Hazel Media

Teruslah belajar dan tidak mengenal kata putus asa

Panduan Lengkap Menyusun Skripsi Dalam Bahasa Inggris

Skripsi adalah tugas akhir bagi mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana 1.  Setiap mahasiswa di berbagai universitas harus mengerjakan skripsi ini sesuai dengan topik bidang keilmuan masing-masing. Nah, untuk mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa inggris baik itu untuk yang sastra ataupun edukasi, tentunya skripsi yang diambil harus menggunakan bahasa inggris. Begitu pula untuk mahasiswa yang bekerja di luar negri pastinya harus menulis skripsi dalam bahasa inggris.

Tentunya diakui menyusun skripsi menggunakan bahasa inggris  tidaklah mudah, apalagi skripsi sendiri walaupun dengan bahasa indonesia juga sudah sulit dilakukan. Maka dari itulah bagi para mahasiswa yang harus menyusun skripsi menggunakan bahasa inggris,  silahkan simak panduan lengkap dalam melakukan hal tersebut.  Dalam panduan ini Anda akan dipandu mulai dari tahapan persiapan sampai pelaksanaan penyusunan skripsi tersebut.

stocksnap.io

Panduan Persiapan Menyusun Skripsi Menggunakan Bahasa Inggris

Bisa dibilang tahapan persiapan dalam menyusun skripsi menggunakan bahasa inggris ini sangatlah penting karena tanpa persiapan yang matang, Anda akan kesulitan dalam penyusunan nantinya. Maka dari itulah simak berikut ini proses persiapan  yang harus Anda lakukan:

  1. Perbanyak Membaca dan Menulis dengan Menggunakan Bahasa Inggris

Tentunya untuk melancarkan Anda skripsi menggunakan bahasa inggris ini, sedari lama harus memperbanyak membaca dan menulis menggunakan bahasa tersebut. Tentunya Anda harus punya kamis dan buku grammar yang sangatlah penting serta berguna ketika menyusun skripsi. Dengan Anda rajin membuka kamus ataupun memperbanyak menulis dan membaca dengan bahasa inggirs, akan lebih banyak vocab yang dikuasai dan lebih mudah dalam menyusun kata-kata di bahasa inggris pada skripsi.

Sangatlah disarankan untuk tidak menggunakan kamus saku saat Anda hendak skripsi menggunakan bahasa inggris karena kurang lengkap. Sebaiknya ketika menyusun skipsi tersebut Anda menggunakan kamus Cambridge ataupun Longman. Sementara itu untuk buku gammar juga amatlah penting untuk Anda belajar grammar dengan baik.  Selain dengan buku, Anda bisa mencari cara lain agar bisa mempelajari grammar  secara maksimal.

  1. Pilh Topik Skripsi yang Disukai

Hal yang menjadi vital dalam penyusunan skripsi menggunakan bahasa inggris ini adalah topik dalam skripsi tersebut. Banyak mahasiwa yang kesulitan untuk menentukan topik lalu judul dari skripsi yang hendak dikerjakan. Mudahnya Anda bisa memilih topik yang memang disukai dan memang merupakan sebuah masalah yang penting untuk dikaji dalam skripsi. Dengan mendasari topik skripsi yang disukai, pastinya akan menimbulkan semangat dalam pengerjaan skripsi menggunakan bahasa inggris tersebut.

stocksnap.io
  1. Cari dan Lengkapi Semua Buku Bahasa Inggris yang Dibutuhkan untuk Penyusunan Skripsi

Persiapan berikutnya yang harus Anda lakukan dalam menyusun skripsi menggunakan bahasa inggris ini adalah mulai mencari dan melengkapi semua buku berbahasa inggris yang dibutuhkan sebagai sumber literatur penyusunan skrispsi.  Untuk mencari semua buku tersebut sekarang sangatlah mudah karena Anda bisa membeli beberapa buku secara online ataupun pergi ke perpustakaan universitas.

Apabila belum sumber literatur dirasa cukup, pergilah ke perpustakaan univeritas lain ataupun ke perpustaan daerah  yang menjamin lebih banyak koleksi bukunya.  Tentunya pastinya semua buku yang dipergunakan ini sesuai atau mamu mendukung kajian topik skipsi yang dipilih.

  1. Pelajari Cara Pengutipan yang Benar

Banyak mahasiswa yang hendak menyusun skripsi termasuk skripsi menggunakan bahasa inggris ini juga,  yang tidak mengetahui ketentuan dan sistematika pengutipan yang benar. Padahal dalam skripsi, pengutipan menjadi hal yang amatlah penting sebab skripsi merupakan karya ilmiah dan tidak boleh plagiat. Maka dari itulah Anda harus mempelajari cara pengutipan yang benar agar nantinya ketika mengutip dari sumber kajian literatur ataupun sumber-sumber lainnya benar dan tidak kebingungan.

Yang paling umum dalam pengutipan skripsi menggunakan bahasa inggris ini adalah menggunakan situasi Apa Style ataupun MLA Style. Anda bisa mempelajarinya dari internet secara mudah ketentuan sitasi tersebut. Belajar pula melakukan sitasi otomatis lewat insert citation MS. Word  beserta daftar pustaka pada menu Reference-nya.

 

Panduan Penyusunan Skripsi Menggunakan Bahasa Inggris

Setelah Anda melakukan persiapan yang baik dalam penyusun skripsi menggunakan bahasa inggris ini sudah dilakukan, maka berikutnya yang harus disimak adalah panduan penyusunan skripsinya. Berikut adalah panduan yang harus Anda simak dengan baik:

  1. Rajin Berkonsultasi dengan Dosen Pembimbing

Pastinya saat Anda menyusun skripsi menggunakan bahasa inggris ini akan ada dosen pembimbing yang membantu. Nah, rajin-rajinlah berkonsultasi alias bimbingan dengan dosen tersebut agar skripsi yang dikerjakan bisa cepat selesai.  Namun juga Anda tidak boleh sembarangan bimbingan dengan dosen pembimbing. Sebelum berkonsultasi, pastikan Anda sudah memeriksa pekerjaan dengan seksama. Selain itu catat berbagai hal yang ingin ditanyakan agar saat bimbingan tidak terlewatkan dan bisa berjalan efektif.

  1. Memotivasi Diri

Menyusun skripsi menggunakan bahasa inggris memang butuh motivasi yang kuat agar cepet penngerjaannya. Maka dari ituah Anda bisa menetapkan target pengerjaan sesuai kurun waktu yang dipilih sendiri. Misalnya dalam waktu seminggu harus sudah mulai mengerjakan bab 4, dsb. Carilah motivasi dan hiburan tersendiri ditengah-tengah pengerjaan skripsi agar tidak jenuh. Jangan lupa untuk berdoa dan berusaha pula.

  1. Rajin-rajin Mengecek Pengerjaan Skripsi

Anda harus rajin dalam mengecek pengerjaan skripsi menggunakan bahasa inggris yang sudah dilakukan. Terutama dalam penulisan tata bahasa, pengecekan kesalahan ketik, isi, kalimat dan lain sebagainyal.

Panduan Lengkap Menyusun Skripsi Dalam Bahasa Inggris
Scroll to top