Hazel Media

Teruslah belajar dan tidak mengenal kata putus asa

Bagini Cara Mengatasi Hp Samsung yang Hanya Muncul Logo Samsung Dengan Mudah

Kaum milenial seperti sekarang memang identik dengan era digital. Hampir seluruh aktifitas dilakukan dengan menggunakan bantuan perangkat elektronik. Terlebih, masa pandemi yang terus berlaku tanpa diketahui akhirnya membuat semua aktifitas dikerjakan di rumah saja untuk meminimalkan risiko tertular virus. Salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan untuk beragam aktifitas dalam beberapa waktu terakhir adalah handphone pintar. Ya, perangkat ini tidak hanya berguna sebagai media komunikasi jarak jauh saja. Tetapi juga digunakan untuk mengakses berbagai keperluan lainnya seperti pekerjaan, pendidikan, hiburan, dan sebagainya. Tak heran jika angka penjualan handphone terus melonjak di kala pandemi sekarang untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari.

Banyak sekali perusahaan telekomunikasi lokal maupun internasional yang meramaikan pasar penjualan handphone di Indonesia. Brand-brand handphone seperti Lenovo, Xiaomi, Oppo, Samsung, Vivo, dan masih banyak lagi pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Brand tersebut memasarkan produk Hp melalui berbagai media yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti banner, baliho, media cetak, media TV, media sosial, dan sebagainya. Tentu saja dalam pemasaran tersebut menekankan pada berbagai inovasi teknologi yang canggih pada produk tersebut lengkap dengan harganya. Namun, secanggih apapun barang elektronik termasuk HP pasti memiliki kendala yang menyebabkan penurunan performa bahkan kerusakan permanen.

Permasalahan yang Sering Muncul di HP Samsung

Kendala yang umumnya dialami oleh pengguna hp dari segala brand termasuk Samsung adalah stuck atau macet di gambar logo saja pada saat dinyalakan. Sebagai pengguna Hp yang cerdas tak perlu panik bila mengalami hal tersebut. Stuck di gambar logo para saat menyalakan handphone merupakan ciri dari adanya bootlop pada sistem. Terdapat berbagai penyebab yang perlu dipahami oleh para pengguna Hp ketika hanya mucul logo saja ketika dinyalakan. Kemungkinan pertama yang sering menyebabkan stuck logo adalah aplikasi yang kepenuhan atau overload. Ya, setiap pengguna yang ingin menginstal aplikasi harus memperhatikan spesifikasi Hp yang dimiliki terlebih dahulu. Ketika aplikasi yang diunduh dan terinstal memiliki ukuran file dan spesifikasi yang berat akan menyebabkan kinerja Hp melambat bahkan tiba-tiba mati. Kondisi inilah yang menyebabkan Hp hanya macet di gambar logo saja karena tidak sanggung menunjang semua aplikasi yang ada di dalamnya.

Selain kemungkinan yang berasal dari file aplikasi maupun memori, kerusakan yang terkadi pada komponen Hp juga bisa menyebabkan terjadinya stuck logo. Jika permasalahan aplikasi maupun memori pada Hp dapat diatasi dengan cara menghapusnya. Kerusakan pada kompenen Hp dapat diatasi dengan cara menganti komponen yang rusak dengan suku cadang yang sesuai. Hal ini terjadi karena Hp bekerja menggunakan sistem yang tersusun oleh beberapa komponen yang saling bekerja sama. Apabila salah satu komponen mengalami kerusakan maka sistem Hp tidak akan bekerja sehingga hanya muncul logo saja.

Hp samsung yang stuck di logo juga biasa terjadi pada pengguna yang sering memodifikasi sistem. Modifikasi tersebut memang bertujuan untuk mengoptimalkan sistem Hp di atas standar pabrik. Proses modifikasi sistem yang sering dilakukan pengguna Hp Samsung terdiri dari rooting dan file sistem. Proses rooting dilakukan dengan membuka perlindungan sistem secara paksa. Sedangkan proses modifiksi file sistem yang berisi bahasa pemrograman justru lebih sulit dan berisiko kerusakan tinggi. Kedua proses tesebut dapat menyebabkan hp macet di gambar logo saja apabila terjadi kesalahan. Selain itu, Hp yang terserang virus melalui transfer data dari berbagai sumber seperti malware dapat berkembang biak dengan cepat jika terinstal. Perkembangan virus yang cepat itulah yang menyebabkan kerusakan sistem hingg Hp hanya bisa bekerja dengan memunculkan gambar logo saja.

Cara Mengatasi HP Samsung yang Stuck di Gambar Logo

Terdapat cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi Hp Samsung yang mengalami stuck di gamber logo yaitu recovery mode melalui Hp. Pastikan baterai Hp Samsung yang akan direcovery dalam keadaan penuh, bahkan dicharger jika perlu. Recovery mode melalui Hp dapat dilakukan dengan menekan tombol power, home, dan volume (+) secara bersamaan. Arahkan pada menu “cache wipe data” atau “factory reset” menggunakan tombol volume lalu tunggu prosesnya sampai selesa. Ketika proses sudah selesai maka pilih menu “reboot” dan tunggu prosesnya yang sedikit lebih lama dari proses sebelumnya. Ketika proses berhasil maka Hp Samsung akan kembali ke mode standar bawaan pabrikan.

Salah satu produk Hp Samsung berkualitas dengan harga yang pas adalah Samsung seri A20. Ya, Hp dengan spek layar 4,4 inci, RAM 3 GB, ROM 32 GB, dan berprosesor Exynos 7884 1,6 GHz ini dibandrol dengan harga Samsung A20 sekitar 2 jutaan saja. Bahkan Hp tersebut juga dilengkapi dengan OS Android Pie, baterai 4000 mAh, dual kamera belakang 13 MP, dan kamera depan 8 MP sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan hiburan harian anda. Bahkan Hp ini juga dilengkapi dengan teknonlogi fast charging 15W sehingga dapat mengisi penuh baterai dengan cepat. Keamanan Hp juga diperkuat dengan penggunaan sistem finger print dan face recognition sehingga aman dari ancaman pencurian. Konektor USB type C yang terbenam juga memudahkan pengguna untuk menjadikan Hp tersebut sebagai host berbagai perangkat elektronik melalui fitur OTG, HML, dan sebagainya.

Bagini Cara Mengatasi Hp Samsung yang Hanya Muncul Logo Samsung Dengan Mudah
Scroll to top