Ini Dia Mitos Gunung Muria di Balik Pesona Indahnya

Ini Dia Mitos Gunung Muria di Balik Pesona Indahnya

Deskripsi: Mitos Gunung Muria yang terkenal memiliki kisah mulai dari bangsa penghuninya hingga mata air sakti.

Pendaki gunung pastinya sudah sangat familiar dengan gunung Muria. Gunung yang terletak di kabupaten Kudus. Gunung dengan ketinggian 3267 mdpl ini merupakan salah satu gunung yang cukup tinggi dan menantang. Oleh karena itu banyak pendaki yang ingin menaklukan gunung ini.

Dibalik keindahannya, ada beberapa mitos gunung Muria. Apa saja mitos itu? Simak daftarnya berikut ini.

Mitos di Gunung Muria

Mitos Bangsa Lemuria

Dalam sejarah gunung Muria, gunung ini mulanya merupakan pula terpisah dari pulau Jawa. Karena sedimentasi dan proses alam, gunung ini pun akhirnya menyatu dengan pulau Jawa. Konon pulau ini dulu memiliki penghuni yang disebut bangsa Lemuria. Bangsa Lemuria merupakan peradaban yang cukup besar yang penduduknya menyebar ke berbagai belahan dunia.

Terlepas dari benar atau tidaknya mitos gunung Muria yang satu ini, tidak dapat dipungkiri jika usia gunung Muria sudah cukup tua dan telah lama ada di bumi Jawa.

Mitos Sendang Suci

Selain sebagai wisata pendakian, banyak yang datang ke gunung Muria untuk bertapa dan mencari berkah dari makam wali dan juga syekh yang dikabarkan memiliki petilasan di gunung ini. Nama gunung ini sendiri sama dengan nama sunan Muria yang merupakan penyebar agama Islam di Jawa. Di gunung Muria terdapat telaga yang bernama Sendang Suci.

Konon bagi siapa saja yang berhasil membawa air dari telaga Sendang Suci maka permintaannya akan dikabulkan. Telaga ini juga merupakan tempat mandinya para pertapa yang sedang mencari ilmu.

Berkah dari Petilasan Leluhur

Mitos gunung Muria lainnya adalah wilayahnya sarat akan petilasan dari tokoh-tokoh terkenal seperti petilasan Eyang Abiyoso dan petilasan Ir. Soekarno. Banyak yang berkunjung dan berharap mendapatkan berkah dari petilasan dan makam yang dikunjungi.

Ada beberapa gubuk atau pos pertapaan pada tiap puncak gunung Muria. Konon bagi yang bertapa disini bisa mendapatkan kekuatan magis. Ada pula yang menggunakan sarana mistis gunung untuk pesugihan.

Itulah beberapa mitos gunung Muria yang perlu para pendaki tahu. Dibalik pesona keindahan dan ketenangan gunung yang tidak pernah meletus, tersimpan mitos yang penuh dengan kisah mistis.

 

 

 

 

 

 

 

Hilda

Related Posts

Cara Melatih Bayi Cepat Bicara – Tips Bagi Orang Tua

Cara Melatih Bayi Cepat Bicara – Tips Bagi Orang Tua

Bahaya Telur Puyuh Untuk Bayi

Bahaya Telur Puyuh Untuk Bayi

fallback-image

Timothy Castagne yakin Leicester menemukan titik lemah West Brom di babak kedua

Faktor-Faktor Mengapa Bayi Terlambat Tumbuh Gigi

Faktor-Faktor Mengapa Bayi Terlambat Tumbuh Gigi