Tidak Boleh Diremehkan, Berikut Penyebab Mata Merah Yang Wajib Kamu Ketahui

Tidak Boleh Diremehkan, Berikut Penyebab Mata Merah Yang Wajib Kamu Ketahui

Bola mata manusia diselimuti oleh pembuluh darah halus yang akan mengantarkan oksigen serta beberapa sel mata. Ketika pembuluh dara melebar yang diakibatkan oleh iritasi atau peradangan, membuat penderita mengeluhkan mata sakit dan terlihat kemerahan. Meski dapat hilang, namun akan menjadi gawat ketika keluhan terus berlanjut. Agar tidak salah penanganan, kenali beberapa penyebab mata merah berikut.

Beberapa Faktor Utama Penyebab Mata Menjadi Merah

  1. Benda Asing Masuk Ke Mata

Secara tidak sengaja ada benda asing masuk ke dalam mata atau biasa disebut kelilipan merupakan penyebab umum kenapa mata bisa berubah menjadi merah. Benda asing yang dimaksudkan seperti butiran pasir, debu, ataupun serpihan besi yang kemudian tertiup angin dan terbang menuju mata. Ketika hal ini terjadi, secara otomatis mata akan berubah menjadi merah hingga mengeluarkan air mata yang dapat membantu mengeluarkan benda asing tersebut.

  1. Perdarahan Subkonjungtiva

Berbeda dengan faktor pertama, perdarahan subkonjungtiva diakibatkan pecahnya pembuluh darah pada selaput konjungtiva. Umumnya kondisi satu ini terjadi kepada penderita hipertensi, orang yang sering batuk, ataupun tengah mengkonsumsi obat antikoagulan. Ketika hal ini terjadi, mata akan menjadi sangat merah namun tidak membahayakan karena perdarahan akan diserap perlahan sekitar 2 hingga 4 minggu.

  1. Malposisi Kelopak Mata

Salah satu penyebab mata merah lainnya karena ternyadi malposisi kelopak mata atau adanya kelainan pada posisi kelopak mata. Kondisi ini menyebabkan adanya gangguan di permukaan bola mata, sebab kelopak akan terlipat ke arah dalam yang membuat bulu mata menggores kornea secara tidak sengaja. Apabila kondisi ini terus berlanjut, kemungkinan akan terjadi radag ataupun luka pada kornea.

  1. Konjungtivitis Akibat Alergi

Berbeba dengan ketiga faktor penyebab diatas, sebab konjungtivitis akibat alergi terjadi pada kedua bola mata. Umumnya kondisi ini terjadi ketika seseorang memiliki alergi terhadap parfum, asap, atau bahkan debu. Ketika hal ini terjadi maka mata akan mulai mengeluarkan air mata, terasa gatal, hingga terjadi pembengkakan pada kelopak mata. Langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah menghindari dari paparan zat pemicunya.

  1. Konjungtivitis Akibat Infeksi Virus

Konjungtivitis akibat infeksi virus bisa menjadi penyebab mata merah lain yang tidak boleh diremehkan. Pasalnya faktor satu ini menyebabkan mata berubah kemerahan, terasa seperti berpasir dan menjadi lebih sensitif terhadap cahaya yang masuk ke mata. Akibatnya, mata akan mengeluarkan cairan encer dan terlihat bening dan dapat menular kepada orang lain. Beruntungnya faktor ini tidak berbahaya dan bisa sembuh sekitar 1 hingga 2 minggu saja.

Sebagai satu bagian tubuh, penting bagi kita untuk menjaga mata agar tetap sehat dan terhindari dari berbagai penyakit. Namun ada kalanya mata tiba tiba terasa sakit dan terlihat memerah pada kedua bola mata, atau hanya mata sebelah saja diakibatkan oleh faktor yang berbeda. Dengan mengenali penyebabnya lebih dalam, secara tidak langsung membantu anda mengetahui bagaimana cara tepat menangani permasalahan tersebut.

Hilda

Related Posts

10 Ways to Counterfeit Even More Room Around your house

10 Ways to Counterfeit Even More Room Around your house

Bagaimanakah Anatomi Burung Bangau

Bagaimanakah Anatomi Burung Bangau

Cara Merawat Tali Pusar Bayi yang Baru Lepas agar Tak Infeksi

Cara Merawat Tali Pusar Bayi yang Baru Lepas agar Tak Infeksi

Tersesat di hutan liar

Tersesat di hutan liar