Apakah kalian tertarik berternak bebek dan memproduksi telur bebek industry rumah tangga? Tapi kalian belum tahu cara meningkatkan produksi telur bebek agar hasil panen telur maksimal? Jika ilmu ini belum kalian miliki saat ini silahkan simak beberapa tips dan cara produksi telur bebek dengan panen yang maksimal berikut ini.

Diperlukan air yang cukup untuk berternak bebek petelur. Permintaan asupan air harian adalah 3-4 kali jumlah konsentrat. Sebelum melepaskan bebek ke dalam kolam, bebek harus minum air segar yang cukup. Pada hari-hari panas, jumlah makanan yang dikonsumsi berkurang, kebutuhan asam amino tambahan dan persiapan suplemen elektrolit. Untuk Cara Meningkatkan Produksi Telur Bebek kalian membutuhkan beberapa parameter cara ternak bebek petelur berikut ini.

1. Pilih bebek pembibitan

Pilih bebek untuk dikembangbiakkan pada usia 21-22 minggu. Sehingga tingkat eliminasi lebih rendah daripada waktu mengambil gilt. Ganti bebek yang tidak berkualitas seperti terkena penyakit, penampilan cacat. Bebek jantan dan betina dipilih harus kualitas terbaik dengan perbandingan 1: 5, 5 – 6. Ketika mereka akan melahirkan, bebek telah selesai berganti bulu.

2. Pilih Kandang Terbaik

Dalam berternak bebek petelur Anda juga harus memiliki jenis kandang bebek terbaik yang terdiri dari kandang – pekarangan – tambak, kandang di tambak. Kotak sarang untuk betina bertelur terbuat dari kayu atau bambu, di setiap kotak dengan dimensi 40 x 60 x 40 cm. Rata-rata, setiap plot memiliki 4-6 betina.

3. Makanan dan minuman

Pakan untuk bebek petelur terdiri dalam dua bentuk umum:

  • Pemberikan pakan dengan campuran pelet dan sumber makanan alami seperti siput segar, dan beras.
  • Pemberian pakan sepenuhnya dengan pakan campuran (pakan pelet).

Hindari terus-menerus mengubah jenis makanan, karena dapat mempengaruhi kinerja bebek petelur. Penting bahwa sumber makanan stabil dalam hal kualitas, dan bahan input untuk produksi pakan memiliki kualitas dan kebersihan yang baik.

Memberi makan 2 kali makan / hari. Beri makan bebek pada waktu yang dingin.

Gunakan palung kayu, panci bergelombang dari besi atau baja. Palung kayu atau seng dengan panjang 2 meter sudah cukup untuk 70 hingga 100 bebek. Hindari memberikan makanan saat hujan atau saat siang hari untuk melindungi kualitas makanan.

Diperlukan air yang cukup untuk bebek petelur. Permintaan asupan air harian adalah 3-4 kali jumlah konsentrat. Sebelum melepaskan bebek ke dalam kolam, bebek harus minum air segar yang cukup. Dapat menggunakan palung minum buatan sendiri yang terbuat dari seng, tembikar atau palung minum otomatis. Pada hari-hari panas, jumlah makanan yang dikonsumsi berkurang, kebutuhan asam amino tambahan dan persiapan suplemen elektrolit.

Cara Meningkatkan Produksi Telur Bebek
Scroll to top