Usia bayi yang sudah menginjak 6 bulan sudah bisa dikenalkan dengan MPASI. Apa itu MPASI? MPASI adalah Makanan Pandamping ASI. ASI masih tetap diberikan kepada si kecil namun ditambah dengan pemberian menu makanan lain. Bayi usia 6 bulan menjadi awal dikenalkannya MPASI dan sering disebut sebagai masa transisi. Pada usia ini sistem pencernaan bayi sudah siap menerima makanan semi padat. Selain itu pemberian MPASI mampu mendukung tumbuh kembang si kecil menjadi lebih baik. Pola makan pada bayi 6 bulan ini tentu sudah mulai berbeda dari usia sebelumnya.

Pola makan di usia 6 bulan sudah mulai dikenalkan dengan makanan semi padat. Pengenalan pada makanan baru ini harus dilakukan secara bertahap dan penuh kesabaran. Buatlah jadwal makan untuk si kecil agar lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya. Para orang tua bisa membuat jadwal pemberian ASI dan MPASI mulai dari bangun tidur. Saat bangun tidur berikanlah ASI sebagai menu pertama. Setelah itu lanjut dengan pemberian puree buah. Disini anda bisa menggunakan buah pisang yang dijadikan puree. Pemberian ASI bisa diulang lagi ketika bayi menginginkannya. Untuk siang hari dan sore hari anda bisa memberikan puree kembali dengan menu buah yang lain. Pemberian ASI diberikan setiap kali bayi menginginkannya. Itulah jadwal pemberian ASI serta MPASI yang bisa anda coba.

Bagaimana jika bayi menolak diberikan MPASI? Sebagai orang tua anda harus sabar. Lakukan pengenalan menu baru secara perlahan. Tunggu beberapa menit atau beberapa hari untuk membuat si kecil manu menerima makanan tersebut. Jika sangat sulit mengenalkan menu baru maka anda jangan khawatir. Pada usia 6 bulan ini MPASI belum menjadi menu utama bayi sehingga bisa anda jadikan masa transisi untuk mengenalkan makanan lain. Itulah pola makan yang ada pada bayi 6 bulan. Pada usia ini anda juga harus memperhatikan apakah menu yang diberikan memberikan alergi pada bayi. Maksimalkan pengenalan terhadap menu baru di 6 bulan ini.

Pola Makan Bayi 6 Bulan Sudah Mulai Dikenalkan MPASI
Scroll to top