Tips Mengerjakan Soal Ujian Bahasa Inggris

Tips Mengerjakan Soal Ujian Bahasa Inggris

Tidak bisa di pungkiri jika sebagian besar pelajar menganggap mata pelajaran bahasa inggris merupakan momok yang menakutkan. Kenapa demikian? Banyak di antaranya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti tidak tahu konsepnya, kurang mengetahui dan memahami artinya maupun materi yang diberikan guru.

Solusi dari permasalahan ini yaitu belajar lebih keras lagi. Salah satu caranya dengan menghafal kosakata dan juga vocabulary. Selain itu, juga perlu untuk memahami setiap tipe atau topik soal ujian bahasa inggris yang diberikan. Kalaupun cara tersebut dirasa masih kurang cukup, tidak ada salahnya untuk datang ke Kampung Inggris-World English.

Supaya Anda lebih siap untuk mengerjakan soal ujian bahasa inggris, maka harus mengetahui beberapa tips-nya. Beberapa tips tersebut akan membantu dan mempermudah menjawab pertanyaan yang diberikan. Apa sajakah itu? Supaya lebih jelas simak uraian di bawah ini.

2 Tipe Soal Ujian Bahasa Inggris

  1. Listening Section

Tipe pertama yang juga muncul pada bagian awal dan harus dikerjakan adalah listening section. Saat sesi ini siswa akan diperdengarkan sebuah percakapan, bacaan tidak lengkap dan juga monolog. Selanjutnya siswa diharuskan untuk menjawab pertanyaan yang ada di kertas jawaban.

Adapun tips sukses mengerjakan sesi ini adalah selalu berkonsentrasi dan mendengarkan dengan baik. Selanjutnya mencatat poin-poin penting yang ditekankan oleh pembicara. Terakhir tidak perlu panik karena soal akan diulang dua kali. Apabila belum bisa fokus, masih ada kesempatan untuk memperhatikan saat soal diulang kembali.

  1. Reading Section

Tipe soal ujian bahasa inggris yang kedua adalah reading section. Saat sesi ini siswa diharuskan untuk membaca karena akan disuguhi suatu cerita lengkap dengan beberapa pertanyaan. Hal pertama untuk mengerjakannya adalah dengan terlebih dahulu membaca dengan cepat sambil menggarisbawahi poin-poin penting. Lalu jawablah soal satu per satu dengan benar.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengerjakan reading section. Pertama, harus mengetahui ide utama cerita suatu bacaan. Kedua, bisa menjawab pertanyaan mengenai sinonim, soal seperti ini mengharuskan menguasai tentang kosakata dan vocabulary. Supaya bisa menjawab semua soal reading yang diberikan, alangkah baiknya untuk menggunakan waktu sebaik mungkin.

6 Tips Mengerjakan Soal Ujian Bahasa Inggris

  1. Memahami Petunjuk dan Simak dengan Baik

Soal ujian bahasa inggris biasanya ada dua sesi yaitu listening dan reading. Soal-soal listening biasanya berada di bagian awal. Kemudian baca dan pahami petunjuknya supaya tidak perlu berulang kali membacanya. Cara ini bisa lebih menghemat waktu serta lebih fokus mendengarkan listening yang sedang berjalan.

  1. Membaca Text dengan Cepat

Tips selanjutnya adalah membaca text dengan cepat saat sesi reading. Tujuannya supaya bisa menjawab pertanyaan dengan benar. Namun, membaca juga ada trik-nya mengingat waktu ujian sangat terbatas. Oleh karena itu, usahakan untuk membaca soal dengan cepat atau skimming. Hal ini harus dilakukan supaya lebih mudah memahami pokok gagasan suatu text dalam waktu singkat.

  1. Menjawab Sesuai Teks

Saat mengerjakan soal reading, pasti akan menemukan keterangan seperti “according to the text”. Maksudnya jawaban dari pertanyaan tersebut harus sesuai dengan teks yang disediakan. Jangan menjawab soal bahasa inggris sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki. Hal ini justru akan menjebak sehingga memberikan jawaban yang salah.

  1. Lompati Pertanyaan yang Sulit

Saat ujian bahasa inggris sedang berlangsung pasti ada saja soal yang sulit untuk dikerjakan. Jika menemukan soal seperti itu jangan ragu untuk melompatinya. Hal ini dikarenakan waktu ujian sangat terbatas sehingga manfaatkan sebaik mungkin. kerjakan yang mudah terlebih dahulu supaya saat waktunya selesai semua soal sudah berhasil dijawab.

  1. Tebak Kata-kata yang Belum Dipahami

Saat mengerjakan soal bahasa inggris biasanya akan menemukan kosakata atau vocabulary yang belum diketahui artinya. Soal-soal seperti itu sebenarnya bisa diakali. Caranya dengan menebak arti kata dengan memahami konteks dalam kalimat terlebih dahulu. Menggunakan cara ini setidaknya akan mendapatkan ide atau pemahaman mengenai kalimat tersebut.

  1. Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Biasanya untuk mengerjakan soal ujian bahasa inggris akan diberikan durasi 90 menit. Reading section biasanya menghabiskan banyak waktu, terutama untuk membaca bacaan. Maka dari itu, gunakan waktu yang diberikan dengan sebaik mungkin supaya semua pertanyaan selesai terjawab.

Nah itulah tips mengerjakan soal ujian bahasa inggris. Apabila ingin mempersiapkan diri dengan baik bisa kursus di Kampung Inggris-World English. Diharapkan uraian di atas bisa membantu dalam mempersiapkan ujian dengan sebaik mungkin.

 

Hilda

Related Posts

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Pengucapan Salam Bahasa Arab Beserta Baik dan Benar

Pengucapan Salam Bahasa Arab Beserta Baik dan Benar

Universitas Jenderal Soedirman Menjadi Universitas Terbaik di Purwokerto

Universitas Jenderal Soedirman Menjadi Universitas Terbaik di Purwokerto

Mengenal cimacnoticias.com Website Sumber Ilmu Pengetahuan Terlengkap

Mengenal cimacnoticias.com Website Sumber Ilmu Pengetahuan Terlengkap