Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Amandel pada Anak

 

 

Semua orang memang memiliki amandel yang terletak di kerongkongan atau pangkal lidah. Hanya saja yang menjadi masalah adalah ketika amandel tersebut mengalami peradangan dan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Terlebih jika radang amandel tersebut dialami oleh anak-anak pasti akan sangat mengganggu.

Radang amandel yang terjadi pada anak kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini.

Faktor Penyebab Radang Amandel pada Anak

Infeksi Virus dan Bakteri

Terjadinya peradangan pada amandel bisa disebabkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh beberapa jenis virus. Radang amandel bisa disebabkan antara lain oleh virus herpes simplex, influenza dan lainnya. Sementara bakteri Streptoccus Grup A juga bisa menjadi penyebab infeksi yang membuat amandel meradang.

Usia yang Masih Muda

Mengapa orang dewasa sangat jarang yang memiliki masalah gangguan peradangan pada amandel? Penyebabnya adalah karena radang amandel memang lebih mudah menyerang mereka yang usianya masih sangat muda. Itulah mengapa biasanya anak-anak yang mengalami radang amandel hingga kadang harus dilakukan operasi.

Radang amandel yang disebabkan oleh bakteri umumnya dialami oleh anak usia 5 hingga 15 tahun. Sedangkan infeksi karena virus bisa menyebabkan radang amandel pada usia yang lebih muda lagi.

 

 

 

 

Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Amandel pada Anak
Scroll to top