Mungkin, ada sebagian dari kamu yang masih asing dengan nama POLTEKIM atau Politeknik Imigrasi dan akan lebih mengenal nama AIM atau Akademi Imigrasi. Sebenarnya, kedua nama ini adalah sekolah yang sama dan hanya berubah nama sesuai peraturan Pemerintah saja. Lalu, adakah kelebihan yang dimiliki oleh sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM ini? Yuk, langsung saja kita simak beberapa kelebihan POLTEKIM di ulasan berikut ini.

Table of Contents

Kelebihan yang Dimiliki POLTEKIM

POLTEKIM alias Politeknik Keimigrasian adalah sebuah sekolah berbasis kedinasan yang mana fokusnya adalah pada penerapan keahlian dan iptek tentang keimigrasian. Para lulusan sekolah ini sendiri difungsikan sebagai penegak hukum dalam aspek public service, National Economic Fasilitator, dan juga Security & Law Enforcement.

Sejarah sekolah ini dimulai pada tahun 1950 ketika NKRI mengambil alih badan keimigrasian dari tangan Belanda. Akhirnya pada tahun 1962, dibangunlah Akademi Imigrasi guna memenuhi kebutuhan Aparatur Sipil Negara dalam bidang imigrasi yang tidak hanya terampil, tapi juga profesional. Hingga sampai era globalisasi sekarang, AIM yang sudah berganti nama menjadi POLTEKIM tetap berfungsi dengan berbagai macam pembaharuan dan persiapan Aparatur Imigrasi yang kompeten.

Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh POLTEKIM sebagai salah satu sekolah kedinasan terbaik di Republik Indonesia ini. Kelebihan-kelebihan itu antara lain :

stocksnap.io
  1. Lulusannya Ditempatkan di Dalam dan Luar Negeri

Bagi para lulusan POLTEKIM, mereka nantinya tidak hanya akan ditempatkan di bidang keimigrasian yang ada di dalam negeri, namun juga ditempatkan di kantor imigrasi RI di negara-negara lain yang ada di dunia.

  1. Peningkatan Strata Studi

Jika dulu AIM hanya ada DIII, maka sekarang setelah menjadi POLTEKIM, sekolah kedinasan ini mengalami peningkatan strata pendidikan hingga memiliki jenjang DIV. Tentunya, strata ini membuat POLTEKIM semakin diakui dan terdepan dalam bidang keimigrasian tanah air.

  1. Memiliki Program Pendidikan Semi Militer

Seperti yang kamu tahu, sekolah-sekolah kedinasan di Indonesia memang dibuat dalam semi militer. Jadi tidak mengherankan jika program-pogram pendidikan di kampus yang memiliki tiga prodi ini ini juga bersifat semi militer. Adapun contoh dari pendidikan jenis ini di POLTEKIM adalah adanya latihan dasar kesamaptaan dimana para taruna akan dibentuk mental, fisik, dan disiplinitasnya. Program dasar ini diawasi langsung oleh Korps Marinir TNI AL dan Korps Brimbo POLRI.

  1. Sarana dan Prasarana Pendidikan Sangat Berkualitas

POLTEKIM boleh dibilang memiliki beberapa sarana dan prasarana terbaik serta berkualitas. Selain gedung-gedung berisi laboratorium pendidikan, sekolah yang ada di Jawa Barat ini juga memiliki gym, lapangan olahraga, hingga asrama. Semua taruna dari berbagai daerah akan tinggal dalam satu fasilitas. Tidak hanya itu, mereka juga dibekali macam-macam pakaian sekolah, perlengkapan sekolah, hingga uang saku per bulan.

  1. Sistem Pendidikan Jarlatsuh

Tercatat, kamu bisa masuk di jurusan Hukum Keimigrasian, Manajemen Teknologi Keimigrasian, atau Administrasi Keimigrasian ketika mendaftar di sekolah ini. Namun yang harus kamu ingat, POLTEKIM menerapkan sistem pendidikan Jarlatsuh yang mana artinya adalah Pengajaran 50%, Pelatihan 20%, dan Pengasuhan 30%. Sistem pendidikan ini dibuat berdasar Keputusan Menteri Hukum dan juga Peraturan UU RI tahun 2000.

stocksnap.io
  1. Banyak Beasiswa dan Program Pelatihan

Ketika kamu menempuh pendidikan di POLTEKIM, maka kamu akan bisa mendapat banyak beasiswa dan program pelatihan yang mana akan sangat membantumu dalam meniti karier. Adapun beasiswa dan program pelatihan tersebut antara lain Pelatihan Document Fraud, Beasiswa DIMA Australia, Program Pelatihan Penyidik Pegawai Negeri Sipil dari POLRI, Beasiswa dari Taiwan Police Academy, hingga Beasiswa gelar S1 dan S2 dari UI serta UNPAD.

  1. Sering Terlibat Event Nasional

Sekolah di POLTEKIM dijamin tidak akan membosankan. Pasalnya, kamu tidak hanya diminta fokus dalam pembelajaran akademik, namun kamu juga akan dibiarkan ikut dalam berbagai keseruan event skala daerah, nasional, maupun internasional. Beberapa contoh event yang sering diikuti mahasiswa POLTEKIM adalah Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan alias OPTK hingga penampilan Korps Musik pada banyak acara kenegaraan.

  1. Termasuk 10 Perguruan Tinggi Kedinasan Terbaik RI

Terakhir, kamu yang masuk POLTEKIM patut berbangga. Pasalnya, sekolah ini termasuk satu dari sepuluh sekolah kedinasan yang menyandang predikat terbaik di Indonesia. Selain POLTEKIM, tentunya juga ada AKMIL dan AKPOL. Peringkat ini tak ayal membuat mereka yang menyandang status sebagai Taruna POLTEKIM menjadi semakin semangat dalam mengejar mimpi menjadi pejabat Keimigrasian yang tidak hanya kompeten, namun juga berjasa bagi bangsa dan negara RI.

Cara Mudah Agar Bisa Lolos POLTEKIM

Bagi kamu yang sudah mengetahui apa saja kelebihan dari Politeknik Keimigrasian, maka sudah saatnya kamu memutuskan apakah kamu akan menjalani masa depanmu pada sekolah kedinasan satu ini. Jika kamu sudah yakin, maka tidak ada salahnya kamu berjuang untuk masuk sekolah bergengsi satu ini. Adapun langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk bisa diterima menjadi bagian dari POLTEKIM adalah dengan mengikuti Bimbel POLTEKIM.

Demikian ulasan mengenai kelebihan POLTEKIM. Semoga bermanfaat.

 

Beberapa Kelebihan POLTEKIM yang Wajib untuk Kamu Ketahui
Scroll to top