Berapa Batas Normal Kolesterol Bagi Pria dan Wanita

Berapa Batas Normal Kolesterol Bagi Pria dan Wanita

Tubuh manusia pada dasarnya membutuhkan kolesterol untuk menjaga agar tetap sehat. Namun apakah baik jika melebihi batas normal kolesterol dalam tubuh? Tentu jawabannya tidak baik, karena bisa menyebabkan berbagai penyakit yang tentunya tidak bisa dianggap sepele.

Dan mari kita bahas lebih dalam mengenai kadar batas normal kolesterol dalam tubuh, yang mana kolesterol dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis. Apa saja itu? Simak uraian berikut ini.

Jenis-jenis Kolesterol dalam Tubuh

  1. HDL ( Hight Density Lipoprotein) Atau Lemak Baik

Sesuai namanya, lemak ini baik bagi tubuh manusia. Karena salah satu fungsinya adalam mencegah penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak. Penyempitan atau arotema bila tidak ditangani secara serius bisa mengakibatkan berbagai penyakit, mulai dari serangan jantung, stroke, darah tinggi dan masih banyak lainnya. Semakin banyak HDL dalam tubuh, maka tentu kesehatan juga akan semakin baik. Batas HDL dalam tubuh adalah minimal 60 mg/dl. Namun apabila tingkat HDL kurang dari 40 mg/dl justru dapat memicu penyakit jantung.

  1. LDL ( Low Density Lipoprotein) Atau Lemak Jahat

Sesuai namanya pula, bahwa lemak ini tidak baik bagi tubuh. Lemak jahat merupakan salah satu sebab terjadinya arotema, yang mana penyempitan pembuluh darah adalah awal munculnya berbagai penyakit yang membahayakan tubuh.  Karena lemak ini membahayakan maka batas normalnya tidak melebihi 100 mg/dl. Apabila kadar kolesterol jahat pada kisaran 100-129 mg/dl maka ini bisa dikatakan pada ambang batas. Adapun jumlah LDL pada kisaran 130 mg/dl lebih sudah melebihi ambang batas dan membahayakan tubuh.

  1. Trigliserida

Trigliserida merupakan lemak yang juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Semakin rendah kadar trigliserida dalam tubuh maka akan semakin baik bagi kesehatan. Berapa ambang batas trigliserida dalam tubuh? Ya, lemak ini sudah dikatakan pada ambang batas bila berkisar pada 150-199 mg/dl.  Apabila kadar trigliserida dalam tubuh telah berkisar pada angka 200 mg/dl sudah dikatakan pada level tinggi.

  1. Kolesterol Total

Kolesterol total merupakan gabungan dari kolesterol baik, kolesterol jahat, dan trigliserida. Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol total lebih dari 200 ml/dl dan juga HDL kurang dari 40 mg/dl maka Anda disarankan untuk memeriksa keseluruhan, baik LDL dan trigliserida.

Nah itulah beberapa jenis kolesterol dan ambang batas kenormalannya dalam tubuh manusia. Tentunya dengan informasi itu Anda tidak ingin kolesterol melebihi batas kewajaran dalam tubuh. Oleh karena itu penerapan pola hidup sehat sangat diperlukan dalam hal ini.

Sebaiknya hindarilah makanan yang mengandung lemak trans. Makanan yang digoreng, margarin adalah salah satu dari makanan yang perlu dihindari. Selain itu konsumsilah makanan dan minuman yang menyehatkan, yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Minuman Penurun Kolesterol

  1. Jus Alpukat

Selain enak, buah alpukat ini juga memiliki segudang manfaat. Hal ini lantaran dalam alpukat terkandung lemak tidak jenuh, dan juga kaya akan serat. Apabila rutin mengonsumsi jus alpukat, dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Minuman Cokelat

Cokelat memang digandrungi oleh banyak orang, terutama oleh anak-anak dan remaja. Namun siapa sangka jika rutin meminum cokelat ini ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik. Namun ada hal yang harus diwaspadai, hindari minuman cokelat yang banyak mengandung gula. Karena tentunya gula yang berlebih tidak baik bagi tubuh.

  1. Susu Kedelai

Kedelai selain digunakan sebagai bahan pembuatan tahu dan tempe, ternyata juga digunakan sebagai susu. Ya, susu kedelai, minuman yang kini makin menjamur dan digandrungi ini juga tak kalah manfaatnya dari tahu dan tempe. Susu kedelai dopecaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Tentunya bila kita mengonsumsinya secara rutin akan terlihat jelas kasiatnya.

  1. Yogurt

Minuman yang satu ini selain enak di lidah juga menyehatkan. Selain baik bagi usus, yogurt juga mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Tentunya minuman ini akan jelas dirasakan kasiatnya bila Anda mengonsumsinya secara rutin.

Sayuran Penurun Kadar Kolesterol

  1. Bayam

Masyarakat kita sudah begitu mengenal sayuran yang satu ini. Bayam merupakan sayuran yang kaya akan kandungan serat. Dalam satu cangkir bayam, terkandung 6 gram serat. Itu artinya sayuran ini begitu bermanfaat untuk dikonsumsi bagi para pengidap kolesterol tinggi.

  1. Terong

Selain bayam, sayuran yang memiliki banyak serat adalah terong. Dalam terong seberat 94 gram terkandung 2,4 gram serat. Oleh karena itu terong juga layak sebagai sayuran yang bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Lobak

Satu lagi sayuran yang mengandung akan serat, yaitu lobak. Selain banyak disukai oleh banyak orang, sayuran yang satu ini juga mampu menurunkan kolesterol.

Tentunya masih banyak lagi makanan dan minuman yang berguna bagi para pengidap kolesterol tinggi. Namun, selain memanfaatkan makanan dan minuman sehat, Anda juga bisa menggunakan terapi laser untuk menurunkan kadar kolesterol.

Terapi tersebut dalam bentuk jam tangan yang bisa Anda pakai. Jam tangan terapi dr laser gogomall dengan teknologi laser ini memang sudah terpecaya menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Begitulah beberapa kiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan Anda bisa memiliki kesehatan yang tetap terjaga. Terima kasih.

Hilda

Related Posts

Saat Diare, Berapa Kali Bayi BAB Jika  Minum Susu Formula dalam Sehari?

Saat Diare, Berapa Kali Bayi BAB Jika  Minum Susu Formula dalam Sehari?

Tekanan Darah Rendah

Tekanan Darah Rendah

Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Amandel pada Anak

Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Amandel pada Anak

Daftar Jurusan di UNM Bagi Mahasiswa Baru

Daftar Jurusan di UNM Bagi Mahasiswa Baru