bertambah setelah memasangnya. Walaupun Sejauh ini belum ada bukti kuat yang memastikan bahwa KB IUD dapat membuat gemuk. karena Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan berat badan bertambah. Mari simak penjelasannya berikut ini.

IUD ( intra uterine device) dikenal juga sebagai kb spiral yaitu jenis alat kontrasepsi yang memiliki ukuran sekitar 3 cm dan berbentuk huruf T. Penggunaan KB ini dimasukan ke rahim. Ada dua jenis KB IUD yaitu:

  1. IUD hormonal. KB ini mengandung hormon progestin yang mencegah sperma membuahi sel telur.
  2. IUD tidak mengandung hormon. KB ini dilengkapi lapisan tembaga yang akan melepaskan ion-ion untuk melemahkan sperma.

Beberapa jenis KB yang mengandung hormon memang dapat menyebabkan berat badan bertambah. Namun riset kesehatan menunjukan bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan hingga menimbulkan obesitas. Sebenarnya ada beberapa faktor apa yang menyebabkan gemuk yaitu

  1. Pada dasarnya berat badan wanita akan rentan mengalami kenaikan berat badan selama dalam masa subur. Sehingga wajar apabila berat badan bertambah.
  2. Pengaruh Gaya hidup. Apabila gaya hidup kurang baik seperti kebiasaan makan makanan cepat saji,dan kurang olahraga atau memiliki gangguan kesehatan tertentu.
  3. Pola makan yang kurang baik misalnya jarang sarapan, makan setelah makan malam, mengonsumsi karbohidrat tinggi dan banyak mengonsumsi makanan berlemak,

Demikian penjelasan mengenai apakah KB IUD bisa bikin gemuk. Semoga sudah terjawab keraguannya dan artikel ini memberikan manfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apakah KD IUD bisa bikin gemuk
Scroll to top