8 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

8 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Mudik lebaran atau mudik tahun baru merupakan momen yang dapat melepaskan rasa rindu pada kedua orang tua, saudara, dan teman-teman lama.

Dengan banyaknya jumlah pemudik yang meninggalkan rumah dapat mengakibatkan terjadinya kekosongan yang cukup tinggi pada perkotaan. Maka tak jarang kekosongan ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku tindak kejahatan untuk menyasar rumah-rumah kosong yang ditinggalkan oleh penghuninya.

Selain dari tindak kejahatan, ancaman yang lain seperti kebakaran akibat konsleting listrik maupun kebocoran gas. Sehingga hal seperti inilah yang dapat membuat pemudik dihantui rasa khawatir dan tidak nyaman untuk meninggalkan rumah. Namun hal-hal tersebut dapat dihindari jika anda mengetahui beberapa tipsnya akan tetapi anda juga selalu waspada pada saat anda mudik karena harus meninggalkan rumah.

8 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik dengan Aman

Ada beberapa tips meninggalkan rumah saat mudik dengan distributor kontraktor acp seven jakarta, yang dapat anda pahami terlebih dahulu sebelum anda melakukan perjalanan mudik. Sehingga anda dapat menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut tipsnya yaitu:

  1. Cabut listrik dan gas agar dapat meminimalisir resiko kebakaran

Agar dapat menghindari dari resiko kebakaran yang diakibatkan dari kenaikan daya, yang menyebabkan konsleting listrik, maka anda matikan semua perangkat elektronik yang tidak diperlukan dengan mencabut kabel dari stop kontak dan jangan lupa mencabut selang regulator dari tabung gas, serta kompor agar dapat menghindari kebocoran gas.

  1. Simpan barang berharga pada tempat yang paling aman.

Simpan barang-barang berharga anda seperti perhiasan, uang, surat-surat penting pada tempat yang paling aman. Apabila anda membutuhkan keamanan lebih, anda dapat memanfaatkan layanan penitipan barang yang disediakan oleh bank dan juga pegadaian yang terdekat. Sedangkan untuk kendaraan, anda dapat memanfaatkan layanan penitipan kendaraan yang disediakan oleh kepolisian pada daerah anda.

  1. Bersihkan rumah dan tutup semua lubang pembuangan sebelum ditinggal pergi

Agar menghindari bau busuk dan serangan tikus, kecoa, semut, dan nyamuk. Maka anda perlu membersihkan semua isi rumah mulai dari kamar mandi, dapur, kulkas, terutama pada tempat sampah sebelum ditinggal pergi. Anda juga perlu menutup semua lubang pembuangan dan lubang kamar mandi agar tikus dan kecoa tidak bisa masuk kedalam rumah.

  1. Matikan saluran utama kran air dan pam.

Sebelum anda meninggalkan rumah untuk mudik, pastikan saluran utama kran air dan pam tidak mengalir. Selain menghindari terjadinya kebocoran, juga untuk menghindari tagihan air yang membengkak.

  1. Hindari hal-hal yang bisa menunjukkan rumah sedang dalam keadaan kosong, agar tidak menarik perhatian dari pelaku kejahatan.

Yang pertama apabila anda berlangganan koran maupun majalah, maka mintalah agar tidak mengirim selama anda mudik, karena tidak mungkin akan ada yang membaca, karena koran maupun majalah yang menumpuk menandakan rumah sedang dalam keadaan kosong. Selanjutnya yang kedua, usahakan setidaknya untuk bagian depan rumah selalu dalam keadaan bersih, anda dapat meminta bantuan tetangga atau kerabat yang tidak mudik untuk sesekali membersihkan rumah. Lalu yang ketiga, anda dapat memminta bantuan tetangga maupun kerabat yang tidak mudik untuk menyalakan sekaligus mematikan lampu. Jika anda mempunyai hewan peliharaan, maka anda dapat menitipkan hewan peliharaan kepada penitipan hewan. Yang keempat anda dapat meletakkan beberapa pasang sandal pada depan pintu rumah, supaya dapat mengecoh dari orang-orang yang ingin berniat jahat.

  1. Kunci semua pintu dan jendela.

Sebelum anda meninggalkan rumah, maka pastikan semua pintu dan jendela anda dalam keadaan terkunci. Bila perlu anda memasang pengamanan rangkat pada bagian yang sering menjadi incaran penjahat seperti kamar tidur, lemari, dan pintu bagian belakang. Serta jangan meninggalkan kunci penting seperti kunci mobil, motor, dan lemari di rumah. Selain itu, hindarilah kebiasaaaan meletakkan kunci cadangan dibawah keset, dibawah pot, karpet, atau tempat yang lainnya, sehingga dapat dengan mudah dijangkau oleh penjahat. Untuk pintu bagian depan, usahakan tidak menggunakan gembok yang mencolok. Gembok yang terlihat dari luar, yang dapat menarik perhatian penjahat, karena pintu yang tergembok akan menandakan rumah dalam keadaan kosong.

  1. Titipkan rumah pada orang yang dapat dipercaya

Anda dapat menitipkan rumah pada tetangga atau distributor kontraktor acp seven jakarta yang tidak mudik dan mintalah untuk sesekali menengok rumah anda. sebelum pergi, anda jangan lupa untuk berpamitan kepada ketua rt, ketua rw, atau keamanan setempat dan beritahukan sampai kapan anda akan kembali. Anda juga dapat memberikan nomor handphone yang dapat dihubungi, apabila terjadi hal-hal yang darurat.

  1. Pasang lampu otomatis

Anda dapat memasang lampu otomatis yang sudah dilengkapi dengan rangkaian elektronik yang dapat mendeteksi cahaya terang dan juga gelap. Sehingga akan dapat menyala pada kondisi malam hari maupun siang hari yang akan otomatis mati dengan sendirinya, seperti pada lampu jalan raya, lampu ini dipasang terutama pada bagian depan rumah dan teras. Lampu seperti ini dapat menandai pemilik sedang berada di rumah.

Bagi anda yang ingin mudik, mungkin ada baiknya untuk mengetahui tips meninggalkan rumah saat mudik. Sehingga rumah yang anda tinggal dapat dalam keadaan aman dan anda dapat melakukan perjalanan mudik dengan lancar dan selamat, tanpa perlu khawatir berlebih meninggalkan rumah.

 

Hilda

Related Posts

Desain Kamar Mandi

Desain Kamar Mandi

Cara Membuat Batu Alam Untuk Taman Sederhana Tapi Cantik

Cara Membuat Batu Alam Untuk Taman Sederhana Tapi Cantik

Inilah Jenis Jenis Usaha Rumahan yang Cocok untuk Sambilan

Inilah Jenis Jenis Usaha Rumahan yang Cocok untuk Sambilan

Plugin SEO WordPress Terbaik Pilihan Banyak Pengguna

Plugin SEO WordPress Terbaik Pilihan Banyak Pengguna