Tips Membeli Ban Motor yang Terjamin Berkualitas

Tips Membeli Ban Motor yang Terjamin Berkualitas

Saat ban motor sudah rusak dan butuh diganti, mungkin kebanyakan dari Anda langsung membeli ban tanpa perlu dipertimbangkan. Sebagian besar orang bahkan menganggap bahwa ban motor itu sama saja dan hanya beda ukurannya saja. Padahal, sebenarnya ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli ban baru untuk motor Anda.

Untuk mendapatkan ban motor yang berkualitas, Anda seharusnya memperhatikan tips membeli ban motor agar tidak salah pilih. Jika belum mengerti, jangan ragu untuk bertanya atau konsultasi dengan teknisi bengkel mengenai ban yang cocok dengan motor Anda. Jangan sembarangan dalam memilih ban motor, karena bisa membahayakan Anda di jalan dan tidak tahan lama.

Tips Membeli Ban Motor yang Berkualitas

Ban motor itu sendiri juga memiliki karakter yang berbeda-beda, oleh sebab itu Anda tidak boleh sembarangan dalam membeli ban baru. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum membeli ban motor baru, antara lain:

  1. Menyesuaikan Ukuran dan Kebutuhan

Saat ini sudah banyak sekali model dan ukuran sepeda motor, begitu pula dengan ban motornya yang berbeda-beda. Setiap motor membutuhkan ban yang berbeda dilihat dari tipe, fungsi, karakter maupun ukurannya. Ukuran ban motor juga tergantung dari pelek yang dipakai. Ukuran standar yaitu 70/90 dan 80/90, sedangkan untuk motor injeksi menggunakan ukuran 80/90 dan 90/90.

Selain menyesuaikan ukuran dengan pelek yang digunakan, tujuan penggunaan motor juga perlu dipertimbangkan. Sepeda motor yang digunakan untuk harian tentu membutuhkan ban yang berbeda dengan motor untuk touring atau perjalanan jauh.

  1. Menyesuaikan dengan Jalan yang Dilalui

Tips membeli ban motor selanjutnya yaitu disesuaikan dengan jalanan yang dilalui motor. Jalanan aspal dengan bebatuan atau tanah tentu saja membutuhkan jenis ban yang berbeda. Untuk jalanan aspal, Anda bisa menggunakan ban tipe soft compound, namun sangat tidak disarankan dipakai di jalanan rusak atau berbatu. Ban off road lebih cocok dipakai pada jalanan rusak atau berbatu yang tidak mulus.

  1. Pilih Permukaan Telapak Sedang

Mungkin beberapa orang lebih suka menggunakan ban dengan permukaan telapak yang kecil karena lebih irit. Hal ini karena ban ini tidak banyak menyedot tenaga dari mesin karena bidang yang bergesekan juga relatif kecil. Namun, ban ini lebih mudah terpeleset atau terpelanting dan juga rentan pecah, sehingga cukup membahayakan. Jadi, gunakan ban dengan permukaan telapak sedang yang lebih stabil dan aman.

  1. Lihat Tahun Pembuatan Ban

Hampir sama dengan membeli makanan di supermarket, tips membeli ban motor juga dilakukan dengan melihat tahun pembuatan. Dengan melihat tahun pembuatan, Anda bisa memperkirakan usia ban tersebut, jangan beli ban yang sudah lama di toko. Dengan membeli ban keluaran terbaru, diperkirakan ban tersebut akan lebih awet dan tahan lama. Berbeda dengan ban yang umurnya sudah lama di toko, bisa cepat rusak.

  1. Menyesuaikan dengan Bujet

Tak bisa di pungkiri bahwa kualitas ban yang bagus biasanya dijual dengan harga yang fantastis. Namun, jangan terlalu memaksakan diri jika memang bujet nya tidak mencukupi. Oleh karena itu, sebelum membeli ban sebaiknya tentukan dulu berapa bujet nya agar bisa menentukan jenis ban yang akan dibeli. Jangan tergiur membeli ban mahal jika bujet tidak cukup atau ban tidak sesuai dengan kebutuhan.

Perbedaan Ban Kering dan Ban Basah

Mungkin Anda sudah tahu bahwa ban motor dikategorikan menjadi tiga macam yaitu ban kering, ban basah dan ban kering-basah. Ketiga tipe ban motor ini ternyata juga banyak berpengaruh saat dipakai dan jadi pertimbangan saat membeli ban baru. Ban kering memiliki sedikit alur atau bahkan tidak ada sama sekali dan cocok untuk jalanan kering.

Sedangkan ban basah lebih cocok digunakan saat musim hujan dengan banyak alur untuk menghindari selip atau terpeleset. Namun, karena Kita tinggal di Indonesia yang beriklim tropis, jalanan bisa saja kering atau basah saat musim hujan. Jadi, pilihan paling tepat adalah menggunakan ban kering-basah dengan alur yang tidak terlalu banyak. Untuk membeli ban, Anda bisa mengecek kode pada ban yang biasanya tertulis wet, dry atau wet dry.

Setelah membeli ban yang sesuai dengan motor Anda, jangan lupa untuk menjaga dan merawatnya agar tidak mudah rusak. Oleh sebab itu, Anda juga perlu membaca owner manual guide pdf agar bisa menggunakan motor dengan baik sesuai standar. Hal ini juga berlaku untuk komponen lainnya pada sepeda motor yang perlu dirawat dengan baik.

Hilda

Related Posts

Mengintip Jenis Jenis Busi Motor Berserta Fungsinya Di Sini

Mengintip Jenis Jenis Busi Motor Berserta Fungsinya Di Sini

Cara Mengendarai Mobil Matik

Cara Mengendarai Mobil Matik