Cara Mudah Menyiapkan Sendiri Makanan Bayi Usia 8 Bulan

Makanan untuk bayi usia 8 bulan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makanan saat berusia 7 bulan. Di usia 8 bulan, si kecil masih harus makan makanan dengan tekstur yang lumat. Hal ini selaras dengan saran dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO yang menyatakan jika menu makanan untuk bayi saat usia 8 bulan sebaiknya diawali dengan tekstur lumat mirip seperti bubur. Saat ini pun banyak sekali penjual di pinggir jalan yang menyediakan bubur bayi organik, namun sebagai orang tua yang cermat dan cerdas sebaiknya anda menyiapkan sendiri makanan untuk bayi anda.

Cara membuat makanan bayi 8 bulan pun juga tidak susah. Di usianya yang memasuki 8 bulan, bayi biasanya sudah diperbolehkan makan makanan lumat dengan menu keluarga sehingga anda tidak perlu bingung lagi menentukan menu apa yang akan anda berikan. Namun, secara rinci bayi usia 8 bulan masih harus diberikan makanan saring (puree) dan makanan lumat (mashed). Jadi, meskipun menu yang disajikan sama dengan makanan keluarga, namun sebelum diberikan ke bayi sebaiknya dimasak hingga mendapatkan tekstur yang sangat lumat dan halus. Hal ini dikarenakan bayi masih berada dalam masa pertumbuhan gigi yang membuat giginya belum lengkap dan di khawatirkan akan kesulitan mengunyah makanan dengan tekstur yang kasar.

Panduan Menu Makanan Sehat Si Kecil

Pixabay.com

Bagi anda yang ingin mengetahui tentang bagaimana cara membuat makanan bayi 8 bulan, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Menyiapkan makanan bayi tentu akan berbeda dengan memasak untuk orang dewasa. Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan, antara lain :

  • Menggunakan buah dan sayur yang segar dalam menu makanan si kecil. usahakan untuk segera menggunakan bahan yang dibeli dalam waktu 1-2 hari setelah dibeli. Cuci bersih buah dan sayuran dengan detail dan teliti sebelum diolah.
  • Mengukus bahan makanan sebelum dihaluskan atau dipotong untuk mendapatkan manfaat yang lebih karena mengukus lebih baik jika dibandingkan dengan merebus bahan makanan.
  • Tambahkan ASI atau susu formula pada makanan yang akan disajikan. Jangan lupa untuk membuang lemak dan kulit sebelum diolah.
  • Usahakan untuk tidak menggunakan penyedap rasa secara pada makanan yang akan diberikan kepada si kecil. Berikan bumbu alami jika ingin makanan tidak terasa hambar.
  • Selalu pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mengolah makanan agar tidak terkontaminasi dengan virus dan bakteri.

Setelah memperhatikan beberapa hal diatas, anda bisa memulai dan siap menyiapkan makanan untuk si kecil. Mulailah dengan memberikan sumber karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Kenalkan beragam jenis makanan kepada si kecil agar ia terbiasa dan kebutuhan gizi harian si kecil bisa terpenuhi. Untuk sumber karbohidrat, anda bisa mengolah bahan menggunakan pasta, kentang, atau nasi secara bergantian. Untuk protein dan lemak sehat bisa anda dapatkan dari daging merah, daging ayam, hati ayam, hati sapi, dan telur. Selain itu, anda juga bisa menggunakan tempe atau tahu untuk melengkapi asupan protein nabati si kecil. jangan lupa untuk selalu menambahkan sayuran atau buah-buahan seperti bayam, wortel, brokoli, labu, kembang kol, pisang, pepaya, alpukat, apel, dan lain-lainnya. Setelah mengetahui kebutuhan gizi harian si kecil berikut ini beberapa rekomendasi menu makanan bayi usia 8 bulan sehari-hari :

  1. Menu makan pagi atau sarapan

Jadwal makan bayi berusia 8 bulan di mulai dengan memberikan ASI di pagi hari dan dilanjutkan dengan makanan padat untuk makan pagi atau sarapan. Rekomendasi menu makan pagi atau sarapan yang bisa anda berikan adalah kentang dengan daging cincang dan brokoli. Anda bisa membuatnya dengan cara menumbuk dan menghaluskan kentang hingga menghasilkan tekstur yang lumat dan melanjutkannya dengan memasak daging cincang bersama brokoli. Agar menambah citarasa semakin lezat, anda bisa menambahkan bumbu seperti gula, garam, dan bumbu alami lainnya.

  1. Menu makan siang

Pixabay.com

Setelah di pagi hari si kecil mendapatkan kentang sebagai sumber karbohidrat, untuk menu siang hari anda bisa membuat nasi tim dan mencampurnya dengan tofu dan wortel. Anda bisa melakukan dengan cara yang sama saat membuat menu makan pagi atau sarapan. Masak semua bahan hingga mendapatkan tekstur yang lembut dan lumat sehingga memudahkan si kecil saat makan. Disini anda bisa melakukan beberapa cara saat memasak menu makan siang, seperti dikukus, direbus, atau ditumis dengan menggunakan sedikit minyak.

  1. Menu makan malam

Untuk menu makan malam, anda bisa memberikan menu nasi tim dengan kacang merah dan daging. Terdengar sangat lezat bukan? Cara membuatnya masih sama dengan membuat menu makan pagi dan makan siang, masak hingga mendapatkan tekstur lembut dan lumat.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi menu lengkap untuk si kecil mulai dari pagi hingga malam hari. Beberapa jam setelah makan malam selesai, mungkin si kecil akan merengek karena masih lapar. Anda tidak perlu cemas karena ini merupakan kondisi yang normal. Jika terjadi, anda bisa memberikan makanan selingan seperti buah-buahan atau sayuran dengan tekstur yang tentunya juga lumat. Anda juga bisa memberikan ASI kepada si kecil hingga tidak lagi merengek.

Cara Mudah Menyiapkan Sendiri Makanan Bayi Usia 8 Bulan
Scroll to top