Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas

Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dalam hidup manusia pasti akan sering mengalami bermacam macam hal yang tak terduga. Seperti adanya banyak mitos dan fakta yang dapat memberikan adanya makna serta pengetahuan lebih tentang berbagai macam hal yang terjadi. Salah satu contoh hal kecilnya seperti ketika kita mengalami kedutan. Apa itu kedutan? Mungkin sudah banyak orang yang tahu dan ada sebagian orang juga yang belum tahu tentang hal ini. Kedutan adalah adanya rasa getar atau seperti berdenyut pada area kelopak mata bagian atas atau bawah dan juga kelopak mata alis. Biasanya sensasi tersebut dirasakan secara tidak terkendali dan terjadi berulang kali.

Apa kamu pernah merasakan kedutan? Nah, mungkin tanpa kita sadari pasti pernah mengalami dan merasakan hal kedutan seperti itu. Tahukah kamu bahwa ada makna atau arti ketika sedang mengalami kedutan. Mungkin banyak orang mempercayai bahwa mungkin makna seperti ini adalah mitos yang sengaja dibuat oleh seseorang. Namun sebagian orang juga mungkin penasaran apa sebenarnya makna dari rasa kedutan yang pernah dialami oleh banyak orang. Salah satu yang sering kita rasakan mungkin adanya perasaan kedutan di mata kiri atas.

Kita tidak bisa mengontrol apakah akan merasa kedutan atau tidak, biasanya kamu hanya akan merasakan kedutan dari salah satu mata saja seperti mata kiri atas. Namun banyak orang mempercayai jika kita mengalami kedutan pada mata kiri atas ini mempunyai makna tersendiri. Berbagai mitos yang ada di Indonesia memang selalu cepat menyebar dan tumbuh subur dikalangan masyarakat. Sebuah mitos biasanya disebar luaskan dari mulut sat uke mulut lainnya. Mengenai adanya kedutan di bagian mata kiri atas juga sudah banyak menuai mitos yang beredar bahwa memiliki arti tersendiri atau adanya firasat kedutan. Beberapa adanya mitos yang beredar tentang adanya kedutan di mata kiri atas yang berarti sebagai berikut.

1. Akan Segera Bertemu Sang Pujaan Hati

Jika kamu mengalami hal seperti tiba-tiba kedutan pada mata kiri atas banyak orang yang mempercayai bahwa akan segera bertemu pujaan hati, mungkin akan bertemu kekasih atau mantan kekasih atau gebetan. Untuk waktu dan tempat bertemu pun tidak akan terduga atau akan terjadi begitu saja.

2. Pertanda Akan Segera Menemukan Barang Yang Sudah Hilang

Manusia memang sering kali lupa akan banyak hal, salah satunya ketika meletakkan sesuatu barang sehingga biasanya mereka pikir telah kehilangan benda tersebut. Jika terjadi kedutan pada mata kiri atas ini, biasanya yang akan terjadi adalah pertanda akan menemukan benda atau barang yang sudah lama menghilang.

3. Akan Segera Mendapatkan Kabar Yang Bahagia

Makna terjadi kedutan pada kelopak mata kiri atas juga pertanda kabar baik. Sebagian orang percaya bahwa kamu akan segera mendapatkan kabar yang gembira dalam waktu dekat. Kabar gembira tersebut bisa berhubungan dengan apa saja yang akan mengejutkan dan membuatmu gembira. Seperti perkara rejeki, kesehatan, mendapat jodoh, mendapat anak, dan lainnya.

4. Akan Mendapat Pujian Dari Seseorang

Biasanya pertanda baik lainnya ketika kamu mengalami kedutan di mata kiri atas adalah akan mendapatkan pujian dari orang disekitar, misalnya atasan di tempat kerja.

5. Akan Segera Bertemu Dengan Saudara Jauh

Pertanda baik dari kedutan di mata kiri atas biasanya juga akan segera bertemu dengan saudara jauh yang sudah lama tidak kamu temui.

Itulah beberapa mitos dari makna arti kedutan pada mata kiri atas. Jika ada beberapa mitos yang menyebutkan beberapa hal yang bersangkutan dengan adanya reaksi dari pergerakan secara tiba-tiba kelopak mata kiri atas atau yang disebut dengan kedutan, maka kondisi seperti ini juga bisa disangkut pautkan dengan dunia medis.

Di dalam medis, kedutan biasanya disebut dengan nama mytokymia yaitu adanya sensasi berkedut yang mendadak muncul bisa disebabkan dari saraf kelopak mata di bagian atas ataupun bawah yang sedang tegang atau kejang. Kondisi mata berkedut atau berdenyut ini biasanya memang tidak berbahaya dan juga tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, jika terjadi kedutan yang cukup kuat hingga menyebabkan kelopak mata menutup dan membuka dengan sendirinya tentu akan mengganggu. Meskipun sangat jarang terjadi, namun adapun kemungkinan adanya beberapa penyakit tertentu yang menyebabkan kedutan pada mata kiri atas yaitu sebagai berikut.

  1. Blepharospasm, yaitu penyakit yang memberikan kontraksi pada otot-otot di kelopak mata yang tidak normal. Penyebab dari penyakit ini belum pasti, namun dipercaya terjadi karena adanya gangguan pada bagian otak yang memang mengatur fungsi dari motorik serta menghambat adanya gerakan tak menentu.
  2. Hemificial spasm, yaitu penyakit yang disebabkan adanya iritasi di saraf wajah. Penyakit ini biasanya terjadi akibat adanya pembesaran di pembuluh darah ini menekan saraf dengam kuat.
  3. Bell’s palsy, yaitu penyakit yang disebabkan karena adanya kelumpuhan pada saraf wajah yang diakibatkan oleh trauma atau kerusakan tertentu.

Beberapa penyebab kedutan dari dunia medis di atas, menunjukan bahwa adanya kedutan pada mata kiri atas juga tidak boleh disepelekan. Karena bisa saja hal itu terjadi oleh adanya penyakit tertentu. Walaupun sangat jarang terjadi, namun jika kedutan terjadi secara berulang atau sering, maka kamu perlu waspada dan segera pergi ke dokter mata untuk melakukan pemeriksaan.

Hilda

Related Posts

8 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

8 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Informasi Lengkap Tentang Kolam Renang UNY 

Informasi Lengkap Tentang Kolam Renang UNY 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Rumah yang Benar?

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Rumah yang Benar?

Jenis Baju Adat Nias dan Filosofinya

Jenis Baju Adat Nias dan Filosofinya