Cara Melakukan Lompat Harimau

Cara Melakukan Lompat Harimau

Harimau merupakan salah satu pemangsa dengan teknik pemburuhannya yang sudah tidak diragukan lagi, hewan dengan predikat predator ini memiliki kemampuan berlari dan melompat yang sangat handal. Teknik lompatannya bahkan hingga dijadikan salah satu nama dalam olahraga.

Bagi Anda yang menyukai olahraga, sudahkah Anda mencoba untuk melakukan lompatan harimau? Ya, memang loncatan harimau dimasukan menjadi salah satu bentuk olahraga, lompat harimau dikategorikan kedalam jenis senam lantai bersama dengan roll depan, roll belakang, sikap kayang dan sikap lilin.

Diperlukan beberapa teknik untuk melakukan lompat harimau, adapun beberapa cara melakukan lompat harimau yaitu dibagi menjadi beberapa tahapan, pertama awalan, kemudian tolakan dan loncatan, gulingan dan yang terakhir yaitu akhiran. Untuk penjelasan mengenai tahapannya adalah sebagai berikut.

Awalan, teknik awalan untuk lompat harimau yaitu dilakukan dengan pertama memposisikan badan dan pandangan menghadap ke depan, kemudian mengambil ancang ancang sesuai dengan kecepatan yang ingin dicapai, lalu bersiap untuk melakukan tolakan. Setelah sampai pada tahap ini, kemudian melanjutkannya kepada tahap berikutnya yaitu tolakan dan loncatan.

Tolakan dan loncatan. Pada tahap ini hal yang perlu dilakukan yaitu dengan melakukan tolakan menggunakan kedua kaki dengan memposisikan pergelangan kaki dan tungkai kaki pada bengkokan dan apabila sudah pada posisi yang sesuai, mulailah untuk loncatan ke atas dan ke depan. Segerakan melakukan ayunan ke arah depan dengan menggunakan lengan Anda.

Tahapan berikutnya yaitu tahap gulingan, tahap ini adalah tahap dimana gerakan sudah mulai ke arah depan. Untuk melakukan tahapan ini, Anda dapat memulainya dengan mulailah untuk menyegerakan kepala dengan memasukannya hingga dagu menyentuh dada, kemudian mulailah berguling dengan memposisikan pundak menyentuh matras terlebih dahulu. Dan bila tahapan sudah dilakukan, maka gulingan akan terjadi dengan baik.

Tahap yang terakhir yaitu tahap akhiran, tahap ini merupakan tahap finishing atau penyelesaian dari melakukan lompatan harimau. Untuk tahapan ini, cara melakukannya yaitu dengan mengakhiri gulingan yang merupakan tahap sebelum dari tahap akhiran dalam posisi jongkok dengan posisi tangan diluruskan ke depan.

Tahapan akhiran dapat dilakukan dengan beberapa versi. Untuk tahapan akhiran, tahapan ini dilakukan dalam posisi jongkok bagi pemula olahraga lompat harimau, dan untuk beberapa orang yang telah ahli dan sering melakukan lompat harimau, akhiran biasanya dilakukan dengan finishing berdiri.

Itulah beberapa cara melakukan lompat harimau, bagi Anda yang ingin mencoba melakukan lompat harimau, utamakan keselamatan Anda ya.

 

Hilda

Related Posts

Cara Melatih Bayi Cepat Bicara – Tips Bagi Orang Tua

Cara Melatih Bayi Cepat Bicara – Tips Bagi Orang Tua

Bahaya Telur Puyuh Untuk Bayi

Bahaya Telur Puyuh Untuk Bayi

fallback-image

Timothy Castagne yakin Leicester menemukan titik lemah West Brom di babak kedua

Faktor-Faktor Mengapa Bayi Terlambat Tumbuh Gigi

Faktor-Faktor Mengapa Bayi Terlambat Tumbuh Gigi