Jaring Burung Pipit

Jaring Burung Pipit

 

Petani tentu merasa kesal jika padi yang telah ditanam dengan susah payah justru gagal panen karena banyak tanaman yang rusak karena hama. Selain memberikan kerugian secara finansial, hama yang sering merusak tanaman padi juga membuat petani merasa frustasi. Pemberantasan hama memang perlu dilakukan agar tanaman padi bisa tumbuh subur dan bisa dipanen dengan hasil yang sangat melimpah. Hama tanaman padi sendiri cukup bervariasi sehingga setiap hama memiliki penanganan yang berbeda. Untuk tikus misalnya, dibutuhkan pestisida atau perangkap tikus agar hewan pengerat ini tidak merusak tanaman padi yang tumbuh tinggi. Sedangkan untuk burung emprit, petani biasanya menggunakan jaring burung pipit agar kawanan burung ini tidak bisa hinggap memakan bulir padi.

Penggunaan jaring burung pipit memang cukup efektif karena jaring tersebut tersedia dengan berbagai macam ukuran dan luas. Untuk burung pipit sendiri dibutuhkan jaring dengan lubang yang kecil sehingga burung ini tidak bisa hinggap di atas tanaman. Selain bisa mencegah burung untuk hinggap, jaring juga berfungsi untuk menjadi perangkap untuk menangkap burung ini. Akan tetapi, jika kawanan burung yang tinggal di sekitar sawah memiliki ukuran yang lebih kecil, seperti ciblek atau kolibri misalnya, maka penggunaan jaring pun harus disesuaikan dengan ukuran tubuh burung. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada burung yang berhasil merangsek masuk ke dalam sawah.

Untuk harga jaring burung pipit di pasaran pun relatif terjangkau, yakni sesuai dengan panjang dan lebar. Harga yang dipatok pun bervariasi, mulai dari 30 ribu hingga lebih dari 100 ribu rupiah, tergantung ukuran dan panjangnya. Jika Anda memiliki petak sawah yang besar, maka Anda perlu membeli jaring dengan kuantitas yang agak banyak. Tapi ini merupakan investasi yang baik karena saat musim panen tiba, Anda bisa menyimpan jaring untuk digunakan saat musim tanam selanjutnya. Jadi meskipun Anda mengeluarkan modal yang banyak untuk membeli jarring dalam jumlah banyak, tapi ke depannya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi selama jarring disimpan dengan baik.

Hilda

Related Posts

Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas

Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas

Tak Hanya Menafkai, Ini Pentingnya Peran Ayah dalam Keluarga

Tak Hanya Menafkai, Ini Pentingnya Peran Ayah dalam Keluarga

Cara Membuat Kopi Bubuk Yang Halus Dan Mudah

Cara Membuat Kopi Bubuk Yang Halus Dan Mudah

Cara Membuat Kolam Renang Air Hangat Sederhana

Cara Membuat Kolam Renang Air Hangat Sederhana