Burung Hantu Kecil

Burung Hantu Kecil

 

Burung hantu merupakan salah satu hewan pemangsa yang digemari banyak orang. Tak heran, banyak pecinta burung hantu yang membelinya sebagai hewan peliharaan. Burung hantu juga banyak sekali jenisnya. Beberapa di antaranya memiliki ukuran yang begitu mungil. Burung hantu jenis ini biasanya bernama burung hantu celepuk.

Burung Hantu Celepuk

Celepuk sangat banyak dijumpai di pulau jawa karena memang habitatnya adalah hutan-hutan di pulau jawa. Alhasil, cukup banyak orang yang memilikinya sebagai hewan peliharaan. Namun ternyata, burung hantu celepuk bukanlah jenis burung hantu kecil yang paling kecil. Rupanya ada jenis burung hantu yang lebih kecil lagi di dunia yang bernama burung hantu elf atau burung hantu peri.

Meski sama-sama kecil, burung hantu celepuk meiliki ukuran lebih besar dibanding burung hantu elf. Burung hantu elf biasanya memiliki ukuran sekitar 15 cm dengan berat sekitar 28 gram saja. Betapa kecilnya burung hantu jenis ini. Tak hera,  jika burung hantu elf dikenal sebagai yang terkecil dari beragam burung hantu kecil di dunia.

Dari segi makanan yang dikonsumsinya, tidak ada perbedaan antara burung hantu besar dengan burung hantu elf yang sangat kecil. Burung hantu elf bisa memakan serangga hingga hewan pengerat, seperti tikus, jangkrik, laba-lama, hingga kumbang. Tidak jarang juga, burung hantu elf memakan kalajengking sebagai mangsanya.

Namun demikian, burung hantu kecil yang satu ini tidak bisa Anda temui di Pulau Jawa, karena biasanya burung hantu elf atau burung hantu peri ini hidup di daerah hutan dan gurun di kawasan Texas Barat Daya dan Arizona Selatan. Di daerah tersebut, ia biasa bersarang di tanaman kaktus Saguaro yang sudah berlubang, bekas rumah burung pelatuk yang ditinggalkan.

Beberapa sumber mengatakan, bahwa sebetulnya burung hantu elf habitatnya berada di daerah perbatasan antara Amerika Serikat dan Meksiko. Burung hantu ini juga tidak menjadikan wilayah gurun sebagai habitat utamanya, karena wilayah gurun yang suhunya terlalu panas dan kering yang kurang disukai oleh burung hantu.

 

Hilda

Related Posts

8 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

8 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Informasi Lengkap Tentang Kolam Renang UNY 

Informasi Lengkap Tentang Kolam Renang UNY 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Rumah yang Benar?

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Rumah yang Benar?

Jenis Baju Adat Nias dan Filosofinya

Jenis Baju Adat Nias dan Filosofinya