Yuk Simak Cara Melihat IP Komputer , Modem dan Android yang Efektif Dilakukan

Yuk Simak Cara Melihat IP Komputer , Modem dan Android yang Efektif Dilakukan

IP Address merupakan alamat identifikasi untuk setiap perangkat yang terhubung ke internet. Alamat identifikasi ini berupa deretan angka dan setiap perangkat memiliki IP address yang berbeda beda pula. IP Address juga berfungsi untuk mengidentfikasikan skala jaringan yang digunakan. Yang paling penting IP Address memiliki fungsi untuk melacak keberadaan perangkat tersebut serta sebagai jejak pengguna internet.

Alamat IP Address dibagi menjadi dua macam yaitu bersifat tetap dan IP Address yang bersifat dinamis. Untuk bisa memanfaatkan kegunaan IP Addres, pertama anda harus mengetahui IP Addres perangkat tersbut. Ada beberapa macam IP addres yang tercantum pada komputer, handphone dan modem. Yuk simak ulasan cara melihat IP komputer, android dan modem berikut.

Cara Cek IP Address Komputer, Laptop atau PC

Apabila komputer anda terhubung dengan jaringan lokal, maka komputer anda akan memiliki IP Addres tertentu sebagai alamat identifikasi perangkat. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan cek alamat IP tersebut. Pertama menggunakan command prompt dengan cara klik start lalu klik Run di kolom pencarian. Anda juga bisa menekan tombol shortcut Win + R pada keyboard.

Setelah jendela command prompt terbuka ketiklah ipdonfig setelah itu tekan enter. Dalam hitungan detik maka prompt akan menampilkan IP Configuration komputer dan juga beberapa informasi seperti default gateway dan informasi lainnya. Cara selanjutnya adalah dengan melalui control panel.

Cara melihat IP komputer ini dilakukan dengan klik tombol start lalu pilih control panel. Kemudian pilihlah network and internet, kemudian pilih network and sharing center setelah itu pilih proffil koneksi yang anda gunakan. Klik kanan pada profil koneksi tersebut dan pilih opsi status. Kemudian akan muncul jendela yang berisi konfigurasi IP komputer anda, termasuk IP Address.

Tips mengetahui alamat IP address selanjutnya adalah melalui website, namun pastikan komputer anda harus terhubung dengan koneksi internet. Ada beberapa website yang bisa anda buat untuk mendapatkan informasi mengenai IP addres laptop atu PC anda. Salah satunya adalah situs whatismyipaddress.com yang bisa dibuka pada browser anda.

Halaman situs ini akan menyajikan IP address pada komputer anda serta berbagai informasi lainnya seperti ISP, service, city dan lain sebagainya. Situs lain yang menyediakan layanan pengecekan IP Addres adalah opaddress.com. Situs ini akan menampilkan IP address laptop/PC anda saat ini hingga beragam informasi mengenai notspeed, proxy, sistem operas, hingga time zone.

Cara Cek IP Address Pada Smartphone

Cek IP Address smartphone tentu berbeda dengan cara melihat IP komputer anda. Pertama pastikan jika smartphone anda sudah terhubung dengan jaringan internet. Ada tiga cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek IP address smartphone anda pertama melalui website. Apabila smartphone memiliki jaringan dengan internet, anda bisa membuka beberapa situs yang dapat memberitahukan IP Address smartphone anda.

Anda bisa mengunjungi beberapa website tertentu untuk mengetahui alamat ip smartphone anda. Kunjungilah localhost.com yang memiliki tampilan sederhana dan akan membantu untuk menampilkan IP Address smartphone anda. Anda juga bisa mengunjungi website www.intip.net untuk menampilkan alamat IP, browser yang digunakan, host serta negara.

Selain menggunakan jaringan internet, anda juga bisa melihat IP address smartphone anda dengan bantuan wifi. Cara ini hampir sama dengan cara melihat IP komputer, hal yang pertama pastikan jika smartphone anda sudah terhubung dengan wifi publik atau wifi personal. Setelah terhubung dengan wifi, buka menu wifi dan tap pada wifi yang tersambung dengan perangkat anda. Setelah itu akan muncul beberapa keterangan termasuk IP address perangkat anda serta gatewaynya.

Berbeda dengan mengecek alamat IP komputer, anda bisa mengecek alamat IP smartphone dengan aplikasi pihak ketiga. Cara ini cukup mudah untuk dilakukan yaitu hanya dengan menginstal aplikasi pihak ketiga di playsotre. Salah satunya adalah aplikasi MyIP yang memiliki ukuran 16.51 KB. Aplikasi ini akan menampilkan IP addres smartphone anda saat ini serta nama host dan jenis sambungan.

Cara Cek IP Address Modem yang Mudah

Apabila anda ingin melakukan konfigurasi lebih lanjut pada modem atau router, anda harus mengetahui terlebih dahulu alamat IP tersebut. Untuk mengetahuinya anda bisa melakukan beberapa langkah yang tentunya berbeda dengan cara melihat IP komputer anda. Pertama klik tombol start kemudian pilih menu control panel, dan pilihlah network and sharing center.

Kemudian pilihlah pilihan Local Area Network dan pilih profil koneksi modem yang anda gunakan. Klik kanan pada profil koneksi tersebut lalu pilh opsi status, kemudian akan muncul jendela yang berisi konfiguransi IP Komputer anda. Lalu klik pilihan details untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Lihatlah pada alamat gateway karena alamat tersebut merupakan IP address modem anda.

Perlu diketahui, ana bisa merubah alamat IP addres modem yang anda gunakan jika menginginkannya. Untuk menggantinya anda harus masuk ke admin panel modem sehingga bisa merubah dengan benar. Caranya adalah dengan mengetikkan IP Addres modem yang sebelumnya telah andaketahui di address bar browser lalu tekan enter. Kemudian anda akan menemukan jendela login, biasanya username dan password default adalah admin.

Setelah anda berhasil login, anda bisa masuk ke menu interface setup dan mengganti IP Addres yang tertera dengan IP address yang diinginkan. Setelah itu simpan perubahan setelah anda mengganti alamat IP Address. Sebagai catatan sebelum melakukan perubahan alamat IP address komputer anda menjadi default terlebih dahulu.

Jika tidak anda biasanya tidak akan diijinkan untuk masuk ke admin panel modem dan mengganti alamat IP address komputer anda. Cara melihat IP modem berbeda dengan cara melihat IP komputer yang lebih simpel dilakukan. Dengan mengetahui alamat IP addres, maka anda bisa melakukan pelacakan keberadaan perangkat dan juga jejak pengguna internet.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara cek alamat IP komputer, smartphone dan juga modem. Dengan mengetahui alamat IP komputer anda bisa mengetahui skala jaringan yan digunakan. Anda bisa melakukan cek alamat IP dengan menggunakan cek langsung pada komputer atau menggunakan jaringan internet. Komputeran pun akan semakin seru karena alamat IP setiap komputer, smartphone dan modem dapat diketahui.

Hilda

Related Posts

Berbagai Inspirasi Motif Dinding Rumah Yang Artistik

Berbagai Inspirasi Motif Dinding Rumah Yang Artistik

Jangan Asal Pilih Keramik untuk Dinding Dapur

Jangan Asal Pilih Keramik untuk Dinding Dapur