Inilah Jenis Jenis Usaha Rumahan yang Cocok untuk Sambilan

Inilah Jenis Jenis Usaha Rumahan yang Cocok untuk Sambilan

 

 

Usaha rumahan sangat cocok dilakukan oleh para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Menjalani usaha dan bisnis dari rumah akan membuat para ibu masih bisa mengurus keluarga namun tetap memiliki penghasilan. Bukan hanya ibu rumah tangga saja yang bisa melakukan usaha rumahan tetapi juga mereka yang ingin menambah pendapatan.

Biasanya orang agak enggan memulai usaha mandiri atau berwirausaha karena merasa tidak memiliki modal. Padahal Anda tidak harus memiliki modal besar untuk bisa memulai bisnis dan menjadi wirausaha. Masih banyak jenis bisnis yang bisa dimulai dengan modal tidak terlalu besar namun hasilnya lumayan. Salah satunya adalah usaha rumahan yang bisa Anda mulai saat ini juga.

Beragam jenis usaha rumahan bisa Anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan dan menambah pundi-pundi penghasilan. Anda bisa memilih mana jenis usaha rumahan yang paling sesuai dengan passion ataupun minat Anda.

Jika masih belum memiliki ide usaha rumahan apa yang bagus silahkan pilih salah satu dalam daftar berikut ini.

Usaha Rumahan yang Cocok Sebagai Sambilan

Bisnis Laundry Kiloan

Saat ini gaya hidup orang mulai berubah yang disebabkan oleh kondisi dan situasi zaman. Orang sekarang semakin sibuk saja sehingga waktu untuk mengerjakan hal lain di rumah hampir tidak ada. Itulah salah satu faktor yang membuat orang mulai membuka usaha laundry kiloan. Anda juga bisa melakukan bisnis yang sama yaitu membuka laundry kiloan yang bisa melayani cuci atau seterika baju saja.

Pencucian Motor dan Mobil

Kalau di rumah Anda memiliki halaman atau lahan yang cukup luas bisa mencoba bisnis tempat pencucian motor dan mobil. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini tidak besar hanya sekitar Rp. 2 jutaan saja. Keperluan yang harus disiapkan hanyalah kompresor, pompa air, sabun kendaraan, semir ban dan lap saja.

Di berbagai tempat usaha tempat cuci motor dan mobil cukup ramai dikunjungi sehingga keuntungannya lumayan. Apalagi orang Indonesia mayoritas menggunakan kendaraan pribadi untuk mobilitasnya. Itu artinya jumlah motor dan mobil memang sangat banyak.

Usaha Fotokopi

Usaha rumahan yang ini paling pas dilakukan jika rumah Anda berada di dekat area perkantoran ataupu sekolah dan kampus. Semaju apapun zaman orang tetap membutuhkan fotokopi untuk berbagai berkas dan dokumen penting. Usaha ini juga relatif mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Jika modal belum cukup untuk membeli mesin fotokopi Anda bisa menyewanya.

Jasa Pengetikan

Anda juga bisa membuka usaha rumahan dengan membuka jasa pengetikan yang relatif mudah dan murah dalam modal serta pengerjaannya. Alat yang Anda butuhkan hanyalah perangkat komputer bisa desktop ataupun laptop dan printer. Modal yang harus dibeli hanya kertas dan tinta saja.

Tidak jauh berbeda dengan usaha fotokopi bisnis jasa pengetikan paling sesuai bagi Anda yang tinggal di dekat kampus atau sekolahan. Dengan estimasi modal 2 jutaan rupiah saja Anda sudah bisa memulai bisnis.

Mungkin Anda masih berpikir mengapa banyak usaha rumahan yang sepertinya sudah dikelola dengan baik berakhir gagal dan bangkrut. Oleh sebab itu agar tidak terjadi sebaiknya ketahui hal yang bisa menyebabkan bisnis rumahan gagal seperti berikut ini.

Hal yang Menyebabkan Bisnis Rumahan Gagal

Tanpa Rencana yang Matang

Kegagalan suatu bisnis mungkin sudah dimulai sejak awal dengan langkah yang salah. Banyak orang yang masih berpikir bahwa menjalankan usaha rumahan tidak perlu terlalu serius dan melakukannya asal-asalan. Tidak ada rencana yang matang pada apa yang akan dilakukannya dalam bisnis sudah menjadi kegagalan awal. Bagaimanapun Anda harus membuat rencana matang tentang bisnis tersebut.

Rencana yang matang tersebut bisa meliputi apa produk yang akan dijual, bagaimana cara pemasarannya, siapa target pasarnya dan lain sebagainya. Kalau perlu sejak awal Anda sudah membuat media promosi yang menarik misalnya dengan memasang pylon sign. Cukup memesannya pada jasa periklanan berpengalaman seperti www.apkreasi.com misalnya.

Tidak Serius

Kesalahan lainnya yang akan membuat bisnis rumahan gagal dan berakhir gulung tikar adalah sikap kita yang tidak serius. Anggapan bahwa usaha rumahan hanyalah bisnis kecil dan sebagai sampingan saja akan membuat Anda seenaknya dalam menjalaninya. Meskipun hanya bisnis sambilan tetapi jika Anda menekuninya dengan sungguh-sungguh suatu saat bisa menjadi lahan pendapatan yang bagus.

Kalau Anda menjalani bisnis rumahan tersebut dengan setengah hati saja akan sia-sia modal dan tenaga yang Anda lakukan. Mengerjakan dan melakukan sesuatu dengan serius akan menjanjikan sesuatu yang lebih baik termasuk dalam hal usaha rumahan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hilda

Related Posts

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Minyak Bumi Habis Tahun 2030? Bagaimana Cara Efektif Menghemat Minyak Bumi?

Rekomendasi Model Gazebo Tertutup Untuk Menghiasi Halaman

Rekomendasi Model Gazebo Tertutup Untuk Menghiasi Halaman

Jenis Kerusakan Pada Jam Digital Dan Cara Mengatasinya

Jenis Kerusakan Pada Jam Digital Dan Cara Mengatasinya

6 Parfum KENZO Paling Enak

6 Parfum KENZO Paling Enak