Memilih jenis tanaman rambutan yang sering di minati

Pohon rambutan sangat mudah di temui di beberapa negara tropis, dengan mudahnya di temui buah tersebut,akhirnya malah menjadikan buah rambutan laku diperjual belikan, karena tidak semua orang mempunyai pohon rambutan di lahan rumahnya. Terkadang permintaan pasar tidak menentu, artinya jika mempunyai pohon rambutan dan memasuki masa panen, apakah rambutan kita cocok untuk menjawab kebutuhan pasar, oleh karena itu kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis tanaman rambutan yang diminati.

Membaca kebutuhan pasar

Untuk langkah awal jika kita ingin menanam pohon rambutan, tidak salah jika kita survei kondisi pasar terlebih dahulu, dan saya yakin akan terasa bingung jika nanti ketika dipasar kita di hadapkan dengan buah rambutan yang hampir mirip, guna melakukan survei adalah kita membaca peluang yang prospek dari beberapa jenis buah tersebut, buah rambutan jenis apa yang mempunyai kekuatan membuat pasar. Berikut adalah beberapa jenis tanaman rambutan yang sering jual di pasaran.

Rambutan Garuda

Rambutan jenis garuda adalah salah satu hasil alam asal dari daerah sungai Andai, kalimantan selatan, buah rambutan jenis ini mempunyai keunggulan rasa yang manis, dengan buanya yang tebal dan besar. Buah rambutan jenis garuda sendiri mempunyai ciri warna kulit merah dan kuning pada ujung rambutnya, selain manis, buah rambutan tersebut mempunyai buah cenderung kering jika dibandingkan dengan jenis buah rambutan yang lain.

Rambutan Rapiah

yang kedua rambutan jenis rapiah, yang mana tidak kalah lezatnya juga dengan rambutan yang lain, makanya banyak yang mengatakan rambutan jenis rapiah ini sangat disukai oleh masyarakat indonesia,karena selain buahnya yang kecil, rambutan jenis rapiah ini memiliki rasa yang sangat manis dan juga buahnya sendiri tebal, kenyal, dan sedikit lebih renyah. Selain itu biji buah rambutan tersebuat sangat gampang terlepas dengan daging atau buahnya sendiri. Sehingga itu menjadi keunggulan tersendiri bagi orang indonesia yang menyukai buah rambutan jenis rapiah. Buah rambutan rapiah ini juga memiliki khaspada kulitnya, disana terdapat suatu garis dan warna kulit buahnya sendiri mempunyai warna merah kekuningan dengan rambut yang lebih pendek, jarang dan lebih kasar.

Itulah sedikit ulasan tentang beberapa jenis tanaman rambutan yang jika suatu saat nanti kalau ditanam buahnya mampu mencukupi kebutuhan pasar, semoga menambah wawasan kita tentang rambutan.

Memilih jenis tanaman rambutan yang sering di minati
Scroll to top