SNI Garam

SNI Garam

SNI merupakan singkatan dari Standart Nasional Indonesia. Ketentuan SNI akan selalu berikan kepada produk-produk Indonesia yang menyangkut unsur keamaan pengguna maupun konsumen. Oleh karenanya, bukan hanya helm yang umumnya kita ketahui, SNI garam juga ada, terutama bagi garam konsumsi.

Surat keputusan SNI sendiri diterbitkan secara khusus oleh Badan Standardisasi Nasional yang berkantor pusat di ibu kota. Manfaat kode SNI adalah melegitimasi sebuah produk sudah aman digunakan oleh para ahli. Dengan demikian, masyarakat umum merasa lebih aman dalam memilih konsumsi garam.

Cara mengetahui sebuah produk sudah melalui uji kualitas SNI atau belum, calon konsumen tinggal mencari di bagian kemasan. Biasanya terdapat dibagian atas, samping atau bawah. Logo nya pun sangat mudah dikenali sebab berbentuk tulisan SNI.

Mengetahui Isi ketentuan Nasional pada Garam Konsumsi

Badan Standardisasi Nasional telah merumuskan ketentuan khusus terkait garam layak edar dan tidak. Peraturan terakhir disampaikan dalam surat keputusan bertahun 2010 dan sudah tersimpan rapi dalam ruang arsip Perpustakaan Biro Humas. Selain ini, keputusan ini sendiri merupakan revisi dari SNI 01-3556-2000.

Tujuan dikeluarnya surat ketentuan SNI ialah untuk menjamin bahwa garam yang diedarkan kepada masyarakat adalah aman. Tidak mengandung zat berbahaya atau berpotensi memicu sumber penyakit baru karena isi takaran tidak pas. Dengan demikian, NSI tidak hanya berhak memberikan cap legal, namun juga melakukan pemberantasan produk-produk yang ternyata tidak sesuai ketentuan.

Selanjutnya, Badan NSI berhak mengawasi jalannya perdagangan komoditas konsumsi. Sebab perdagangan ilegal, baik penyelelundupan atau transaksi ilegal sangat berpotensi non-kualitas. Problem seperti ini tentu tidak dapat dianggap sepele sebab sangat merugikan banyak pihak.

Dalam soal makanan, NSI berhak untuk menetapkan bagaimana ketentuan makanan layak edar. Misalkan saja pada garam, harus memiliki kandungan yodium tepat, tidak lebih maupun kurang sebab dapat menimbulkan masalah kesehatan.

SNI juga melakukan serangkaian uji laboratorium bersama para ahli mutakhir sehingga kualitas benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

Demikian sekilas penjelasan mengenai SNI garam. Semoga bermanfaat.

 

 

Hilda

Related Posts

Cara Melatih Bayi Cepat Bicara – Tips Bagi Orang Tua

Cara Melatih Bayi Cepat Bicara – Tips Bagi Orang Tua

Bahaya Telur Puyuh Untuk Bayi

Bahaya Telur Puyuh Untuk Bayi

fallback-image

Timothy Castagne yakin Leicester menemukan titik lemah West Brom di babak kedua

Faktor-Faktor Mengapa Bayi Terlambat Tumbuh Gigi

Faktor-Faktor Mengapa Bayi Terlambat Tumbuh Gigi