Cara Membersihkan Empeng Bayi dengan Mudah

Kesehatan bayi memang perlu diperhatikan oleh para ibu. Hal ini karena bayi memiliki sensitivitas yang cukup tinggi sehingga rentan mengalami iritasi dan ruam. Oleh karena itu, pastikan semua peralatan yang digunakan sudah steril dan bersih sepenuhnya. Jangan sampai si bayi terkena infeksi tertentu karena kebersihan peralatan tidak dijaga dengan baik.

Salah satu benda yang harus diperhatikan dengan baik kebersihannya adalah empeng bayi. Benda yang satu ini memang harus dibersihkan setiap hari. Ada beberapa cara membersihkan empeng bayi dengan mudah yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Mencuci

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencuci empeng dengan menggunakan air hangat dan juga sabun cuci khusus untuk bayi. Air hangat dianggap sebagai cara yang efektif untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada pada empeng. Dalam mencuci empeng bayi, Anda perlu memastikann jika peralatan yang digunakan dalam keadaan steril. Selain itu, tangan Anda juga harus dalam keadaan bersih.

  1. Mengeringkan

Setelah mencuci empeng hingga bersih, langkah selanjutnya adalah mengeringkan empeng dengan menggunakan lap bersih. Hal ini perlu dilakukan agar empeng bayi bisa bersih dengan maksimal. Selain itu, Anda juga perlu mengecek kondisi empeng. Jika sudah rusak atau robek, Anda perlu menggantinya dengan empeng baru.

  1. Sterilisasi

Sterilisasi perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan empeng bayi. Saat ini sudah banyak alat sterilisasi empeng bayi yang bisa Anda beli di toko peralatan bayi. Dengan menggunakan alat ini, maka empeng bayi akan langsung steril dalam waktu singkat. Apabila sudah disterilkan, Anda dapat menyimpannya di tempat yang higienis. Jadi, empeng akan tetap bersih hingga nantinya digunakan kembali.

Demikian tiga cara membersihkan empeng bayi dengan mudah. Selain menjaga kebersihan empeng bayi, Anda juga perlu mengganti empeng bayi secara berkala. Empeng yang digunakan terlalu lama bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Anda juga harus memastikan jika empeng yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan aman digunakan untuk si kecil.

 

Cara Membersihkan Empeng Bayi dengan Mudah
Scroll to top