Klasifikasi Nilai Toefl

Klasifikasi Nilai Toefl

Toefl atau Test Of English as a Foreign Language merupakan bentuk ujian untuk mengetahui tingkat kemampuan seseorang di bidang bahasa inggris. Tes toefl digunakan sebagai tes untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri seperti Kanada atau Amerika, Amerika Serikat. Penggunaan toefl bukan hanya digunakan untuk mendaftar kuliah di luar negeri saja, akan tetapi di dalam negeri pun demikian pula. Sebagai salah satu syarat agar di terima kuliah dengan beasiswa pun harus menggunakan sertifikat toefl. Dalam hal ini berarti betapa pentingnya bahasa inggris sebagai salah satu syarat agar mendapat beasiswa kuliah.

Tidak mudah begitu saja untuk mendapatkan sertifikat toefl dengan ujian toefl. Sebagian nilai ujian toefl masih kurang atau di bawah rata rata. Padahal untuk mendapatkan beasiswa kuliah, diperlukan nilai toefl di atas rata rata dan sudah ditentukan berapa nilai atau skor yang harus di dapatkan. Berbeda dengan tes ielt jika ielt memiliki skor tertinggi 9 sedangkan jika toefl skor tertinggi bisa hingga 700 skor.  Skor atau nilai tersebut penting  sebagai salah satu bukti yang mengidentifikasikan jika anda sudah memiliki kemampuan di bidang bahasa inggris. Dan membuktikan keahlian peserta apakah peserta layak untuk mendapat beasiswa tersebut atau tidak. Oleh karena hal tersebut, betapa pentingnya tes toefl sejak sekarang anda harus rajin belajar untuk mempersiapkan materi ujian toefl.

Klasifikasi Nilai Tes Toefl Untuk Para Peserta

Ada beberapa klasifikasi nilai toefl berdasarkan user dan non user. Nilai ujian toefl diberikan berdasarkan tingkatan atau ranking tes toefl. Untuk jumlah nilai tertinggi dari mengikuti tes toefl akan diberikan kepada user sedangkan nila terendah diberikan kepada non user.  Kategori user dan non user,  nilai yang diberikan kepada non user jika jumlah nilainya kurang dari 400 skor. Artinya nilai di bawah 400 tersebut kemampuan berbahasa inggris masih dinilai kurang atau belum memahami sepenuhnya akan materi bahasa inggris termasuk dalam menanggapi situasi atau konflik yang tengah berlangsung di sekitar anda. Sedangkan untuk jenis user terbagi menjadi beberapa bagian atau kelompok, antara lain limited user. Limited user akan diberikan jumlah skor yang tertinggi berkisar nilai 400 hingga 450 skor. Artinya mereka sudah bisa memahami seputar materi bahasa inggris, secara dasar atau cukup paham.

Untuk kategori marginal user skor yang harus dimiliki adalah berkisar 450-500 skor yang didapatnya. Pengguna user marginal peserta dinilai dalam penggunaan bahasa cukup lumayan tetapi masih kurang cukup. Peserta sudah bisa menggunakan kalimat pendek dan mampu untuk menanggapi situasi yang tengah terjadi di sekitar kita. Selanjutnya ada modest user, nilai dari peserta berkisar 529 skor. Artinya peserta sudah bisa memahami secara umum atau dasar namun peserta dinilai masih memiliki cukup banyak kesalahan.

Ada juga peserta competent user dengan nilai hingga berkisar 559 skor. Berarti peserta sudah dinilai mampu untuk menggunakan bahasa inggris secara lisan ataupun tertulis. Entah digunakan diberbagai topik, kontek hingga isu yang tengah berlangsung. Namun begitu peserta masih memiliki sedikit kesalahan walau tidak terlalu jelas. Kategori selanjutnya yakni good user. Good user memiliki skor berkisar 550 hingga 609.  Jika peserta berada di nilai ini , maka bisa dikatakan jika peserta telah mampu untuk memahami situasi, kontek yang terjadi dengan hanya memiliki sedikit kesalahan saja.

Dan yang terakhir yakni perfect user. Dalam kategori perfect user peserta akan mendapat nilai sekitar 610 hingga 644 skor. Jika peserta sudah mendapatkan nilai tersebut, artinya peserta dinilai mampu dalam menggunakan bahasa inggris seperti native speaker.

Pentingnya Tes Toefl Untuk Mendapatkan Beasiswa Atau Melamar Kerja

Berdasarkan penjelasan diatas tentu anda sekarang sudah mengerti mengapa penggunaan nilai bahasa inggris begitu tinggi dibutuhkan. Ya, ini penting agar di kemudian hari anda tidak akan mengalami masalah pada beasiswa anda saat tengah menjalani masa kuliah. Tenang meskipun dibutuhkan jumlah nilai yang cukup tinggi, bukan berarti anda tidak mampu kan. Jika anda menginginkan beasiswa kuliah di luar negeri, diperlukan persiapan yang baik sejak sekarang. Semisalnya dengan anda mengikuti bimbingan atau kursus bahasa inggris sebelum menjalani tes toefl.

Perbanyak untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan kursus.  Miliki buku panduan toefl beserta materi latihan didalamnya. Dan karena untuk melakukan bimbingan toefl memerlukan cukup banyak biaya, oleh karena itu anda harus rajin menyimpan uang sebagai biaya untuk mengikuti bimbingan. Terkadang sebagian dari anda masih kesulitan dan bingung apa itu toefl. Tetapi, anda bisa mendapatkan informasi melalui kursustoefl. Gimana, apakah anda sudah siap untuk mengikuti tes toefl.

Nggak hanya digunakan untuk mendapatkan beasiswa kuliah saja, sertifikat toefl bisa juga digunakan untuk melamar kerja di suatu instansi atau perusahaan internasional.  Jika anda bingung setelah lulus kuliah mau kemana, ada baiknya ikut kursus toefl dan mendapatkan sertifikatnya. Jika suatu ketika anda ingin melamar ke sebuah perusahaan anda bisa menggunakan sertifikat anda sebagai syarat yang digunakan. Sertifikat toefl juga bisa digunakan untuk menaikkan posisi atau jabatan anda di kantor tempat anda bekerja. Wah, banyak kan kegunaan dari sertifikat toefl.

Hilda

Related Posts

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Pengucapan Salam Bahasa Arab Beserta Baik dan Benar

Pengucapan Salam Bahasa Arab Beserta Baik dan Benar

Universitas Jenderal Soedirman Menjadi Universitas Terbaik di Purwokerto

Universitas Jenderal Soedirman Menjadi Universitas Terbaik di Purwokerto

Mengenal cimacnoticias.com Website Sumber Ilmu Pengetahuan Terlengkap

Mengenal cimacnoticias.com Website Sumber Ilmu Pengetahuan Terlengkap