Ara adalah salah satu jenis lain dari spesies tumbuhan yang bernama ficus. Pohon ini memiliki ukuran batang yang sangat besar dan terdiri dari beragam jenis dengan karakteristik yang bisa berbeda-beda. Pohon ini memiliki beragam jenis dan tersebar di seluruh dunia. Ukurannya yang besar dan kesan yang diberikan oleh pohon tersebut membuat pohon ara menjadi terlibat dalam beragam kebudayaan dan ritual di berbagai daerah.

Di daerah mesin getah ara yang bisa keluar begitu banyak pada saat dahan atau ujung ranting tumbuhan ini dilukai telah dijadikan sebagai sebuah cara untuk mengawetkan mayat. Berbagai tempat menyimpan harta juga dibuat dari getah dan kayu dari jenis pohon ini. Selain itu pada daerah Amerika tengah dahan dan daun dari pohon ini dibuat menjadi sebuah jenis kertas.

Di Indonesia terdapat juga sebuah jenis pohon yang dianggap penting untuk ditanam pada tempat penting seperti beringin. Beringin adalah jenis lain dari pohon ara yang harus ditanam pada alun-alun. Daun dari jenis pohon ara lain di Aceh diseduh oleh masyarakat Gayo sebagai obat perangsang. Ada banyak lagi penggunaan jenis dan tumbuhan ara di berbagai daerah di Indonesia sehingga pohon ini menjadi bagian penting kehidupan masyarakat dimanapun mereka berada. Binatang dan lingkungan sekitar juga mendapatkan banyak keuntungan dari buah dan daun buah ara yang menjadi makanan serta pupuk alami.

Pohon Ara atau Pohon Beringin dengan Beragam Manfaat
Scroll to top