Tersesat di hutan liar

Tersesat di hutan liar

Ada banyak orang yang harus mengalami pengalaman tidak terduga dalam hidupnya, misalnya seperti tersesat di hutan liar. Yang dimaksud dengan hutan liar ialah kawasan hutan murni yang jarang atau bahkan tidak pernah disentuh oleh manusia. Adapun ciri-ciri hutan liar ini ialah tidak memiliki tanda-tanda keberadaan manusia serta masih terdapat banyak binatang buas.

Bertahan hidup di tengah kondisi alam demikian tentu saja sangat menegangkan. Beberapa orang yang baru sekali mengalaminya mungkin akan merasa sangat panik sehingga justru mempersulit pikiran untuk dapat menemukan jalan keluar. Meskipun tidak ada rencana untuk melakukan survival di hutan liar, akan sangat baik kiranya mengetahui teknis dasar yang perlu dipahami ketika berada dalam kondisi tersesat di hutan liar.

Teknis dasar survival ketika tersesat di hutan liar

Tetap tenang dan fokus

Ada banyak kasus, korban tersesat tidak menyadari apa penyebab mereka tersesat dan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa korban tidak fokus ketika melalui hutan dan tiba-tiba saja sudah kehilangan arah.

Apabila hal ini terjadi, maka anda harus berusaha untuk tenang. Supaya lebih memudahkan, cobalah untuk duduk bersandar pada pohon. Yakinkan diri sejenak bahwa bantuan akan segera datang. Untuk sementara waktu, pastikan anda benar-benar sudah tenang sebelum melangkah kemanapun.

Mencari sumber air

Langkah penting selanjutnya ialah mencari sumber air berupa sungai. Sebelum beranjak dari tempat terakhir, usahakan memberikan petunjuk yang akan membawa anda ke tempat semula tersebut karena itu akanĀ  membantu tim pencari menemukan anda dari titik terakhir terlihat.

Air merupakan kebutuhan paling mendesak manusia. Oleh karenanya, apabila sudah mendesak segera temukan sumber air. Jika tempatnya memungkinkan, berdiamlah sejenak disana karena tim pencarian pasti akan mengecek wilayah tersebut.

Mecari elemen penghangat

Melewati malam dingin di hutan belantara tentu saja sangat mencekam dan hawanya sama berbahaya nya bagi tubuh dengan serangan hewan buas. Usahakan mencari kulit pohon atau dedaunan untuk menghangatkan tubuh.

Demikian penjelasan mengenai tips dasar ketika tersesat di hutan liar. Semoga bermanfaat.

Hilda

Related Posts

Cara Mengatasi Alergi Dingin Pada Anak

Cara Mengatasi Alergi Dingin Pada Anak

Ini Dia Mitos Gunung Muria di Balik Pesona Indahnya

Ini Dia Mitos Gunung Muria di Balik Pesona Indahnya

Tanda dan Gejala Usus Buntu pada Anak

Tanda dan Gejala Usus Buntu pada Anak

Cara Mendidik Anak Laki – Laki dan Anak Perempuan Berbeda

Cara Mendidik Anak Laki – Laki dan Anak Perempuan Berbeda