Yuk Simak 6 Ide Teras Rumah Limasan Ala Arsitektur Tradisional yang Paling Diminati

Teras hunian limasan merupakan arsitektur tradisional Jawa yang bentuknya elegan dan klasik. Bentuk limasan Jawa ini sangat unik karena menggunakan perpaduan alam dan beberapa elemen lainnya. Hal tersebut akan membuat tampilan bagian rumah lebih menarik. Jika anda ingin menggunakan desain teras rumah limasan, simak ulasan berikut.

Enam Inspirasi Teras Hunian Limasan Ala Arsitektur Jawa 

  1. Desain Limasan Trajumas Lawakan

Desain beranda hunian limasan merupakan salah satu eksterior yang paling banyak diminati sebagian orang. Sebab, konsep ini menampilkan struktur bangunan yang unik dan berbeda dari lainnya. Bagian depan hunian ini memang harus didesain semenarik mungkin karena mencerminkan tampilan rumah secara keseluruhan.

Memang benar ada berbagai macam jenis desain yang bisa digunakan, tetapi desain limasan Trajumas Lawakan lebih menampilkan hunian estetik. Desain ini juga dikenal dengan istilah emperan oleh orang Jawa. Hal yang membedakan ide ini dengan yang lainnya adalah kemiringan dari struktur bangunan.

Kemudian, perbedaan bisa juga dilihat dari bentuk atapnya. Pada bagian utama hunian akan dikelilingi dengan empat sisi tiang. Tentunya sisi yang ada di teras depan lebih kecil dari sisi utamanya. Kurang lebih terdapat empat hingga enam tiang yang digunakan. Bahan untuk mengaplikasikan teras ini bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya,

  1. Desain Limasan Lambang Teplok

Desain limasan yang bisa anda jadikan sebagai referensi beranda hunian selanjutnya adalah Lambang Teplok. Desain ini mempunyai tampilan yang menyerupai panggung. Meskipun begitu, anda tidak perlu untuk membuat hunian didesain layaknya panggung. Anda bisa mengaplikasikannya hanya pada bagian depan teras rumah dengan anak tangga bertingkat.

Desain beranda ini tampak seperti memiliki level. Jadi, bentuk berandanya juga akan mengikuti desain rumah. Anda bisa membentuk desain ini dengan anak tangga yang menyamping. Ada konsep limasan lambang teplok yang memiliki anak tangga pada bagian depan. Hal tersebut yang membuat teras tampak lebih tinggi walaupun desain rumah anda biasa saja.

Namun, tidak dipungkiri juga desain ini akan sangat cocok dengan desain hunian yang menggunakan pondasi rumah panggung. Selain itu, penggunaan kayu pada tiang juga sangat penting untuk membuat konsep ini. Tidak berhenti sampai di situ saja, sebagai sentuhan akhir maka atap bisa didesain lebih renggang agar tampak lebih menarik.

  1. Desain Limasan Modern

Desain selanjutnya merupakan limasan berkonstruksi modern. Beranda hunian yang mengusung konsep limasan bisa dipadukan dengan unsur modern. Perpaduan ini biasanya menggunakan berbagi elemen dari alam dan lainnya. Hal tersebut akan membuat tampilan tampak depan hunian anda lebih menarik dan cantik.

Pada umumnya, untuk membuat sebuah desain limasan bahan yang digunakan adalah kayu. Namun, desain limasan modern akan menggunakan material yang berbeda. Tiang yang dipasang di depan hunian anda bisa menggunakan material  penyangga seperti semen dan batu. Sehingga akan menampilkan kesan modern yang lebih menonjol pada teras rumah.

Tidak berhenti sampai di situ saja, anda juga bisa menggunakan dinding bata pada beranda depan hunian. Tiang yang menggunakan bahan bata bisa dibuat dengan ukuran yang lebih besar. Untuk tetap mempertahankan kesan tradisional, anda juga bisa melengkapinya dengan pagar kayu. Beberapa desain teras rumah lainnya bisa anda akses melalaui laman gabdearq.com.

  1. Desain Limasan Trajumas dengan Sentuhan Modern

Desain limasan trajumas merupakan salah satu ide yang paling digandrungi banyak orang. Khususnya, orang yang mengusung tema tradisional Jawa pada hunian. Desain rumah limasan trajumas biasanya menggunakan enam buah tiang penyangga utama. Mulai dari bagian beranda depan hunian hingga bagian belakang tempat tinggal.

Bagian tiang bisa menggunakan elemen alami seperti kayu tua atau kayu jati. Selain itu, desain yang diusung konsep ini biasanya dibuat cukup longgar dan nyaman dengan menempatkan pintu utama di bagian tengah. Agar penggunaan bahan kayu tidak berkesan monoton, maka bisa dipadukan dengan lantai batu alam atau keramik.

  1. Desain Limasan untuk Bungalow

Bungalow merupakan jenis hunian satu lantai yang bisa mengusung berbagai tema, termasuk rumah berkonsep limasan. Desain hunian limasan banyak digunakan untuk membuat bungalow lengkap dengan bagian berandanya. Konsep ini sangat mudah untuk diterapkan jika ingin membuat tampilan depan hunian Anda yang berbeda.

Desain limasan juga sering diaplikasikan banyak orang di Indonesia untuk bungalow dan dibangun beserta berandanya juga. Ide konstruksi teras yang satu ini, umumnya dibuat dengan konsep sederhana. Dimulai dari menggunakan tiang kayu sebagai penyangga dengan ukuran yang lebih kecil hingga memasang beberapa ornamen di depan rumah.

Poin utama untuk menggunakan desain limasan bungalow adalah tidak ditempatkan di tengah hunian. Akan tetapi, diaplikasikan di samping hunian dan dilengkapi dengan anak tangga. Sedangkan di sisi sebelah pintu utama bagian depan hunian bisa dijadikan ruang untuk beranda. Untuk mempercantik tampilan, anda bisa memasang beberapa lampu gantung.

  1. Desain Limasan Lambang Sari

Desain yang satu ini merupakan konsep limasan yang paling unik dibanding dengan yang lainnya. Pasalnya, bentuk atap limasan lambang sari mempunyai balok khusus untuk menghubungkan bagian atap dengan atap penahan. Berdasarkan bentuk atapnya, hunian ini pun mempunyai bentuk dan penataan yang berbeda.

Selain desain atap yang unik, beranda limasan lambang sari juga menggunakan tiang penyangga. Anda bisa menggunakan kurang lebih sekitar 16 tiang. Bagian depan desain beranda limasan dapat dipasang dua tiang utama. Selebihnya, tiang bisa dipasang menyesuaikan konsep awal limasan lambang sari.

Bagian depan teras rumah bisa didesain dengan menempatkan pintu utama yang diletakkan di bagian tengah. Selain itu, agar konsep ini lebih menarik, maka anda dapat menambahkan dengan tanaman yang cantik. Karena, beranda limasan ini juga menggunakan unsur kayu di bagian tiangnya. Seperti penggunaan berbagai jenis kayu yaitu, nangka, sonokeling, dan jati.

Itulah enam inspirasi beranda hunian limasan ala Jawa yang bisa anda terapkan. Penggunaan desain ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan unsur tradisional. Elemen alami seperti kayu menjadi poin utama untuk membuat desain seperti ini. Namun, anda juga bisa mengaplikasikan beberapa elemen modern seperti keramik, batu bata, dan lain sebagainya.

Yuk Simak 6 Ide Teras Rumah Limasan Ala Arsitektur Tradisional yang Paling Diminati
Scroll to top