fallback-image

Yuk Kulik 6 Alasan Harus Ikut Try Out STAN untuk Asah Kemampuan

Pasca kelulusan Sekolah Menengah Atas anda mulai berpikir, hendak melanjutkan pendidikan kemana. Mulai mendaftar ke Universitas Negeri, Akademi Militer, ataupun Sekolah Kedinasan. Anda harus menimbang dari beberapa pilhan mana yang paling unggulan. Jika ingin selepas pendidikan langsung bekerja disarankan untuk memilih PKN STAN. Untuk mempersiapkannya anda bisa mengikuti try out STAN, untuk adu kemampuan.

Uji Kompetensi Diri Agar Lebih Percaya Diri

  1. Menguji Kemampuan Diri

Setiap tahunnya jumlah pendaftar Politeknik Keuangan Negara STAN meningkat, karena memang menjadi destinasi akademi para pelajar. Namun pihak PKN STAN hanya menerima mahasiswa sekitar 10 persen dari jumlah pendaftar. Lalu apa yang membuat STAN begitu diminati? Alasan utamanya adalah anda dapat berkuliah gratis selama masa pendidikan, dan tidak dipungut biaya apapun. Selain itu setelah lulus pun anda langsung mendapat penempatan kerja.

PKN STAN sendiri dinaungi oleh Kementerian Keuangan dan biaya kuliah ditanggung oleh negara. Meskipun demikian aturan menjadi mahasiswa PKN STAN sangat ketat, dan menuntut untuk disiplin. Bagi mahasiswa yang terlihat malas-malasan akan diberikan sanksi, berupa pencabutan almamater atau langsung Drop Out. Maka dari itu tes ujian masuk STAN benar-benar disaring, sesuai dengan standar tinggi yang telah ditetapkan.

Untuk anda yang memiliki keingin bersekolah di STAN, ada baiknya mempersiapkan diri lebih dini. Mulai melatih kemampuan dengan beragam soal-soal ujian masuk, dan memperdalam pengetahuan di bidang ekonomi. Sesekali anda bisa mengikuti try out STAN yang sering diselenggarakan oleh beberapa bimbingan belajar. Dengan begitu anda bisa mengukur sejauh mana anda mendalami materi, untuk persiapan ujian tes seleksi masuk PKN STAN.

  1. Membaca Peluang Pesaing

Perlu anda tahu bahwa jumlah pendaftar PKN STAN berasal dari seluruh Indonesia, yang tidak bisa diperkirakan berapa pastinya. Anda harus bisa memetakan sendiri berapa jumlahnya dengan memperkirakan kemungkinan. Dengan mengikuti beberapa tes uji coba anda mungkin bisa mengukur, berapa kira-kira jumlah pesaing. Tujuannya bukan untuk mengunggulkan diri, tetapi untuk melihat pada batas mana kemampuan anda berada.

Seandainya kurang dari standar yang ditentukan, maka anda harus meningkatkan latihan diri. Mengukur sendiri mana materi yang harus anda benahi, dan menambah porsi belajar. Namun tidak perlu memaksakan diri cukup mengatur waktu belajar, sesuai dengan kemampuan fisik. Tetapi jika cukup bahkan lebih dari standar anda tetap melanjutkan latihan soal, dan menambah kecepatan mengerjakan soal.

  1. Mendapat Gambaran Soal

Terkadang soal ujian masuk PKN STAN tidak jauh berbeda setiap tahunnya, tetapi memiliki pola. Anda hanya perlu mempelajari latihan soal sebanyak mungkin, jika bisa range soal setahun hingga lima tahun lalu. Setelah itu cobalah untuk mengikuti try out STAN, untuk mendapat gambaran soal ujian masuk. Dengan begitu mudah bagi anda untuk mengukur mana materi yang anda pahami, dan punya banyak waktu untuk membenahinya.

Meskipun soal ujian masuk PKN STAN tidak banyak berubah, bukan berarti anda bisa meremehkannya. Karena biasanya pihak pembuat soal menaikkan sedikit tingkat kesulitannya. Hal tersebut tergantung dari perubahan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan, dan pihak pengelola akademi. Mengingat lulusan PKN STAN lagsung ditempatkan di Kementerian, atau beberapa instansi pemerintahan.

