Biar Tak Mengganggu, Yuk Intip Cara Blokir Nomor HP Tak Dikenal

Biar Tak Mengganggu, Yuk Intip Cara Blokir Nomor HP Tak Dikenal

Perkembang teknologi saat ini sangat membantu manusia dalam melakukan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan handphone. Namun, bukan berarti pemakaian HP tidak ada kendala. Mungkin dari kamu sendiri juga pernah dihubungi nomor tak dikenal yang akhirnya mengganggu privasi. Jika sudah demikian, maka alternatif terbaik yaitu dengan memblokir nomor tersebut. Berikut ini beberapa cara blokir nomor HP asing yang bisa kamu terapkan.

7 Cara untuk Memblokir Nomor Asing

  1. Blokir Lewat Kontak

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memblokir nomor orang asing yaitu melalui kontak HP. Tentunya nomor asing tersebut awalnya tidak tersimpan di kontak handphone yang kamu gunakan. Maka kamu harus menyimpan nomor tersebut terlebih dahulu. Karena memang tidak mengetahui nama pemilik nomor tersebut, maka kamu bisa menggunakan nama asal asalan.

Setelah nomor sudah tersimpan ke dalam kontak, maka selanjutnya buka menu kontak di handphone yang dipakai. Selanjutnya pilih menu, lalu akan ada beberapa pilihan termasuk memblokir nomor tersebut. Pilihan untuk blokir nomor juga bisa ditemukan di bagian bawah tampilan kontak. Jika sudah yakin ingin memblokirnya, maka kamu akan diminta memilih lanjut untuk pemblokiran nomor yang tak dikenal.

  1. Blokir Lewat Riwayat Panggilan

Jika tidak ingin menyimpan nomor asing di kontak handphone, maka kamu bisa langsung memblokir nomor tersebut melalui riwayat panggilan. Cara blokir nomor HP ini terbilang sangat mudah dan cepat. Biasanya nomor asing yang sering menghubungimu akan berada di berada di bagian riwayat panggilan paling atas. Langkah pertama untuk blokir nomor dengan cara ini, yaitu dengan membuka riwayat panggilan di handphone.

Selanjutnya tekan pilihan “rincian” atau blok terlebih dahulu nomor tersebut. Setiap handphone memiliki pengaturan yang berbeda beda, sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan handphone yang kamu gunakan. Selanjutnya. Pilih opsi “blokir nomor ini” yang terletak di bagian paling atas. Dengan demikian, secara otomatis nomor tersebut sudah terblokir dan tidak bisa menghubungimu lagi.

  1. Blokir Nomor lewat Pesan

Jika nomor yang mengganggu sering menghubungi melalui pesan SMS, dan bukan telepon. Maka cara memblokir lewat pesan merupakan pilihan yang tepat. Selain itu, cara ini juga dapat dipilih jika kamu tidak mau menyimpan kontak si pengirim pesan. Pertama tama, buka pesan target yang ingin diblokir, lalu klik menu rincian atau menu selanjutnya.

Kemudian masuk di bagian yang akan mengarahkanmu untuk menyimpan nomor tersebut. Selanjutnya, pilih menu “ blokir nomor ini” secara langsung sebelum menyimpan nomor tersebut di kontak handphone. Setelah melakukan cara blokir nomor HP ini, maka nomor asing tersebut tidak akan bisa mengganggumu lagi, sehingga kamu lebih aman saat menggunakan handphone.

  1. Menggunakan Aplikasi Call Control

Memblokir nomor asing juga dapat dilakukan dengan dengan menggunakan bantuan aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa kamu pilih yaitu aplikasi call control. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu memiliki ukuran yang kecil, sehingga tidak akan menghabiskan kapasitas penyimpanan. Dan yang tidak kalah menarik yaitu, kamu dapat mengetahui identitas dari pemilik nomor asing tersebut.

