Cara Upload Web Localhost ke Hosting Yang Mudah

Cara Upload Web Localhost ke Hosting Yang Mudah

Cara Upload Web Localhost ke Hosting merupakan salah satu tutorial yang banyak orang cari untuk dapat mengupload sebuah web yang telah dibuat di komputer pribadi baik menggunakan CMS seperti WordPress ataupun web buatan sendiri untuk bisa di hosting dan diakses secara online.

Karena itu, jika kalian telah membuat sebuah web di komputer PC ataupun Laptop menggunakan localhost dengan bantuan XAMPP dan sekarang website tersebut telah fix dan ingin dionlinekan. Maka langkah selanjutnya yang harus kalian tempuh adalah mengupload seluruh web localhost yang telah dibuat ke sebuah hosting.

Tapi, sebelum mengupload ke hosting, tentunya kalian harus memilih penyedia hosting yang terbaik dan terpercaya yang digunakan untuk meletakan web yang telah dibuat tersebut untuk dapat diakses secara online dengan loading web yang cepat. Maka dari itu, sebelum masuk ke cara upload web localhost ke hosting, kami akan merekomendasikan kalian untuk membeli hosting terlebih dahulu dengan cara berikut.

Cara Membeli Hosting Untuk Mengupload Web Localhost

Sekarang ini telah banyak penyedia hosting yang dapat kalian pilih untuk mengaktifkan web localhost yang telah dibuat untuk bisa diakses secara online. Ada penyedia hosting lokal ataupun luar negeri, tapi untuk pemula kami sarankan kalian membeli hosting di penyedia hosting lokal yaitu Niagahoster.

Karena Niagahoster merupakan salah satu penyedia hosting lokal yang sudah banyak dipercaya karena memiliki koneksi hosting yang cepat, unlimited dan harganya yang murah. Untuk mendapatkan harga promo hosting terbaru, kalian bisa masuk ke halaman utama di niagahoster.co.id.

pxhere.com

Layarnan yang ditawarkan oleh Niagahoster untuk paket unlimited mulai dari 10 ribuan loh, untuk cloud hosting harga mulai 150 ribu, cloud VPS hanya 104 ribu dan domain juga sangat murah harganya mulai dari 14 ribuan saja.

Untuk cara membeli hosting untuk mengupload web localhost di Niagahoster, silahkan simak beberapa langkah berikut ini :

  1. Langkah pertama kalian buka website Niagahoster di niagahoster.co.id
  2. Setelah itu pilih paket hosting yang ingin dibeli baik paket Unlimited Hosting, Cloud Hosting ataupun Cloud VPS dari Niagahoster.
  3. Kami contohkan kalian membeli paket Unlimited Hosting pelajar 1 tahun dengan gratis domain, kemudian pilih paket yang ingin kalian beli dan isikan data yang dibutuhkan dan lakukan pembayaran.
  4. Setelah melakukan pembayaran, kita akan diberikan akses untuk ke panel hosting dari pihak niagahoster melalui email ataupun di halaman dasbord niagahoster.

Nah jika kalian sudah masuk ke tahap ini, berarti kalian sudah bisa melanjutkan ke tahap cara upload web localhost ke hosting. Karena syarat utama agar web localhost yang kita buat secara offline agar bisa diakses secara online, kita harus memiliki hosting dan domain terlebih dahulu.

Cara Upload Web Localhost ke Hosting

Setelah proses pembelian hosting dan domain telah kalian lakukan, berikut ini adalah penjelasan tentang tutorial dan cara upload web localhost ke hosting. Disini kami mencontohkan kalian telah membuat web localhost menggunakan CMS WordPress secara offline di komputer PC atau laptop dan ingin menguploadnya ke hosting.

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk mengupload web local host ke hosting :

Yang perlu dipersiapkan :

  • Website WordPress yang sudah dikonfigurasi di localhost
  • Plugin Duplicaor di localhost diinstall terlebih dahulu
  • User dan password access ke server hosting yang telah dibeli bisa menggunakan FPT atau control panel
pxhere.com

Cara membuat File Duplicator

  1. Langkah pertama masuk ke wordpress di localhost komputer atau laptop, kemudian kalian install sebuah plugin bernama Duplicator dan jangan lupa aktifkan plugin tersebut.
  2. Selanjutnya kalian masuk ke plugin Duplicator di dashboard WP di localhost dan klik Create New.
  3. Tidak ada yang perlu dirubah atau diedit, kemudian klik Next dan secara otomatis plugin Duplicaror akan melakukan proses pengecekan dan jika semua telah selesai, lanjutkan dengan klik Build untuk membuat sebuah file Dupliacator yang digunakan untuk diupload ke hosting server.
  4. Kemudian didalamnya akan ada file Archive yang dikompresi dan juga terdapat file installer.php. Kedua file tersebut kalian download dengan mengklik tombol berwarna biru sampai proses download berlangsung dan sesai mendownload.

Cara Upload File Duplicator

Setelah file duplicator di download, sekarang kalian dapat mengupload file duplicator tadi ke hosting. Kalian bisa menggunakan menu control panel ataupun FPT Client yang telah didapatkan saat membeli hosting.

Setelah itu kalian upload file yang telah di download tadi ke direktori hosting mengunggah file installer.php dan Archive.zip ke direktori /public_html/.

Restore File Duplicator di Hosting

Sebelum merestore web localhost yang telah diupload tadi, kalian buat dahulu database dan user MySQL baru di halaman panel hosting yang kalian miliki.

Terakhir kalian lakukan restore file yang telah diupload ke hosting tadi dengan cara berikut :

  1. Jika semua proses diatas sudah terlewati, lanjutkan dengan mengakses installer.php di browser yang kalian gunakan. Kalian akses url www.namadomainandayangsudahdibeli.com/wordpress/installer.php
  2. Kemudian akan tampil beberapa form yang harus kalian isikan sesuai dengan nama database, user, password MySQL yang telah dibuat.
  3. Jika sudah selesai mengisikan data lanjut dengan checklist tulisan I have read all warnings & notices dan terakhir klik Run Deployment untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
  4. Disini akan ada form yang wajib kalian isikan lagi tentang detail situs yang ingin kalian buat.
  5. Jika semua form diatas telah diisi, lalu kalian konfirmasi semua informasi tersebut telah diisi dengan benar dan website locakhost kalian buat sudah bisa diakses secara online.

 

Hilda

Related Posts

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Pengucapan Salam Bahasa Arab Beserta Baik dan Benar

Pengucapan Salam Bahasa Arab Beserta Baik dan Benar

Universitas Jenderal Soedirman Menjadi Universitas Terbaik di Purwokerto

Universitas Jenderal Soedirman Menjadi Universitas Terbaik di Purwokerto

Mengenal cimacnoticias.com Website Sumber Ilmu Pengetahuan Terlengkap

Mengenal cimacnoticias.com Website Sumber Ilmu Pengetahuan Terlengkap