  1. Memperkirakan Standar Nilai

Setiap tahunnya pihak pengelola akademi PKN STAN memiliki standar nilai yang berbeda. Hal ini disebabkan lulusan PKN STAN akan ditempatkan di beberapa instansi pemerintah, tanpa mengikuti tes seleksi seperti pegawai lainnya. Maka dari itu perlu melakukan seleksi calon mahasiwa dan mencari bibit unggulan. Jadi tidak heran jika ujian masuk PKN STAN cukup sulit, karena mereka memiliki standar kualifikasi yang harus dipenuhi.

Dengan mengikuti try out STAN anda bisa memperkirakan, berapa standar kualifikasi yang dibutuhkan oleh PKN STAN. Beberapa kali percobaan anda akan melihat sejauh mana batas kemampuan yang anda miliki. Jika kurang bukan berarti harus menyerah justru menambah porsi latihan soal. Namun tetap disesuaikan dengan kemampuan fisik misalnya saat latihan cukup mengerjakan 50 soal, kini ditambah menjadi 70 soal dalam sehari.

Latihan soal sebanyak mungkin dan dilakukan secara rutin, akan meningkatkan daya kecepatan berpikir. Anda akan terbiasa dengan beragam soal jadi meskipun diubah ke tingkat yang lebih sulit, hal tersebut tidak menjadi masalah. Karena anda sudah memahami pola setiap soal, dan bisa menjawabnya dengan tepat. Dengan latihan soal setiap hari anda juga bisa memperkirakan standar nilai, sehingga tahu batas kemampuan diri.

  1. Menambah Kecepatan saat Menjawab Soal

Mengikuti try out STAN tidak hanya mengasah kemampuan saja, tetapi juga untuk mengukur kecepatan menjawab. Ujian masuk PKN STAN memiliki 3 tahapan seleksi yaitu ujian tertulis, psikotes, dan ujian kebugaran. Poin terbanyak diperoleh dari ujian tertulis dengan standar kualitas soal yang cukup sulit. Anda harus menjawab 175 soal dalam waktu 2 jam lebih 30 menit. Dalam kurun waktu tersebut anda harus cerdik memanfaatkan waktu, untuk mengisi semua jawaban.

Disinilah fungsi latihan soal dan uji coba kemampuan di setiap kesempatan, yang digelar beragam lembaga. Semakin sering anda mengikutinya otak anda akan terbiasa untuk menjawab soal dengan cepat. Anda bisa memperkirakan satu soal nantinya harus dijawab dalam wkatu berapa menit. Selain itu anda sudah paham pola setiap soal dan trik menjawabnya, jadi kemungkinan jawaban kosong sangat kecil.

  1. Simulasi Ujian Masuk

Ketika anda mengikuti try out STAN posisikan diri seperti mengikuti ujian masuk sesungguhnya. Hal tersebut berguna untuk melatih kesiapan mental saat menghadapi ujian masuk PKN STAN nantinya. Perkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menjawab keseluruhan soal, dan sisakan 15-20 menit untuk memeriksa ulang jawaban. Jadi saat ujian masuk di depan mata anda tidak perlu merasa gugup, justru lebih percaya diri dan tenang.

Ujian masuk PKN STAN memang bukan sembarang ujian, dan persiapannya sangat kompleks. Tidak hanya membutuhkan kemampuan tingkat tinggi, namun kekuatan mental juga diuji disini. PKN STAN cukup selektif dalam memilih calon mahasiswanya, dan memiliki standar sendiri. Maka dari itu para pelajar Indonesia sudah mempersiapkannya sejak dini, termasuk latihan soal dan mengikuti beberapa try out dari lembaga pendidikan.

Hilda

Related Posts

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Pengucapan Salam Bahasa Arab Beserta Baik dan Benar

Pengucapan Salam Bahasa Arab Beserta Baik dan Benar

Universitas Jenderal Soedirman Menjadi Universitas Terbaik di Purwokerto

Universitas Jenderal Soedirman Menjadi Universitas Terbaik di Purwokerto

Mengenal cimacnoticias.com Website Sumber Ilmu Pengetahuan Terlengkap

Mengenal cimacnoticias.com Website Sumber Ilmu Pengetahuan Terlengkap