Jenis Kerusakan Pada Jam Digital Dan Cara Mengatasinya

Jenis Kerusakan Pada Jam Digital Dan Cara Mengatasinya

Salah satu fungsi jam masjid ialah sebagai penunjuk waktu sholat. Ketika penanda ini mengalami kerusakan, sudah semestinya diperbaiki. Lalu, seperti apa cara perbaiki jam digital masjid?

Jenis jam ini bisa dipesan langsung di pabrik jam masjid. Produsen akan membuatkan jam dengan kustomisasi sesuai keinginan. Contohnya dengan meletakkan nama masjid agar terlihat ekslusif.

Jam digital kini dipilih oleh sebagian takmir masjid. Selain memberikan keseimbangan pada gaya arsitektur modern, jam ini juga lebih awet. Bahkan, tidak perlu setting berulang kali untuk mengetahui jadwal sholat.

Walaupun begitu, Anda juga perlu menyadari bahwa jam tersebut merupakan produk digital. Ada kemungkinan jika suatu saat akan mengalami kerusakan. Di sini, kami akan menunjukkan beberapa jenis kerusakan serta cara memperbaikinya.

Notifikasi Berbunyi Tanpa Henti

Setiap kali masuk waktu sholat, jam digital akan memberitahukan pada jemaah dengan suara khasnya. Suara ini biasanya didengar dalam rentan waktu tertentu.

Bunyi notifikasi ini juga muncul ketika memasuki waktu iqomah. Dan notifikasi seperti ini biasanya perlu disetting dari awal.

 

Notifikasi ini sangat berguna. Notifikasi tersebut akan membantu takmir masjid supaya segera mengumandangkan adzan dan iqomah.

Tetapi, ada sebagian kasus yang mana suara ini malah tidak berhenti. Durasinya terlalu panjang sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi jamaah.

Gangguan seperti ini tentunya harus diminimalkan. Selain membuat telinga sakit, kekhusyuan dalam menunaikan kewajiban sholat akan sulit diwujudkan.

Ketika Anda menemukan masalah tersebut, segeralah untuk memperbaikinya. Nah, bagaimana cara perbaiki jam digital masjid tersebut?

Cara yang paling masuk akal adalah dengan mereset ulang. Matikan terlebih dahulu jam tersebut ketika memasuki waktu sholat.

Setelah sholat berakhir dan kondisi masjid sepi, segeralah untuk menanganinya. Reset ulang jam digital. Kemudian uji kembali hasil perbaikannya.

Apabila Anda kesulitan, Anda bisa menghubungi pihak pembuatnya. Konsultasikan mengenai permasalahan tersebut. Dari sini, pembuatnya akan memandu Anda dalam memperbaikinya.

Ketika terdapat kerusakan pada beberapa bagian, Anda bisa memesan suku cadangnya. Suku cadang ini bisa dipesan pada pembuatnya. Karena sebagian suku cadang terkadang tidak bisa dijumpai di toko elektronik sekitar Anda.

Penanda Waktu Sholat Tidak Tepat

Perlu diketahui bahwa setiap barang elektronik selalu memiliki kelemahan. Pihak produsen tentunya tidak memberikan jaminan produknya berkualitas 100%. Karena produk apapun selalu memiliki kekurangan.

Salah satu kekurangan yang terjadi perubahan waktu sholat secara tiba-tiba. Ini bisa ditandai dengan terlalu cepat atau lambat. Ketika dibiarkan berbulan-bulan, jaraknya akan semakin lebar sehingga waktu sholat semakin melenceng.

Tentunya, melencengnya waktu harusnya tidak pernah terjadi. Tidak masalah jika waktunya lebih. Karena kenyataannya Anda sudah dikenai waktu untuk melaksanakan sholat.

Berbeda jika penambahan waktu ini terjadi pada bulan puasa. Risikonya ialah Anda mungkin sangat dekat atau sudah masuk masa sholat meskipun sedang sahur. Inilah yang sangat dikhawatirkan.

Menyadari akan kondisi seperti ini, tidak berlebihan jika Anda perlu memperbaikinya. Selalu bandingkan dengan jam analog yang ada di rumah/masjid. Ketika ada perubahan yang cukup besar, Anda bisa memastikan bahwa ada jam digital sedang bergeser waktunya.

Solusinya, Anda disarankan untuk mengatur ulang. Manfaatkan tombol menu yang terdapat pada body jam. Kemudian setel waktunya sesuai dengan kawasan di mana Anda tinggal.

Setelan ini dilakukan secara keseluruhan. Mulai dari menyetting kalender, jam, jeda iqomah dan lain sebagainya. Kesemuanya bisa dipelajari melalui internet atau panduan yang terdapat pada buku petunjuk.

Kerusakan pada Adaptor

Adaptor memiliki peran penting dalam menjalankan fungsi jam digital. Adaptor ini berfungsi dengan baik ketika tegangan listrik sesuai.

Produsen tentunya sudah memberikan kejelasan mengenai tegangan yang harusnya disediakan. Ketika tegangannya terlalu besar, adaptor bisa mengalami kerusakan. Praktis, jam digital tidak akan berfungsi. Contohnya ialah tampilan bilangan waktu memudar atau mati total.

Jika kerusakannya berasal dari adaptor, solusinya ialah dengan menggantinya. Gantilah dengan adaptor yang sesuai dengan kebutuhan jam digital. Karena bila tidak sesuai, jam tidak berfungsi.

Sembari melakukan pergantian adaptor, periksa tegangan aliran listrik. Usahakan agar tegangannya memang sesuai dengan spesifikasinya. Dengan begitu, kerusakan pada adaptor tidak akan terulang.

Apabila tegangan ini bukan sumber masalahnya, Anda bisa meminta pergantian pada produsen. Dengan catatan, kartu garansi masih berlaku. Karena kerusakan tersebut berasal dari komponen mesin yang bisa berasal dari pembuatan sebelumnya.

Itulah beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi pada jam digital. Telusuri titik kerusakannya, baru aplikasikan cara perbaiki jam digital masjid yang sesuai.

Hilda

Related Posts

fallback-image

Hikmah Ibadah Haji

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Rekomendasi Model Gazebo Tertutup Untuk Menghiasi Halaman

Rekomendasi Model Gazebo Tertutup Untuk Menghiasi Halaman

6 Parfum KENZO Paling Enak

6 Parfum KENZO Paling Enak