Cara Melihat Traffic Yang Didapatkan Website

Mengetahui jumlah traffic dari sebuah website akan memberikan gambaran tentang kemajuan sebuah situs. Selain itu, ini menjadi penjelas bahwa aktivitas yang Anda kerjakan memang tepat. Lalu, bagaimana cara melihat traffic website yang paling mudah?

Website dibangun untuk berbagai tujuan. Salah satunya untuk jualan. Dan jualan akan laku ketika situs mulai dikunjungi oleh users. Kunjungan user ke situs ini dinamakan dengan traffic. Dan khusus untuk pembuatan website, sebaiknya buat website yang terpercaya dengan menyediakan domain dan hosting. Ini bisa Anda dapatkan di layanan hosting murah.

Nah, traffic ini bisa datang dari mana saja. Ini tidak lepas dari pengaruh strategi yang digunakan oleh pemilik situs. Contohnya ialah melalui media sosial, SEO hingga traffic berbayar seperti mengiklankan situs di Adwords.

Manfaat Mengetahui Lalu Lintas Situs

Memahami jumlah traffic dari situs tentunya sangat bermanfaat. Tidak hanya untuk pemilik situsnya, melainkan juga bagi users. Untuk menjelaskannya, kami akan menunjukkan apa saja manfaat yang didapatkan oleh keduanya.

  1. Manfaatnya Bagi Pemilik Situs

Pemilik situs tentunya ingin melihat kemajuan dari situs yang dikelola. Lantas, pemiliknya akan melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya. Salah satunya ialah mengoptimalkan mesin pencari.

Lalu, apa kaitannya dengan traffic? Traffic akan muncul ketika pengoptimalan mesin pencari berhasil. Hasil yang didapatkan berupa traffic organic yang mana ditandai dengan munculnya situs di halaman utama Google.

Dan perlu diingat bahwa pengoptimalan ini melibatkan kata kunci. Keyword ini diolah menjadi artikel supaya bisa muncul di halaman pencarian. Tentunya, berbagai optimasi dilakukan untuk mendukungnya.

Sejalan dengan naiknya keyword, ini bisa dianalisa oleh pemiliknya. Analisa inilah yang akan memberikan gambaran tentang keberhasilan metodenya. Kalaupun ada yang kesulitan untuk naik, pemiliknya bisa mendorongnya dengan strategi lain. Atau, pemilik bisa memperbaikinya agar mampu bersaing di halaman teratas.

Begitu pula ketika situs mulai naik, analisa tetap dilakukan untuk memastikan berapa banyak kunjungannya. Karena bila berada di posisi terdepan tetapi tidak mengundang traffic, tentunya ini menjelaskan bahwa ada kesalahan kecil. Contohnya ialah judul ataupun deskripsinya kurang menarik sehingga kedua bagian inilah yang akan diperbaiki.

  1. Manfaatnya Bagi Pengguna Internet

Sementara itu, pengguna internet lainnya terkadang perlu mengetahuinya. Ada dua alasan kenapa users mencari informasi ini.

Pertama, users ingin memastikan bahwa situs tersebut memang populer dan kaya akan informasi. Bahkan, informasinya memang seperti harapannya. Yakni bisa memecahkan masalah yang sedang dialami oleh users.

Kedua, users ini hanya ingin melihat konten mana yang paling banyak di akses oleh users lainnya. Tujuannya ialah mengintip kata kunci serta bagaimana  optimasinya.

Tindakan ini dilakukan untuk membantunya dalam menerapkan strategi. Sederhananya, user ini tidak lain merupakan competitor. Dan pesaing ini akan mencoba cara yang lebih bagus untuk memenangkan kata kunci di halaman pencarian.

Cara Memeriksa Traffic Sebuah Website

Faktanya, ada banyak sekali cara melihat traffic website di internet. Kesemuanya membutuhkan bantuan tools. Tools ini akan merayapi situs, kemudian menampilkan hasilnya. Mulai dari berapa besar jumlah traffic per bulan, hingga halaman mana saja yang memiliki jumlah kunjungan lebih besar.

Salah satu tools yang biasa digunakan ialah Google Analytic. Tools ini tentu saja hanya bisa dilihat oleh pemilik situs. Karena pemiliknya yang memiliki akses masuk dari layanan yang telah dihubungkan dengan situs.

Cara menengoknya juga sangat mudah. Pemiliknya hanya perlu masuk ke dashboard. Dari sini, data tentang active users akan tersaji. Jumlahnya akan terlihat beserta dari mana user berasal hingga perangkat yang digunakan.

Untuk memberikan gambaran lebih detail, silahkan tekan menu audiens. Kemudian pilih menu overview. Dari sini, Anda bakalan menemukan berapa persentase users baru yang masuk, halaman yang dikunjungi users, hingga rata-rata jumlah pengunjung di situs. Tentunya, Anda bisa mengatur durasi pemeriksaan semisal kunjungan selama 30 hari sebelumnya.

Selain menggunakan Google Analytic, Anda bisa memanfaatkan tools lain. Salah satunya adalah ubersuggest.

Anda hanya perlu mengetik nama domain di kolom pencarian. Dan data akan tersaji. Contohnya ialah jumlah kunjungan, hingga halaman teratas yang sering dikunjungi oleh users. Bahkan, Anda juga bisa melihat ide kata kunci yang digunakan oleh situs tersebut.

Sejauh ini, tools ini bisa di akses secara gratis. Hanya saja, ada batasan dalam penggunaannya.

Tetapi jika Anda ingin mendapatkan layanan yang lebih mendalam dan tidak terbatas, silahkan untuk melakukan pembelian. Dengan membeli layanan tersebut, Anda bisa melakukan apapun terkait situs. Baik melihat traffic hingga melihat kata kunci potensial.

Itulah cara melihat traffic website yang bisa Anda coba. Jika Anda ingin mendapatkan hasil paling lengkap, gunakan tools secara berbayar.

Cara Melihat Traffic Yang Didapatkan Website
Scroll to top