Sebelum menggunakan aplikasi ini, maka terlebih dahulu kamu harus mengunduh dan memasangnya di HP yang kamu gunakan. Setelah terinstal, buka aplikasi kemudian klik dan pilih menu “allow” atau “izinkan. Kamu akan diminta mengikuti prosedur dan langkah yang diberikan oleh aplikasi tersebut, sebelum melakukan pemblokiran pada nomor asing yang menghubungimu.

  1. Menggunakan Aplikasi Calls Blacklist

Aplikasi ini memiliki ukuran hanya sekitar 2,77 MB sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu cara blokir nomor HP asing. Setelah mengunduh dan memasang aplikasi ini di perangkatmu, kamu bisa membuka aplikas dan mengikuti langkah langkah yang diminta. Selanjutnya, aplikasi akan meminta izin untuk mengalihkan pengaturan mesin telepon, lalu pilih OK.

Pilih simbol “+” yang berada di pojok kanan atas dan pilih dari mana kamu akan mengambil nomor telepon tersebut. Jika nomor asing tersebut belum disimpan, maka pilih menu “from call log”. Selanjutnya pilih nomor yang ingin diblokir. Dengan demikian, secara otomatis nomor tersebut akan terblokir. Jika ingin membatalkan pemblokiran, maka kamu bisa melakukan dengan klik dan tahan agak lama dan pilih menu delete.

  1. Menggunakan Aplikasi Mr. Number

Selain beberapa aplikasi di atas, kamu juga bisa menggunakan cara blokir nomor HP dengan aplikasi Mr. Number. Aplikasi ini dapat digunakan baik perangkat yang menggunakan sistem android maupun iOS. Fitur pada aplikasi ini yaitu mengelompokkan nomor telepon menjadi beberapa kategori, seperti scam/fraud, international number, hidden number, hingga not in my contacts. Sebelumnya, kamu harus mengunduh dan memasang aplikasi ini terlebih dahulu di perangkat.

Kemudian buka aplikasi, dan isi data meliputi nama negara, kode negara dan nomor telepon. Selanjutnya, tekan OK dan pilih menu ikon larangan atau no. Adapun fitur blacklist pada aplikasi ini dibagi menjadi tiga tab yaitu hang up untuk memblokir secara otomatis, voicemail untuk mengalihkan penelpon ke kontak pesan suara dan Exceptions untuk mengelompokkan nomor yang tidak diblokir. Lakukan updetan ke versi terbaru agar dapat menikmati fitur fitur terbaru dari aplikasi.

  1. Menggunakan Aplikasi AntiNuisance

Cara selanjutnya sama yaitu memblokir nomor dengan menggunakan aplikasi, yaitu aplikasi Anti Nuisance. Sama dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga memiliki ukuran yang kecil hanya 2,5 MB saja. Tidak hanya menawarkan jasa blokir nomor asing, cara blokir nomor HP dengan aplikasi ini, juga dapat digunakan untuk mengatur jadwal kapan nomor kamu bisa dihubungi ataupun tidak.

Langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan mengunduh dan memasang aplikasi AntiNuisance di perangkat yang kamu gunakan. Kemudian lanjut dengan membuka aplikasi dan blok nomor kontak yang ingin diblokir, lalu ikuti langkah sesuai prosedur. Maka kontak yang dipilih akan masuk dalam nemu blacklist dan tidak akan bisa mengganggu lagi.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk memblokir nomor yang tidak asing. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, sehingga kamu bisa memilih cara yang paling tepat. Untuk mencegah agar tidak ada nomor asing yang menghubungimu, maka sebaiknya jangan menyebar nomor telepon dengan mudah terutama di media sosial seperti facebook, IG maupun twitter.

Hilda

Related Posts

6 Tips Menjadi Foto Model

6 Tips Menjadi Foto Model

Cara Menghilangkan Notifikasi di Laptop dengan Aman Dan Mudah

Cara Menghilangkan Notifikasi di Laptop dengan Aman Dan Mudah

Sudah Tahu Cara Setting Kamera DSLR ? Yuk Intip Ulasannya Disini

Sudah Tahu Cara Setting Kamera DSLR ? Yuk Intip Ulasannya Disini

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Rusak Sebagian

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Rusak Sebagian