Cara Tepat Untuk Mengatasi Diare Bayi

Cara Tepat Untuk Mengatasi Diare Bayi

Kamu perlu tahu jika diare yang dialami oleh bayi dapat menyebabkan kematian bila tidak cepat ditangani dengan betul. Hal tersebut dapat menjadi salah satu masalah kesehatan yang kerap kali dialami oleh bayi.

Di setiap tahunnya ada ratusan bayi yang meninggal disebabkan oleh diare di negara India sebab mereka tidak mendapatkan pengobatan dengan benar sehingga menyebabkan kasus kematian bayi yang terkena diare menjadi bertambah. Karena hal itulah orang tua perlu mengetahui cara mengatasi diare pada bayi dengan efektif, sebelum membahayakan nyawa si kecil.

Cara mengatasi diare pada bayi yang paling efektif

  1.       Memberi asupan cairan yang cukup

Efek samping yang bisa membahayakan bayi ketika diare yaitu mengalami dehidrasi. Bila bayi kamu masih minum ASI sebaiknya untuk terus menyusuinya dengan teratur. Bila tidak sebaiknya beri bayi kamu banyak cairan agar dapat menjaga tubuhnya tetap terhidrasi dengan benar.

  1.       Oralit

Jika bayi kamu mengalami diare, sebaiknya buatkan larutan campuran garam, gula dan air. Lalu beri larutan tersebut biasa dinamakan dengan oralit kepada bayi sehingga tubuh si kecil bisa mengganti garam di tubuh yang hilang karena mengalami diare.

  1.       Beri makanan yang gampang untuk dicerna

Beri makan bayi kamu dengan makanan yang mudah untuk dicerna misalnya nasi lembut, buah pisang atau bubur. Jangan beri mereka dengan makanan yang terbuat dari sereal atau makanan sejenisnya sebab itu akan sulit mereka cerna.

  1.       Pijat gusi bayi

Kadang-kadang sakit diare yang dialami oleh bayi ditimbulkan oleh rasa sakit mereka ketika akan tumbuh gigi. Ketika hal itu terjadi berikan bayi mainan yang aman untuk bisa mereka kunyah. Kamu juga bisa membantunya dengan memijat gusi bayi dengan menggunakan jari-jari kamu agar dapat meringankan rasa sakitnya.

  1.       Memberi air

Salah satu cara yang sering dilakukan untuk bisa mengatasi diare pada bayi yaitu memberinya banyak air. Air ini bisa meredakan rasa sakit yang terjadi pada perutnya dan juga bisa melepas gas yang membuat perut bayi menjadi kembung.

Kurang lebih waktu yang dibutuhkan yaitu 3 hari agar perut bayi bisa kembali dengan normal pasca diare. Namun bila bayi kamu mengeluarkan tinja yang encer di seriap jamnya atau ada bercak darah pada tinjanya. Sebaiknya untuk cepat membawa bayi kamu ke dokter supaya cepat mendapatkan penanganan kesehatan yang lebih serius.

 

Hilda

Related Posts

Bahaya Teh bagi Ibu Hamil dan Tips Aman Mengonsumsinya

Bahaya Teh bagi Ibu Hamil dan Tips Aman Mengonsumsinya

Kenali Gejalanya, Berikut Tanda- Tanda Bayi Kurang Sehat Dalam Kandungan

Kenali Gejalanya, Berikut Tanda- Tanda Bayi Kurang Sehat Dalam Kandungan

Pola Makan Bayi 6 Bulan Sudah Mulai Dikenalkan MPASI

Pola Makan Bayi 6 Bulan Sudah Mulai Dikenalkan MPASI

Penyebab mata merah dan berair pada bayi

Penyebab mata merah dan berair pada bayi