Begini Cara Mengisi Tinta Printer Canon Sesuai Tipenya

Begini Cara Mengisi Tinta Printer Canon Sesuai Tipenya

Mesin printer atau pencetak sudah menjadi kebutuhan sekarang ini saat semua orang sudah mempergunakan perangkat komputer. Hampir semua orang menggunakan komputer dan printer sebagai alat untuk mengerjakan tugasnya. Bukan hanya di kantor saja tetapi di rumah juga mereka sudah melengkapinya dengan kedua perangkat tersebut.

Di pasaran kita bisa menemukan beberapa merk dan tipe printer yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tetapi memang dari beberapa tersebut hanya satu dua merk saja yang populer dan banyak digunakan masyarakat. Sebagai contoh adalah printer merk Canon yang memang sudah lama dikenal oleh masyarakat. Canon menyediakan beberapa tipe printer untuk konsumennya.

Agar bisa digunakan maka mesin printer harus ada tintanya sedangkan Canon termasuk yang cukup sulit dalam hal isi ulang tinta. Untuk membantu Anda yang pernah mengalami kesulitan dalam mengisi ulang tinta, silahkan ikuti penjelasan berikut ini.

Mengisi Ulang Tinta Printer Canon Sesuai Tipenya

Printer Canon Pixma Ip2770

Menurut beberapa literatur mengisi ulang tinta pada printer Canon tipe Ip2770 tergolong paling mudah dilakukan. Menurut Berakal.com hal tersebut disebabkan oleh karena printer tipe tersebut memang tergolong jadul. Tapi meskipun jadul nyatanya masih cukup banyak orang yang mempergunakan printer tipe ini.

Printer Canon Ip2770 terdiri 2 jenis cartridge yaitu untuk warna hitam dan tinta berwarna. Jadi saat mengisinya juga harus tepat, jangan sampai tinta hitam dimasukkan dalam cartridge warna dan sebaliknya.

Begini langkah dalam mengisi ulang tinta Canon Ip2770 dengan mudah.

  • Nyalakan printer terlebih dahulu, caranya tekan pada tombol “On”
  • Tunggu printer hingga dalam status “Standby”
  • Buka cover printer dengan hati-hati ke arah atas lalu lepaskan cartridge pelan-pelan saat posisinya tepat berada di tengah.
  • Hati-hati saat melepas cartridge jangan sampai tangan menyentuh pada bagian elemennya.
  • Jika baru pertama kali mengisi ulang tinta maka buatlah lubang terlebih dahulu. Caranya, lepaskan pelan kertas label pada cartridge lalu buatlah lubang menggunakan jarum yang disediakan.
  • Secara perlahan masukkan jarum berisi tinta ke dalam lubang cartridge sampai terasa menyentuh gabus didalamnya. Jangan lupa untuk menutup dengan tisu bagian kepala cartridge agar tidak ada kebocoran tinta.
  • Masukkan tinta sebanyak 20 ml saja agar tidak tumpah dan membuat cetakan tidak bagus nantinya. Usap mulut semprot tinta memakai tisu.
  • Pasang kembali cartridge seperti semula.
  • Lakukan langkah yang sama untuk tinta berwarna hanya saja sesuaikan lubang dengan warna tintanya.
  • Perhatikan : isi ulang dulu tinta warna hitam baru yang berwarna.

Printer Canon Pixma MG2570S

Tipe printer Canon terbaik lainnya yaitu Pixma MG2570S. Kelebihan dari printer ini adalah bisa menghasilkan warna yang tajam dan bagus. Begini cara untuk mengisi ulang tinta pada printer tipe MG2570S.

  • Tekan tombol “On” untuk menghidupkan printer.
  • Buka bagian penutup printer dan tunggu hingga cartridge berada di tengah lalu copot pelan-pelan dengan menekan bagian bawahnya.
  • Usahakan jangan sampai tangan menyentuh bagian elemen cartridge.
  • Buka bagian stiker cartridge, jika baru pertama isi ulang lakukan dulu pelubangan memakai bor tangan.
  • Isikan tinta sesuai dengan cartridge menggunakan alat refill yang sudah tersedia. Isikan sekitar 5 ml saja.
  • Bersihkan kepala semprot menggunakan tisu dan jangan lupa menempelkan stikernya kembali.
  • Pasang lagi cartridge pada printer dan restart sebelum digunakan.

Mengisi ulang tinta printer memang gampang-gampang susah perlu waktu agar bisa melakukannya dengan baik. Agar lebih mudah silahkan simak tips berikut ini.

Tips Isi Ulang Tinta Printer

Siapakan Dulu Alat yang Dibutuhkan

Agar acara isi ulang tinta printer bisa lancar dan tidak berceceran dimana-mana siapkan dulu semua peralatan yang akan digunakan. Beberapa peralatan yang diperlukan yaitu :

  • – Tinta untuk isi ulang yang sangat disarankan sesuai dengan merk dari printernya dalam hal ini adalah Canon.
  • – Jarum/ paku/ bor tangan untuk melubangi cartridge.
  • – Syringe atau alat suntik untuk mengisikan tinta.
  • – Tisu bersih untuk mengelap sisa tinta pada cartridge.

Gunakan Jenis Tinta yang Sama

Agar tidak merusak cartridge usahakan untuk memakai jenis tinta yang sama setiap kali melakukan isi ulang. Tinta Canon yang ada di pasaran terdiri dari 2 jenis yang dibedakan berdasarkan kekentalannya. Gunakan salah satunya dan jangan ganti lagi.

Gunakan Tinta Asli

Anda memang bisa menemukan tinta printer dengan banyak merk tetapi yang terbaik adalah yang orisinal atau asli. Jika  printer Anda merk Canon maka tinta Canon adalah yang terbaik.

Hilda

Related Posts

6 Tips Menjadi Foto Model

6 Tips Menjadi Foto Model

Cara Menghilangkan Notifikasi di Laptop dengan Aman Dan Mudah

Cara Menghilangkan Notifikasi di Laptop dengan Aman Dan Mudah

Sudah Tahu Cara Setting Kamera DSLR ? Yuk Intip Ulasannya Disini

Sudah Tahu Cara Setting Kamera DSLR ? Yuk Intip Ulasannya Disini

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Rusak Sebagian

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Rusak Sebagian