Wajib Tahu! 4 Buah Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan seorang ibu biasanya direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan sehat. Namun, tidak jarang untuk memperhatikan makanan apa saja yang dilarang untuk dikonsumsi, padahal hal ini juga krusial karena dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin. Berikut simak ulasan tentang jenis buah yang tidak baik untuk ibu hamil.

Daftar Buah yang Tidak Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

  1. Anggur

Siapa yang tidak mengenal buah satu ini, buah yang memiliki kandungan serat yang baik dikonsumsi bagi orang yang sedang diet. Namun, siapa yang menyangka jika buah ini menjadi pantangan tersendiri untuk ibu yang sedang mengandung janin. Anggur sendiri mengandung resveratrol.

Resveratrol sendiri bisa menyebabkan kondisi yang tidak stabil bagi hormon ketika dalam masa kehamilan. Sehingga bisa menyebabkan mood swing yang berlebihan jika dikonsumsi secara berlebihan pula. Anggur juga dipercaya dapat meningkatkan suhu temperature yang  dapat berdampak buruk bagi ibu dan janin.

  1. Durian

Buah yang memiliki aroma sangat menyengat ini ternyata menjadi salah satu buah yang tidak baik untuk dikonsumsi. Mengonsumsi secara berlebihan dapat membahayakan kehamilan. Jika seseorang memakan durian namun tidak sadar batasnya maka, kandungan asam arachidonat serta alkohol bisa membuat temperatur tubuh meningkat.

Temperatur tubuh yang meningkat dapat menyebabkan kontraksi yang berlebihan pada rahim, hingga menyebabkan cacat lahir. Ibu yang sedang hamil bukan berarti dilarang untuk memakan durian sama sekali, namun harus bisa memakannya dalam porsi yang wajar saja, tidak jumlah yang berlebihan.

  1. Pepaya Muda

Pepaya sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu dan janin, namun berbeda dengan papaya mentah yang termasuk buah yang tidak baik untuk ibu hamil. Pepaya muda yang memiliki kulit yang masih hijau, mengandung banyak sekali getah, lateks yang tinggi dan enzim papain.

Lateks yang terdapat pada pepaya muda dapat memicu terjadinya kontraksi yang berlebihan pada ibu ketika hendak melahirkan. Selain itu, hal ini dapat memicu terjadinya persalinan yang pre-mature atau persalinan yang lebih cepat dari waktu yang sudah ditentukan. Lahir pre-mature juga memiliki resiko yang tinggi, salah satunya adalah lahir cacat.

  1. Nangka

Ibu yang sedang hamil wajib menghindari buah yang satu ini. Buah nangka memang memiliki rasa yang enak, selain sensasi memakan yang renyah. Buah yang hampir serupa dengan durian ini ternyata menjadi buah yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil. Tidak berbeda dengan durian, terlalu banyak mengonsumsi buah ini dapat menimbulkan kontraksi dan rasa panas pada rahim.

Empat buah diatas merupakan buah yang harus dihindari ketika Anda sedang hamil. Tidak semua buah baik untuk kesehatan janin, terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu akan memberika efek yang berkepanjangan tidak hanya untuk ibu tetapi juga janin. Ibu hamil harus berhati-hati terhadap makanan yang dikonsumsi.

Wajib Tahu! 4 Buah Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil
Scroll to top