3 Gejala Sakit Pankreas yang Tidak Boleh Diabaikan

3 Gejala Sakit Pankreas yang Tidak Boleh Diabaikan

Pankreas merupakan salah satu organ yang ada di tubuh manusia, tepatnya di bagian perut. Organ ini memiliki fungsi untuk membantu pencernaan serta menghasilkan enzim. Melihat fungsinya yang begitu kompleks membuat pankreas rentan terserang berbagai penyakit. Penyakit apa saja dan bagaimana gejalanya? Supaya lebih jelas, simak uraian di bawah ini.

Penyakit pada Pankreas

  1. Pankreatitis Akut

Pankreatitis akut merupakan serangan mendadak dan menyebabkan radang pankreas serta berkaitan dengan nyeri perut bagian atas yang parah. Rasa sakit yang ditimbulkan cukup parah sehingga bisa bertahan hingga beberapa hari. Beberapa gejalanya adalah merasakan mual, diare, muntah, kembung dan juga demam.

  1. Pankreatitis Kronis

Penyakit ini merupakan kelainan progresif yang berkaitan dengan penghancuran pankreas. Penyakit satu ini umumnya menyerang laki-laki dan menyerang orang berusia antara 30-40 tahun.  Gejala sakit pankreas satu ini adalah merasakan nyeri perut bagian atas serta diare.

  1. Kanker Pankreas

Jenis kanker yang satu ini seringkali muncul secara diam-diam dan tanpa menimbulkan gejala. Perlu diketahui jika kanker pankreas resisten terhadap banyak perawatan standar seperti kemoterapi dan juga terapi radiasi.

3 Gejala Sakit Pankreas

  1. Nyeri Perut

Nyeri perut merupakan gejala sakit pankreas yang paling umum terjadi. Rasa sakit yang dirasakan bisa menjalar hingga ke punggung bagian bawah dan bisa menetap hingga berminggu-minggu.

  1. Mual

Mual dan juga muntah merupakan gejala yang harus diwaspadai. Terutama jika hal tersebut terjadi setelah makan makanan berlemak. Perlu diketahui jika organ ini menghasilkan enzim untuk membantu memecah lemak dalam sistem pencernaan. Ketika tidak berhasil dipecah akan memicu terjadinya rasa mual.

  1. Gula Darah Tinggi

Gula darah tinggi merupakan salah satu gejala jika pankreas sedang bermasalah. Organ ini menghasilkan insulin untuk membantu penyerapan gula dalam darah ke sel-sel dalam tubuh. Saat pankreas mengalami masalah, maka produksi insulin juga ikut bermasalah.

 

Hilda

Related Posts

Obat Herbal Gagal Ginjal, Menyembuhkan Tanpa Cuci Darah

Obat Herbal Gagal Ginjal, Menyembuhkan Tanpa Cuci Darah

Bolehkah Menjemur Bayi Saat Demam?

Bolehkah Menjemur Bayi Saat Demam?

Saat Diare, Berapa Kali Bayi BAB Jika  Minum Susu Formula dalam Sehari?

Saat Diare, Berapa Kali Bayi BAB Jika  Minum Susu Formula dalam Sehari?

Tekanan Darah Rendah

Tekanan Darah Rendah